Comscore Tracker

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normal

Ritme sirkadian harus diperbaiki setelah puasa

Jam biologis, circadian clock atau ritme sirkadian mengatur perubahan fisik, mental, dan perilaku dalam 24 jam pada tubuh. Pola ini mempengaruhi siklus tidur, pelepasan hormon, suhu tubuh, dan fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Di bulan puasa, jadwal sahur mengubah jam biologis tubuh kita. Tentunya, kita perlu mengembalikannya ke keadaan normal setelah Ramadan usai. Lalu apa saja yang harus dilakukan? Berikut tips-tipsnya dilansir dari Everyday Health!

1. Sesuaikan waktu tidur kamu

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normalpatchmd.com

Jam biologis memegang peran utama dalam mengatur waktu tidur dan bangun sehari-hari. Kamu perlu mengatur jam tidur kamu secara perlahan karena tubuh kamu butuh proses untuk adaptasi.

Ketika kamu diharuskan bangun lebih pagi, cobalah tidur lebih awal dari biasanya. Penyesuaian ini bisa dilakukan secara bertahap, dengan memajukan waktu tidur 15 menit dalam waktu dua hingga tiga hari.

2. Hindari tidur siang

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normalhouseofwellness.com.au

Tidur di tengah hari bisa mempengaruhi siklus tidur malam kamu dan membuat kamu kesulitan tidur di malam hari. Ini akan mengganggu jam biologis yang sudah teratur. Alih-alih saat kamu mengantuk di siang hari, cobalah melakukan olahraga kecil.

Akan tetapi tips ini tidak berlaku untuk kamu yang harus bekerja di malam hari, ya. Tidur secukupnya akan membantu kamu produktif saat bekerja.

3. Patuhi jadwal tidur kamu

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normalichef.bbci.co.uk

Saat sudah merasa nyaman dengan waktu tidur yang dibuat, kamu harus konsisten melakukannya. Usahakan jangan bangun terlambat dan tidur terlalu larut. Sikap tidak disiplin bisa merusak progres yang sudah kamu capai.

Baca Juga: 7 Gerakan Stretching untuk Tidur Lebih Nyenyak, Insomnia Lewat!

4. Hindari makan atau berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normalgood2grand.com.au

Berolahraga bisa membuat kamu terjaga dan tidak bisa tidur. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di siang dan pagi hari. Makan sebelum tidur juga tidak dianjurkan karena makanan bisa membuat badanmu memanas dan menyebabkan sulit tidur.

5. Konsumsi melatonin bisa menjadi alternatif

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normalpexels.com/Rawpixel

Untuk kamu yang masih kesulitan mengatur waktu tidur, suplemen melatonin dapat membantu. Namun perlu diperhatikan, ada beberapa efek samping yang ditimbulkan, seperti sakit kepala, mengantuk di siang hari, pusing, kram perut, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

6. Terapi cahaya terang (bright-light therapy) bisa membantu kamu menyesuaikan ritme sirkadian

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis Normaltime.com

Terapi ini dilakukan dengan cara menjadwalkan tubuh untuk terpapar cahaya di pagi hari. Cahaya terbaik untuk melakukan terapi ini adalah cahaya matahari. Kamu bisa melakukan ini dengan atau tanpa pendampingan dokter karena terapi cahaya aman dilakukan siapapun.

7. Membangun mood sebelum tidur

Bulan Puasa Usai, Ini 7 Tips Mengembalikan Jam Biologis NormalT3.com

Kamu bisa coba mandi air hangat dan memutar musik yang menenangkan sebelum tidur. Gunakan lampu yang tidak terlalu terang agar mata lebih relaks. Hal-hal tersebut bisa kamu dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dengan begitu, kamu akan bangun dengan tubuh yang lebih segar.

Nah, beberapa cara di atas bisa kamu coba untuk menormalkan kembali jam biologismu usai bulan puasa. Menjaga jam biologis penting untuk dilakukan karena membantumu mencegah peningkatan risiko berbagai penyakit seperti kanker, depresi, dan serangan jantung.

Baca Juga: Alami Kelelahan Serius, Ini 7 Tanda Tubuhmu Butuh Istirahat

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya