Comscore Tracker

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Adakah di antara kamu yang masih pakai cotton bud?

Sebenarnya, telingamu mempunyai mekanisme pembersihannya sendiri, di mana kotoran pada telinga otomatis terdorong ke bagian terluar saluran telinga lewat gerakan rahang ketika mengunyah makanan. Namun, untuk menjaga kebersihan telinga secara menyeluruh, banyak orang yang membersihkan telinganya secara manual.

Membersihkan telinga ternyata gak boleh sembarangan, lho. Jika dilakukan secara asal, hal ini justru bisa mengganggu pendengaranmu. Nah, berikut ini beberapa cara membersihkan telinga yang benar dan aman.

1. Tidak menggunakan ear candle

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benaramazonaws.com

Membersihkan telinga sebaiknya tidak menggunakan ear candle karena tidak terbukti efektif. Ear candle justru bisa menyebabkan cedera, rasanya seperti terbakar dan saluran telinga tersumbat. 

2. Tidak menggunakan cotton bud atau benda lainnya

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benarthedoctorweighsin.com

Hampir semua orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Kamu harus tahu bahwa menggunakan cotton bud atau benda lainnya justru dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam, bahkan bisa menyebabkan luka pada telinga.

3. Gunakan obat tetes telinga atau baby oil

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benarmedicalnewstoday.com

Dibandingkan dengan ear candle, obat tetes telinga dan baby oil lebih baik untuk digunakan dalam membersihkan telinga. Obat tetes telinga bisa kamu beli bebas di apotek. Kedua bahan tersebut berfungsi melunakkan gumpalan kotoran telinga sehingga akan lebih mudah keluar. 

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan dengan Kotoran Telingamu?

4. Keluarkan kotoran telinga tersebut

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benardemandstudios.com

Dua hari setelah meneteskan obat tetes tersebut, miringkan kepala dan teteskan air hangat ke dalam salah satu telinga. Kemudian miringkan ke arah yang berlawanan untuk mengeluarkan kotoran. 

5. Keringkan telinga

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benarglamour.ro

Setelah kotoran keluar, keringkan air dari telinga. Usap pelan-pelan dengan handuk.

6. Ulangi prosesnya beberapa kali

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benarmedicalnewstoday.com

Kamu perlu mengulang proses itu beberapa kali sampai semua kotoran keluar. Namun apabila telingamu sedang mengalami infeksi, jangan gunakan metode ini. Metode ini juga memiliki risiko membuat kotoran yang sudah lunak menjadi semakin masuk ke dalam saluran telinga. 

7. Pergi ke dokter THT

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benarfallsofsound.com

Jika dengan metode ini kotoran telinga tidak berkurang, pergilah ke dokter THT. Dokter akan mengeluarkan kotoran telingamu dengan alat sedot khusus atau irigasi telinga.

Pendengaran adalah salah satu indera yang sangat penting. Jadi, kamu harus menjaganya dengan tidak membersihkan telinga secara serampangan.

Baca Juga: Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orang

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You