Comscore Tracker

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak Insomnia

Bisa bangun pagi dengan segar

Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya sukar memejamkan mata di malam hari. Gangguan ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari pekerja sampai mahasiswa. Gaya hidup yang kurang sehat dan stres menjadi salah satu penyebabnya.

Nah, buat kamu yang kerap merasa kesulitan untuk tidur di malam hari, ada baiknya mencoba 8 tips berikut ini agar kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak tanpa obat tidur. 

1. Mandi air hangat satu jam sebelum tidur malam

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Karla Alexander

Mandi air hangat bisa dilakukan sebelum kamu tidur malam. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh rileks. Selain itu, tubuh yang terkena air panas lalu terpapar suhu udara yang yang dingin bakal membuatmu merasa mengantuk.

2. Hindari konsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Nathan Dumlao

Mengonsumsi kafein sebelum tidur malam bakal membuatmu terjaga. Maka dari itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

3. Makan berat paling tidak 4 jam sebelum tidur

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Dan Gold

Waktu terbaik untuk makan berat adalah 4 jam sebelum tidur malam. Selain itu, makanan berlemak, cokelat, dan makanan pedas tidak akan tercerna saat kamu melahapnya beberapa jam sebelum tidur malam.

Cobalah untuk makan pisang, alpukat, kuning telur, dan bayam sebelum tidur. Makanan tersebut bakal menaikkan kualitas tidurmu.

4. Konsumsi buah atau minuman hangat sebelum tidur

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Toa Heftiba

Alih-alih mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, kamu bisa minum susu yang berkalsium tinggi. Nah jika kamu merasa lapar, konsumsi minuman dan makanan yang ringan di perut. Misalnya saja segelas susu hangat, buah, atau yoghurt yang bisa jadi camilan tepat sebelum tidur malam.

Baca juga: Tanpa Keluar Uang, Ini Rahasia Badan Seksi ala Jennifer Bachdim

5. Gunakan aroma lavender

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Amy Treasure

Selain wanginya yang enak, aroma lavender juga bisa menenangkan syaraf dan membuat rileks. Studi tahun 2005 dari Wesleyan University mengatakan bahwa seseorang yang mencium aroma minyak lavender selama 2-3 menit bakal meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, mereka bisa bangun pagi dengan kondisi badan lebih segar.

6. Dengarkan musik berirama pelan

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Siddharth Bhogra

Mendengarkan musik bisa jadi cara jitu membuatmu cepat mengantuk. Pilih musik beritme lembut dan putar dengan volume sedang. Menurut penelitian, musik dengan tempo lambat 60 hingga 80 beat tiap menit bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

7. Matikan semua lampu satu jam sebelum tidur

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Alex Robert

Tidur dengan lampu temaram atau lampu dimatikan bakal meningkatkan kualitas tidurmu. Nah, waktu ideal untuk mematikan lampu adalah sejam sebelum tidur malam. Coba deh mulai malam ini.

8. Matikan semua gadget, komputer dan televisi

8 Tips Memperoleh Tidur Malam Lebih Nyenyak, Biar Gak InsomniaUnsplash/Jay Wennington

Satu jam sebelum tidur matikan semua gadget, komputer, dan televisi. Ini membuatmu lebih rileks dan mengantuk. Selain itu, fokusmu juga tak terpancing untuk melihat sosial media.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur cepat dan nyenyak di malam hari. Bye-bye, insomnia!

Baca Juga: 5 Tips Ini Buat Kualitas Tidurmu Meningkat

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya