Comscore Tracker

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Ini

Bukan cuma jargon iklan sabun, lho

World Health Organization (WHO) merekomendasikan cuci tangan dengan sabun setiap usai beraktivitas. Hal ini penting mengingat penyebaran kuman penyebab diare dan penyakit lainnya bisa terjadi lewat tangan kita yang menyentuh begitu banyak benda setiap harinya.

Namun, kamu gak perlu menunggu waktu makan untuk mencuci tangan. Terutama bila baru saja memegang beberapa benda ini, jauh lebih baik untuk kamu segera mencuci tangan, ya.

1. Uang

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Inimedium.com

Walau sekarang eranya cashless, masih saja ada momen saat kamu perlu dan harus memegang uang tunai. Ketika hal ini terjadi, pastikan kamu segera mencuci tangan setelahnya, ya.

Peneliti dari New York City Bank menemukan bahwa dalam 1 dolar Amerika saja terdapat ratusan mikroorganisme bahkan termasuk bakteri oral dan vagina serta DNA dari hewan dan virus. Seakan tidak cukup, penelitian lain menunjukkan uang kertas dan logam juga mengandung patogen seperti E.Coli dan salmonella.

2. Buku menu

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Inilovefood.com

Merasa baik-baik saja saat menyentuh buku menu di restoran favorit yang terlihat begitu bersih? Sedihnya, peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa buku menu mengandung sekitar 185 ribu organisme bakteri. Mengingat selama berapa lama benda tersebut tak pernah diganti dan berapa banyak orang yang menyentuhnya, hal ini seharusnya tak terlalu mengejutkanmu.

Baca Juga: Cuci Tangan Cuma Pakai Air? 5 Mikroba Berbahaya Ini Bisa Menginfeksi!

3. Hewan apa pun

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Inicuddla.com

Menurut Nesochi Okeke-Igbokwe MD, tidak semua orang segera mencuci tangan mereka setelah menyentuh hewan. Terlebih lagi, orang biasanya menganggap hewan sebagai bagian dari keluarga sehingga mengabaikan urusan sederhana yang vital ini. Padahal, baik hewan piaraan sendiri maupun bukan, hewan sangat mungkin membawa berbagai mikroorganisme penyebab penyakit.

4. Pena yang bukan milikmu

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Inijoshfechter.com

Tidak membawa atau kehilangan pena dan meminjamnya dari orang lain sah-sah saja dilakukan, kok. Namun, pastikan kamu untuk segera membersihkan tangan setelahnya.

Menurut Wall Street Journal, rerata jumlah bakteri pada pena 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kursi toilet, yakni 200 bakteri per meter persegi. Selain itu, memangnya kamu yakin bahwa pena tersebut tak pernah masuk ke mulut atau digigit oleh pemiliknya?

Baca Juga: Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Ini

5. Dispenser sabun

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Iniunsplash.com/charlesdeluvio

Lagi, peneliti dari Universitas Arizona menemukan bahwa dispenser sabun isi ulang mengandung banyak kuman. Saat kamu menekan bagian pompa, bakteri yang semula menempel di tanganmu pun berpindah ke bagian pump tersebut. Bahkan menurut pemimpin grup peneliti yakni Charles Gerba PhD., menyentuh wadah sabun ini dapat mentransfer bakteri ke tangan lebih banyak dibandingkan saat tanganmu terjebak di dalam toilet.

6. Layar sentuh

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Iniblog.devicemagic.com

Siapa sangka kemudahan teknologi ini juga semakin memperbesar peluang berpindahnya bakteri ke tubuhmu? Tak hanya ponsel, beberapa perangkat layar sentuh sama berisikonya. Menurut Katy Burris, dermatologis dari Columbia University Medical Center, jenis layar sentuh dengan bakteri yang terburuk ada pada mesin KiosK yang ada di tempat publik. 

7. Kenop pintu dan tiang pegangan

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Inialocapitala.md

Bila kamu menggunakan transportasi publik, jangan lupa untuk segera mencuci tangan, ya. Setiap hari, ada banyak orang yang juga menyentuh tiang pegangan seperti yang kamu pegang.

Pun demikian dengan pegangan yang ada seperti di eskalator maupun kenop pintu di tempat publik. Kamu tentu tak dapat menjamin bahwa setiap orang yang menyentuh benda-benda tersebut tak membawa bakteri atau virus penyebab penyakit, bukan?

8. Apa pun di ruang dokter

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Iniphenterminedoctors.com

Pasien yang datang berkunjung setiap harinya dengan berbagai keluhan penyakit tentu sudah cukup untuk memberimu gambaran mengapa perlu segera mencuci tangan, bukan? Yang lebih mengejutkan, ada sekitar 46 ribu bakteri lebih banyak pada pena dibandingkan kursi toilet. Di samping itu, pertimbangkan pula bakteri di kursi tunggu dan kenop pintu.

9. Talenan dan spons pencuci piring

Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Iniunsplash.com/igormiske

Dapur adalah salah satu lingkungan favorit bakteri. Tak hanya berasal dari bahan makanan yang masih mentah, bakteri juga berasal dari perkakas yang digunakan seperti talenan dan spons pencuci piring. Sebuah studi menemukan sebanyak 326 spesies bakteri berada pada spons yang digunakan. Karenanya, pastikan kamu juga senantiasa mengganti barang-barang ini secara berkala, ya.

Tentu saja, kita gak mungkin 100 persen terbebas dari bakteri. Namun, sebagian besar penyakit bisa dihindari jika kamu rajin cuci tangan.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan Serius jika Kamu Tak Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya