Comscore Tracker

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadai

Bisa menimbulkan kesulitan bernapas

Radang tenggorokan kerap menjangkiti saat musim pancaroba. Gejalanya berupa rasa nyeri disertai gatal dan perih pada tenggorokan. Hal ini membuat kamu sulit menelan makanan.

Agar kamu terhindar dari penyakit ini, kenali dulu penyebabnya agar radang tenggorokan bisa kamu hindari.

1. Alergi

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadaimd-health.com

Alergi dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi seperti bulu hewan, serbuk sari, rumput, dan sebagainya. Saat alergi menyerang, hidung akan kelebihan lendir dan membuatnya menetes ke bagian belakang tenggorokan atau biasa disebut dengan postnasal drip. Kondisi ini dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan.

2. Infeksi virus

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadaievehow.com

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum ditemui adalah virus dan bakteri. Hampir 90 persen virus merupakan penyebab radang tenggorokan dan mengakibatkan munculnya influenza dan pilek. 

3. Bakteri

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadailivescience.com

Bakteri yang paling umum menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan adalah bakteri streptococcus pyogenes dan streptococcus kelompok A. Parahnya, bakteri tersebut juga dapat menyebabkan munculnya penyakit amandel.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Insomnia yang Ternyata Bisa Mengancam Jiwa

4. Polusi udara

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadainrdc.org

Tidak banyak yang mengetahui jika sebenarnya polusi udara juga dapat menyebabkan iritasi tenggorokan yang berbahaya. Tidak hanya itu, polusi udara yang disebabkan oleh asap rokok atau bahan kimia lainnya juga bisa membuat tenggorokan sakit dan memicu munculnya peradangan.

5. Udara panas

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadaiplanswift.com

Tidak hanya polusi, udara panas yang kering dan pengap juga dapat membuat kamu terkena penyakit radang tenggorokan lho. Sebab, udara yang panas dapat menghisap kelembapan dari mulut dan tenggorokan. Sehingga tenggorokan akan terasa kering dan gatal.

6. Luka di bagian leher

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadaireddit.com

Baik luka dalam atau luka luar, seperti tersedak saat makan, benda asing yang tersangkut di tenggorokan, memaksakan pita suara hingga otot yang tegang bisa menjadi penyebab tenggorokan mengalami radang karena cedera tersebut dan iritasi. Oleh karena itu, biasanya orang dengan pekerjaan yang mewajibkannya berbicara keras atau berteriak akan lebih mudah mengalami radang tenggorokan.

7. Tumor

Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadaidiseasespictures.com

Tumor yang muncul di daerah tenggorokan, pita suara, atau lidah merupakan salah satu penyebab tenggorokan mengalami sakit luar biasa yang tidak tertahankan. Sering kali, kemunculan tumor tersebut juga ditandai dengan radang tenggorokan serta suara yang mulai hilang dan benjolan di sekitar leher.

Itulah beberapa penyebab radang tenggorokan. Jangan disepelekan, karena setiap penyakit butuh penanganan agar bisa dicegah sebelum semakin parah.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Ini 7 Tanda Tubuhmu Tengah Mengalami Kelelahan Serius

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya