Comscore Tracker

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

#RamadanMasaKini Ibu dan bayi sehat, puasa jalan terus

Ibu hamil memang gak diwajibkan berpuasa, karena janin dalam kandungan tengah berkembang dan membutuhkan asupan nutrisi yang optimal. 

Meski demikian, gak sedikit ibu hamil yang ingin berpuasa di bulan Ramadan. Nah, bumil tetap bisa berpuasa, kok. Tapi, simak dulu 8 tipsnya berikut ini biar kamu dan bayi di kandungan tetap sehat.

1. Konsultasikan pada dokter lebih dulu

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasapennmedicine.org

Dilansir dari Iranian Journal of Pediatrics, ibu hamil pada trimester pertama yang berpuasa memiliki risiko 1,5 kali lebih besar melahirkan bayi dengan berat badan rendah, yaitu kurang dari 2,5 kg. Hal itu karena kurangnya asupan gizi. Biasanya, janin pada trimester pertama membutuhkan kurang lebih 180 kalori per hari.

Itu sebabnya, ada baiknya, ibu hamil berkonsultasi dahulu pada dokter jika ingin berpuasa. Dokter akan melihat kondisi kesehatan dan tahap kehamilan untuk mengizinkan ibu hamil berpuasa. Selain bayi yang lahir dengan berat badan rendah, ibu hamil yang berpuasa juga berisiko mengalami diabetes gestasional dan anemia.

2. Perhatikan menu dengan gizi seimbang

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasathenational.ae

Jangan asal makan, ibu hamil juga perlu mengonsumsi menu gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein nabati, protein hewani, vitamin, mineral, dan lemak. Ibu hamil bisa mengonsumsi nasi, ikan, sayuran hijau, ikan, buah, dan susu. Dengan menu gizi sehat tersebut, ibu dan janin bisa terpenuhi kebutuhannya.

3. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasapexels.com/Terje Sollie

Kandungan protein yang tinggi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin ibu hamil. Protein tersebut bisa didapatkan dari gading, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi karbohidrat kompleks agar bisa kenyang lebih lama

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasathehungrydoctor.net

Itu karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lama sehingga gak cepat lapar. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari nasi merah, oatmeal, roti gandum, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Agar Puasamu Lancar, ini Jadwal Imsak Ramadan 1440 H 

5. Kurangi makan makanan manis

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasapexels.com/Khairul-onggon-273611

Makan makanan manis memang bisa meningkatkan kadar gula darah yang turun saat seseorang berpuasa. Hanya saja, setelah itu, kadar gula darah akan turun dengan cepat. Itu sebabnya, ibu hamil akan merasa lemas dan cepat lapar.

Ada baiknya, saat berbuka, ibu hamil mengawali dengan makan buah-buahan yang mengandung serat. Selain itu, makan buah juga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

6. Hindari makanan dengan lemak tinggi

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah PuasaInstagram.com/wahyu_chuckz

Saat berbuka puasa, hindari makan makanan dengan lemak tinggi, seperti gorengan, kue tart, donat, hamburger, piza, dan daing berlemak. Sebagai gantinya, bisa dengan makan alpukat, ikan, kacang, dan keju.

7. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kalsium

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasaunsplash.com/Homeschool

Kalsium sangat penting bagi ibu dan janin. Kalsium bisa didapatkan dari keju, susu, yogurt, ikan, dan sayuran hijau.

8. Perbanyak minum air putih 1,5 hingga 2 liter

Buat Ibu Hamil, Begini 8 Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasademedbook.com

Minum sebelum dan sesudah puasa penting untuk mencegah dehidrasi. Selain minum, hindari juga minum minuman berkafein, seperti teh dan kopi. Hal itu akan membuat ibu hamil lebih sering buang air kecil dan kehilangan cairan dalam tubuh.

Itu dia tips puasa sehat bagi ibu hamil. Meski puasa diperbolehkan, bukan berarti bumil boleh abaikan aturan-aturan di atas, ya. Itu demi kesehatan ibu hamil dan janin, kan?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You