7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurang

#RamadanMasaKini Puasa malah tambah kurus?

Puasa merupakan ibadah yang wajib ditunaikan umat Muslim di bulan Ramadan. Namun, kamu yang bertubuh kurus mungkin merasa dilema. Kamu ingin berat badanmu bertambah, namun ketika berpuasa, bobotmu justru turun. 

Nah, biar kamu yang kurus gak kehilangan berat badan selama puasa, coba lakukan beberapa tips puasa sehat berikut ini, yuk!

1. Penuhi kebutuhan kalori harian tubuh sama seperti hari biasa

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurangunsplash.com/@thoughtcatalog

Kebutuhan kalori pria dewasa adalah 2.500 kalori, sementara perempuan 2.000 kalori. Meskipun berpuasa, jangan berpikir bahwa kamu perlu mengurangi kebutuhan kalori harianmu. Kamu bisa mendapatkannya dari susu, keju, alpukat, dan kacang-kacangan.

2. Tetap makan tiga kali sehari

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurangpexels.com/@mentatdgt

Sebagian orang mungkin hanya akan makan besar pada waktu berbuka sahur. Untuk kamu yang khawatir kalorimu gak terpenuhi, kamu bisa tetap makan tiga kali sehari. Kamu bisa membaginya menjadi waktu berbuka, sehabis tarawih, dan sahur. Namun, kamu tetap perlu memenuhi kalorimu dengan makanan yang bergizi tinggi, ya.

3. Jangan pernah lewatkan sahur

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurangthestar.com

Gak hanya berbuka, sahur jadi momen penting saat berpuasa. Itu karena sahur jadi saat terakhir kamu bisa makan sebelum kamu berpuasa hingga matahari terbenam.

Selain itu, sahur juga jadi momen terbaik untuk makan dengan porsi besar, setelah kamu tidur malam. Dengan sahur, kamu bisa mencegah berat badanmu turun. Untuk itu, sebaiknya kamu makan mendekati waktu imsak atau Subuh.

Baca Juga: Patut Disyukuri, 6 Kelebihan Orang Bertubuh Kurus dari Segi Kesehatan

4. Tetap rutin berolahraga

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin BerkurangUnsplash/Chanan Greenblatt

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk gak berolahraga. Rutin berolahraga penting agar gak ada penyusutan massa otot akibat gak adanya aktivitas fisik. Lantas, kapan sebaiknya berolahraga? Kamu bisa mengakalinya dengan berolahraga menjelang berbuka atau saat malam. Namun, jangan paksakan berolahraga berat jika kamu gak kuat, ya.

5. Penuhi kebutuhan proteinmu

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurangeatthis.com

Selain olahraga, konsumsi protein yang cukup juga bisa membantumu meminimalkan kehilangan massa otot. Selain itu, protein juga membantumu menjaga nafsu makan. Protein yang baik bisa kamu dapatkan dari ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

6. Tidur dengan cukup

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin Berkurangunsplash.com/Gregory Pappas

Puasa memang membuat pola tidurmu berubah. Itu karena kamu perlu bangun lebih awal untuk sahur. Belum lagi kalau kamu melakukan ibadah malam, seperti salat tarawih dan salat malam. Namun, bukan berarti waktu tidurmu boleh berkurang, lho. Tidur penting agar metabolisme tubuhnya tetap berjalan baik dan mencegahmu turun berat badan.

7. Sebisa mungkin hindari stres

7 Tips Berpuasa bagi Si Kurus, Biar Berat Badan Gak Semakin BerkurangPexels/ energepic.com

Stres yang berlarut-larut ternyata bisa membuat berat badanmu turun. Itu karena stres berpengaruh pada suasana hatimu yang kian memburuk. Bisa saja kamu melewatkan makan atau memilih makanan yang gak tepat.

Itulah beberapa tips sehat saat berpuasa bagi si kurus yang gak ingin berat badannya semakin berkurang. Mudah-mudahan, kamu tetap bisa mempertahankan berat badan yang ideal, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You