Comscore Tracker

7 Gerakan Olahraga Sederhana buat Kamu yang Suka Rebahan

Bisa olahraga sambil rebahan di kasur, nih

Setelah lelah bekerja, sekolah ataupun kuliah, hal yang paling nyaman adalah menghabiskan waktu dengan rebahan. Eits, tapi jangan lupa luangkan sedikit waktu untuk berolahraga, ya! 

Kita bisa, kok, melakukan olahraga sembari rebahan. Gak percaya? Berikut ini ada 7 olahraga sederhana yang dapat kita lakukan di atas atau di samping kasur. Cocok buat yang suka rebahan!

1. Donkey kick

https://www.youtube.com/embed/SJ1Xuz9D-ZQ

Cara melakukan donkey kick adalah dengan memposisikan tubuh kita seperti gerakan merangkak di atas kasur. Lalu gunakan kaki kiri sebagai tumpuan dan gerakkan kaki kanan ke atas. Lakukan selama 45 detik.

Setelah itu ganti kaki kanan sebagai tumpuan dan gerakan kaki kiri ke atas. Lakukan juga selama 45 detik. Kemudian berilah jeda istirahat selama 15 detik dan ulangi sebanyak 3 set (putaran).

2. Leg drop

https://www.youtube.com/embed/Y5riKzttQ4A

Gerakan sederhana lainnya yang dapat dilakukan sambil rebahan dan membakar lemak serta membuat perut menjadi kencang adalah gerakan leg drop.

Caranya adalah dengan merebahkan tubuh kita lalu angkat kedua kaki lurus ke atas setelah itu turunkan bersamaan tapi jangan sampai menyentuh kasur. Lakukanlah gerakan ini selama 45 detik dan beristirahatlah selama 15 detik. Ulangi gerakan leg drop ini sebanyak 3 sampai 5 set (putaran).

3. Half Bridge

https://www.youtube.com/embed/AQOJhgB1O-I

Olahraga sederhana lainnya yang dapat kita lakukan di atas kasur salah satunya adalah gerakan half bridge. Dalam gerakan ini, yang perlu kita lakukan adalah tiduran dan meletakkan kaki di kasur, setelah itu kita angkat bagian pinggul setinggi mungkin.

Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lalu berikan jeda selama 15 detik dan ulangi kembali gerakan hingga 3 set (putaran). Sewaktu melakukan gerakan sambil aturlah pernapasan. Kalau kamu rutin melakukan gerakan half bridge ini, otot pinggul dan bokong akan lebih kencang.

4. Pose kobra

https://www.youtube.com/embed/XU0wJ0OTopU

Agar punggungmu lebih rileks, kamu bisa melakukan gerakan dengan pose kobra ini.

Caranya adalah kamu cukup tengkurap dan letakkan telapak tanganmu di permukaan kasur di kedua sisi bahumu. Lalu angkat kepala dan dadamu seperti posisi ular kobra. Setelah itu embuskan napas pelan-pelan dan tahan posisi ini selama 45 detik. Setelah istirahat selama 15 detik, ulangi gerakan ini sebanyak 4 set (putaran).

5. Plank

https://www.youtube.com/embed/pvIjsG5Svck

Cara melakukan plank di atas kasur adalah kamu cukup buat posisi seperti gerakan push-up, lalu seimbangkan tubuh dengan bertumpu pada kedua tangan. Tahan selama 20 detik.

Sesudah 20 detik berilah jeda istirahat selama 30 detik. Setelah itu lakukan kembali plank hingga 3 set (putaran).

Agar kamu semakin tertantang, kamu juga bisa membuat gerakan seperti orang berlari dengan cara memajukan satu kaki ke depan dan belakang secara bergantian.

6. Sit-up bicycle crunch

https://www.youtube.com/embed/4IuBJvyXTbU

Gerakan sit-up bicycle crunch ini adalah gerakan seperti kamu melakukan sit up dengan kepala sedikit terangkat dan kaki seperti mengayuh sepeda.

Caranya adalah dengan merebahkan tubuh lalu letakkan tangan di belakang kepala. Setelah itu angkatlah kakimu dan lakukanlah gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukanlah gerakan mengayuh ini dengan waktu 45 detik. Setelah itu kamu dapat beristirahat selama 15 detik. Ulangi gerakan sebanyak 3 set (putaran).

7. Side leg lift

https://www.youtube.com/embed/jgh6sGwtTwk

Untuk melakukan olahraga ini kamu perlu berbaring miring ke arah kanan atau kiri sambil bertumpu pada lengan, lalu angkatlah salah satu kaki setinggi 45 derajat, dan tahan hingga 5 detik lalu turunkan secara perlahan. Ulangi gerakan ini 30 hingga 40 kali pada kaki kanan dan kiri.

Itulah beberapa olahraga sederhana buat kamu yang mau sehat tapi gak mau repot ke luar kamar dan bisa dilakukan sambil rebahan. Coba, deh!

Lyly H Photo Community Writer Lyly H

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya