Comscore Tracker

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara Mengatasinya

Agar kamu tetap nyaman dan pede di dekat orang lain

Di bulan suci Ramadan, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Nah, salah satu masalah yang kerap dialami orang yang berpuasa adalah bau mulut. Gara-gara mulut kering, bakteri berkumpul dan menimbulkan aroma yang tak sedap.

Nah, agar kamu tetap nyaman dan percaya diri selama berpuasa, ini beberapa tips untuk mengatasi bau mulut selama berpuasa.

1. Sahur dengan buah dan sayuran segar

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara MengatasinyaPixabay.com/JerzyGorecki

Pemilihan makanan sangat penting pada saat berpuasa. Agar mulut tetap terasa segar sepanjang hari, usahakan makan buah-buahan serta sayuran segar tanpa campuran apapun. Kalau kamu menyajikannya bersama cokelat, mayones, dan aneka bahan tambahan lainnya, tidak akan ada bedanya dengan lauk pauk biasa.

2. Konsumsi karbohidrat saat sahur atau berbuka, gak harus nasi, kok!

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara MengatasinyaPixabay/xxolgaxx

Apa hubungan karbohidrat dengan bau mulut, ya? Penelitian membuktikan, jika tubuh kita kekurangan karbohidrat, maka tubuh kita akan mengeluarkan senyawa bernama keton dan membuat mulut kita berbau agak amis.

Kalau tidak mau makan nasi, ganti karbohidrat dengan pisang maupun kentang rebus.

3. Gosok gigi dengan campuran baking soda

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara Mengatasinyapexels/PhotoMIX Ltd.

Baking soda tak hanya berguna untuk membuat kue, namun menghilangkan bau mulut tak sedap. Cukup campurkan satu seperempat cangkir baking soda dengan dua sendok teh lemon dan garam. Melalui campuran tersebut, tingkat keasaman air liur dan produksi bakteria dapat diminimalisir.

4. Berkumur dengan air cengkih

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara MengatasinyaPixabay/ abuyotam

Air cengkih dapat membunuh bakteri penyebab bau di mulut. Tuang setengah cangkir cengkih dan air, kemudian rebus selama setengah jam. Berkumurlah selama 60 detik, dua kali sehari selama berpuasa.

5. Hindari konsumsi bawang pada saat buka puasa atau sahur

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara MengatasinyaPixabay/stevepb

Tak peduli seberapa keras kamu menggosok gigi, biasanya bau bawang selalu menempel didalam mulut dan sulit dihilangkan. Jadi, hindari makan bawang agar mulut tetap fresh.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat untuk Buka Puasa, Takjil atau Makan Berat?

6. Hindari konsumsi kopi dan keju

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara Mengatasinyaunsplash.com/@impatrickt

Konsumsi kopi dan keju yang berlebihan dapat membuat mulut cepat kering. Kalau kamu wajib minum kopi, atau suka sekali dengan keju, maka konsumsi dua hal ini terlebih dahulu pada awal sahur atau buka puasa.

7. Minumlah air secukupnya setelah berbuka

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara MengatasinyaPexels/Stephan Müller

Terkadang, kekurangan minum air adalah penyebab bau tak sedap di mulut. Minumlah air secukupnya segera setelah buka puasa agar tidak dehidrasi dan mulut tak cepat kering.

8. Makanlah daun kemangi/mint/seledri/ketumbar saat sahur atau berbuka puasa, atau kamu juga bisa mengunyah adas manis/anis dan biji adas

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara Mengatasinyapexels.com/icon0.com

Daun kemangi/mint/seledri/ketumbar secara tradisional dipercaya tidak hanya dapat mencegah bau mulut, tapi juga bau badan. Klorofil dalam dedaunan ini dapat menetralkan bau. Sementara itu adas manis/anis, biji adas dan cengkeh memiliki kandungan antiseptik yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut.

9. Kunyahlah kulit jeruk atau lemon, tidak usah ditelan kalau kamu tidak kuat dengan rasanya

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara MengatasinyaPexels/Lisa Fotios

Rasa yang ditimbulkan akan sangat menyegarkan mulutmu. Pastikan kamu mencucinya sampai bersih terlebih dahulu. Asam sitratnya akan menstimulasi kelenjar air liur untuk melawan bau mulut.

10. Cobalah untuk membuat mouthwash sendiri yang bebas alkohol dan anti bau mulut

Bau Mulut Mengintai Saat Puasa, Ini 10 Cara Mengatasinyacleaneatingmag.com

Campurkan secangkir air dengan satu sendok baking soda (ini akan mengubah tingkat pH dan melawan bau mulut) ditambah dengan beberapa tetes minyak esensial peppermint. Berkumurlah dengan campuran tersebut setidaknya minimal 30 detik sebelum imsak dan sebelum tidur malam.

Itu dia beberapa cara mengatasi bau mulut selama menjalankan ibadah puasa, biar kamu makin pede!

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Tiga Butir Kurma Setiap Hari terhadap Tubuhmu

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya