Comscore Tracker

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya 

Bagaimana bisa terjadi, ya?

Winnie Harlow adalah model Victoria Secret berdarah Jamaika. Dia dikenal dengan ciri fisiknya yang berbeda dengan model pada umumnya. Winnie memiliki vitiligo, kelainan yang menyebabkan warna kulitnya memudar. She is a real icon, karena vitiligo tidak menghambatnya untuk berkarya dan menginspirasi banyak orang.

Meskipun jarang, nyatanya vitiligo dialami oleh 1 persen dari populasi atau sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. Mari berkenalan lebih jauh dengan vitiligo, yuk!

Baca Juga: Wanita Usia Produktif Rawan Terkena Lupus

1. Bagaimana vitiligo bisa terjadi?

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya health.com

Have you ever wondering, apa sih kira-kira penyebab vitiligo? Rupanya, menurut laman Mayo Clinic, vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati dan berhenti berfungsi. Padahal, melanin berpengaruh dalam pembentukan warna kulit.

Vitiligo bisa terjadi pada siapa saja, dari ras mana saja. Namun, vitiligo lebih terlihat pada orang-orang berkulit gelap. Hal ini karena kulit yang memudar terlihat lebih cerah, yang akan kontras dengan warna kulit orang tersebut.

2. Vitiligo tidak berbahaya bagi kesehatan

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya kendamullert.com

Secara fisik, vitiligo hanya memengaruhi perubahan warna pada kulit. Vitiligo gak berbahaya, apalagi mengancam nyawa. Namun, vitiligo bisa berpengaruh ke kondisi mental penderitanya.

Yep, karena terlihat 'berbeda', acapkali vitiligo bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Stigma itulah yang menurunkan self-esteem penderitanya.

3. Gejala vitiligo yang bisa diidentifikasi

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya nhs.uk

Tanda utama vitiligo ialah hilangnya warna kulit. Biasanya, perubahan warna pertama kali terlihat di area yang terpapar sinar mentari, misalnya tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir.

Gak cuma dideteksi dari kulit, vitiligo juga bisa dilihat dari adanya perubahan warna lapisan dalam bola mata (retina), adanya uban pada rambut, alis, bulu mata hingga janggut, serta area kulit yang terkena vitiligo akan perlahan-lahan menyebar. Menurut laman Medicine Net, orang yang memiliki vitiligo akan lebih cepat beruban dibanding orang lain pada umumnya.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Mengancam Workaholic, Jangan Lupa Istirahat!

4. Faktor pemicu munculnya vitiligo

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya gethealthystayhealthy.com

Vitiligo terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Lantas, apa pemicunya?

Laman Mayo Clinic menyebut bahwa selain faktor genetik seperti keturunan, vitiligo disebabkan karena gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan melanosit di kulit. Pemicu lainnya adalah stres, terbakar sinar matahari (sunburn) dan paparan bahan kimia industri.

Baca Juga: 10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlow

5. Mitos terkait vitiligo

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya people.howstuffworks.com

Banyak mitos terkait vitiligo. Misalnya, vitiligo muncul pada anak karena orangtuanya menikah berbeda ras. Padahal, vitiligo tidak terkait dengan etnisitas orangtua. Bahkan, anak dengan orangtua dari satu ras pun bisa mengalami vitiligo, menurut laman Get Healthy Stay Healthy.

Mitos lainnya adalah vitiligo berkaitan dengan penyakit kulit lain, seperti kanker kulit, kusta dan albino. Padahal, vitiligo gak ada relasi dengan penyakit tersebut. Tak hanya itu, makanan sama sekali tidak memengaruhi timbulnya vitiligo. Jadi, semua itu hanya mitos, ya! 

6. Apakah vitiligo bisa dihilangkan?

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya buzzfeed.com

Vitiligo berlangsung seumur hidup. Meski begitu, ada cara untuk menghilangkannya.

Mulai dari cara sederhana di mana kita menutupi warna kulit yang tidak rata dengan make-up, membuat tato pada area kulit yang kecil, sampai melakukan cangkok kulit! Cangkok ini diambil dari jaringan orang itu sendiri, lalu ditempelkan di area lain untuk menutupi vitiligo, menurut laman Medicine Net.

7. Vitiligo bisa menyerang area mana saja?

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya medicalxpress.com

Ada area tertentu yang paling rawan dihinggapi vitiligo. Di antaranya punggung tangan, lengan, lutut, siku, kaki, mulut, hidung, ketiak, selangkangan, pusar, mata hingga daerah genital, ungkap laman Medical News Today.

Penyebaran vitiligo juga masih dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Kategori tersebut di antaranya adalah akrofasial (terjadi di jari tangan dan kaki), mukosa (muncul di sekitar selaput lendir dan bibir), dan lain sebagainya.

8. Meski mengalami vitiligo, tetap cintai dirimu sendiri, ya!

Vitiligo, Penyebab Warna Kulit Memudar Ini 8 Faktanya glamour.co.za

Tidak ada yang salah dari mengidap vitiligo. Justru, karena keunikan itu, kamu bisa tampil beda. Jangan mau kalah dengan Winnie Harlow yang berhasil menggapai mimpinya menjadi model Victoria Secret. Kamu pun juga bisa bersinar. Don't stop loving yourself!

Nah, itulah fakta-fakta seputar vitiligo. Ingat, vitiligo bukan sesuatu yang berbahaya. Jadi jangan sampai kita menjauhi orang yang memiliki vitiligo, ya!

Baca Juga: 13 Wanita Vitiligo Ini Buktikan Cantik Itu Tak Harus Sempurna

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya