Comscore Tracker

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan Menyelamatkanmu

Perhatikan pemilihan shampo dan makananmu 

Uban selalu identik dengan usia yang sudah beranjak tua, padahal kenyataannya anak muda pun juga berpotensi mempunyai uban. 

Tahukah kamu mengapa uban dapat muncul? Uban atau rambut putih muncul karena adanya faktor genetik pada diri seseorang. Kedua, uban muncul karena kita kekurangan vitamin dan asupan gizi.

Bagi yang terganggu dengan adanya uban, di bawah ini ada 7 cara atau solusi yang dapat menghilangkan secara alami. 

Baca Juga: Kenapa Bisa Ada Rambut Uban dan Botak? Ini Jawaban Ilmiahnya

1. Konsumsi makanan yang kaya vitamin B12. Tidak harus dari suplemen, kamu bisa mendapatkannya dari susu

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/Oscar Mikols

Vitamin B12 adalah nutrisi penting untuk hampir semua aspek kesehatan. Tak terkecuali untuk kesehatan rambut.

Vitamin B12 dapat mempertahankan kulit kepala agar sehat dan mencegah rambut memutih. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dari konsumsi unggas, hati, salmon, ikan salmon cod, atau susu.

2. Ketika membeli sampo atau produk perawatan rambut yang lainnya, pastikan kandungannya kaya akan biotin (vitamin B7)

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/ Markus Spiske temporausch.com

Biotin atau vitamin B7 terbilang sebagai kandungan alami yang dapat mempertahankan warna hitam pada rambut.

Sebelum membeli shampo atau produk perawatan rambut lainnya, ada baiknya jika kandungan ini ada di dalamnya. Jadi kamu tidak sekedar membersihkan rambut, namun menutrisinya sekaligus.

Selain menggunakan produk perawatan rambut dengan biotin, kamu juga bisa melengkapi diri dengan makanan yang kaya biotin. Daging, hati, kacang-kacangan, ragi, dan biji-bijian adalah beberapa contoh makanan sehari-hari tempat biotin ini bersemayam.

3. Dalam kadar tepat, kandungan minyak gak bikin lepek. Justru kamu perlu merawat rambut dengan minyak agar jauh dari uban

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/Concept Production

Minyak juga merupakan elemen penting dalam perawatan rambut. Kulit kepala sebenarnya telah memiliki kadar minyak normalnya sendiri.

Namun jika ia sedang memproduksi minyak dengan kadar yang tidak memadai, folikel rambut akan melemah dan menyebabkan memutihnya rambut, tipis, dan kusam. 

Karena produksi minyak yang kurang itu bisa terjadi tanpa pandang usia, kamu bisa menyediakan minyak almond atau minyak zaitun. Keduanya mengandung formula alami yang ampuh memperbaiki rambut rusak serta rambut beruban. Rambut pun jadi lebih sehat dan lembab.

4. Jangan lupa memastikan dirimu tidak kekurangan zat melanin. Ini bisa didapat dari wortel atau tomat

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/Suzy Hazelwood

Kekurangan melanin adalah penyebab terpadu dari memutihnya rambut. Tubuhmu adalah produsen melanin yang dapat dipengaruhi oleh diet dan asupan nutrisi.

Kelangkaan nutrisi akan menyebabkan jumlah produksi melanin menyusut di bawah ambang normal. Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi melanin dari ikan, wortel, tomat, melon, kuning telur, susu, dan berbagai jenis buah beri.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Rambut Kemaluan Cewek, Jarang Diperhatikan tapi Berfaedah

5. Bila harus mewarnai rambut, pilihlah henna. Selain alami, ia juga aman dan cenderung awet

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/ambar simpang

Selain mewarnai tangan di hari persiapan pernikahan, henna bisa mewarnai rambut lho! Henna pada dasarnya adalah pewarna yang terbuat dari tumbuhan henna.

Di Indonesia, henna disebut dengan pacar kuku. Karena itu, wajar saja jika kandungannya bebas dari bahan kimia dan aman. Kelebihan lainnya adalah warnanya masih awet saat rambut mulai tumbuh. 

Kamu bisa coba henna hitam dengan bubuk indigo untuk mewarnai rambut. Ketika diaplikasikan, campurannya akan membuat rambut berwarna hitam kecokelatan.

Dengan catatan, setelah dicampur, harus segera digunakan dalam jangka waktu 15-20 menit agar pelepasan warnanya tidak merusak warna yang diharapkan.

6. Jangan salah! Yoga juga salah satu langkah agar rambutmu tak beruban terlalu dini, lho!

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/mentatdgt

Cukup mengejutkan, manfaat yoga lainnya adalah cara lain agar kamu bisa mempertahankan dan mencegah rambut dari pemutihan.

Beberapa gerakan yang disebut-sebut dapat mengurangi uban adalah Ustrasana (posisi mirip kayang namun kaki dilipat dan bertumpu pada dengkul), Halasana (posisi berbaring kemudian kaki diarahkan hingga mencapai kepala), dan Adho Mukha Svanasana (posisi membungkuk dengan bertumpu pada tangan dan kaki).

7. Sempatkan waktu buat piknik. Kebanyakan mikir bisa bikin stres dan ini juga gak baik buat rambut

Risih Mempunyai Uban Banyak, 7 Cara Ini akan MenyelamatkanmuPexels/bruce mars

Stres adalah faktor utama dari penuaan dini. Jadwal yang terlalu padat akan membuat kita sibuk dan terbebani. Karenanya, liburan adalah obat stres yang baik.

Jika belum mungkin berlibur, manfaatkan hari minggu dengan bepergian ke luar rumah tanpa cek email atau grup kerja. Dengan begini, hidupmu lebih seimbang dan cukup istirahat. Uban pun tak cepat datang.

Jadi munculnya uban bisa menjadi deteksi awal dari makanan yang kamu pilih dan kehidupanmu. 

Bagaimana mau coba sekarang?  

Baca Juga: Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek Tahu

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya