Comscore Tracker

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukan

Kebiasaan jorok mana saja yang kamu lakukan?

Kamar mandi atau toilet menjadi ruangan yang vital dan selalu ada di setiap rumah. Kebersihan dan kenyamanan kamar mandi harus selalu dijaga karena setiap harinya selalu dipakai.

Ternyata kebiasaan buruk dan jorok justru sering kita lakukan di kamar mandi. Hal ini malah berpotensi menyebarkan penyakit. Nah ini dia 10 kebiasaan buruk yang seharusnya tidak kita lakukan.   

1. Menggunakan sikat gigi yang sama setelah kamu sakit atau lupa membersihkannya.

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanbaydental.co.uk

Dengan logika sederhana, ketika kamu menyikat gigimu saat kamu sakit, kuman di dalam liurmu akan tertinggal di sikat gigimu dan akan bertahan di dalam serabut-serabutnya, di mana mereka mampu bertahan berbulan-bulan.

Jadi setelah kamu sakit, entah itu mengganti sikat gigimu dengan yang baru atau merendamnya di dalam hidrogen peroksida selama 10 menit adalah cara yang baik, bilas kemudian biarkan kering.

2. Mencampur semua sikat gigi di dalam satu wadah yang sama

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanvitalorgans.com

Sepasang sikat gigi dalam satu wadah sih masih oke, tapi jika kamu tinggal dengan banyak rekan sekamar dan sikat gigi kalian saling bersentuhan satu sama lain, itu namanya sama saja kalian saling memindahkan kuman satu sama lain. Apalagi jika seseorang sedang sakit, itulah cara tercepat penyebaran virusnya.

3. Menyikat gigi dilakukan di tempat yang sama dengan buang air

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanhuffingtonpost.com

OK, yang satu ini cukup menjijikkan. Kalau kamu menyimpan wadah sikat gigimu dekat WC, kamu berisiko besar membuat sikat gigimu terkena partikel kotoran dalam WC. Setiap kali kamu menyiram WC, WC akan melepaskan semprotan aerosol tetesan air.

Peneliti telah mengujinya dan menemukan partikel-partikel kotoran mikroskopik di sikat gigi yang disimpan dekat dengan WC. Pastikan untuk menyimpan sikat gigimu di dalam kotak obat atau di penyimpanan dekat wastafel.

4. Menyimpan sabun di dalam kotak sabun

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanehotelier.com

Coba pikirkan sabunmu sebagai media yang ideal untuk kuman tumbuh - ya, memang menjijikkan. Seringkali salah satu bagian sabun selalu basah, sehingga wajarnya kuman akan tumbuh di permukaan sabun.

Hal itu tentu kontraproduktif dengan tujuanmu menggunakan sabun untuk membersihkan tangan. Lebih baik gunakan kotak sabun berlubang, keringkan sabun sebelum diletakkan atau gunakan sabun cair saja.

5. Mengeringkan tangan di handuk/lap yang sama dengan orang lain

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanhuffingtonpost.co.uk

Memang tanganmu bersih saat kamu mengeringkan tanganmu, tapi handuk yang lembap adalah tempat ideal bagi kuman untuk berkembang biak. Selain itu, orang lain mungkin juga mengelap muka atau mulut mereka dengan handuk itu juga. Lebih baik tiap orang punya handuknya sendiri masing-masing sehingga kamu gak harus mengambil kuman dari orang lain.

Baca Juga: Kalau Kamu Gak Tahan Dengar Suara Mengunyah, Bisa Jadi Kamu Jenius

6. Menggantung handuk bekas di rak atau pengait yang sama

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanhomedit.com

Menggantung handuk bekas dengan bertumpukan dan saling menyentuh satu sama lain itu akan membiarkan kuman saling berpindah-pindah, parahnya kamu bahkan bisa mencium baunya. Handuk juga akan mengambil kuman dari kulitmu dan bisa menyebar ketika menyentuh handuk yang lain. Gantung masing-masing handuk dalam kait yang berbeda dan pastikan untuk mencuci handuk setelah dua sampai tiga kali pemakaian.

7. Meninggalkan alat cukur di kamar mandi ketika selesai menggunakannya

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanpowerhousegym.com

Jika sebuah alat cukur berdiam terlalu lama di kamar mandi, nantinya akan terkontaminasi dengan bakteri dan mulai berkarat. Tentu saja kamu makin gak mau mencukur menggunakan itu karena akan meningkatkan risikomu terkena infeksi.

Letakkan cukuranmu di luar kamar mandi dan tempatkan di suatu wadah serta ruangan yang kering. Kamu juga bisa menyemprotnya dengan alkohol antar penggunaan untuk membunuh kuman-kuman yang mengendap. Selain itu, sebaiknya kamu mengganti cukuran manual setelah 3-5 kali penggunaan.

8. Gak membersihkan kamar mandi lebih dari sebulan

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukankambola.co.in

Mungkin kita pernah melakukannya atau bahkan cukup sering, tapi membiarkan kamar mandi gak dibersihkan selama lebih dari sebulan itu cukup menjijikkan mengingat kuman-kuman yang sama berdiam juga di lantai - termasuk jamur dari kaki seluruh penghuni tempat tinggalmu. Karena kamar mandi adalah tempat yang lembap, jamur mudah tumbuh di sana.

Selain itu, ketika kamu menyiram WC, cipratan airnya akan menyebar ke seluruh kamar mandi dalam partikel-partikel kecil. Ingatlah bahwa kamar mandi yang gak bersih bisa menjadi sumber berbagai jenis kuman.

9. Menggunakan keset kamar mandi yang sama dalam waktu sangat lama

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukangfstudio.net

Sama seperti lantai kamar mandi, keset kamar mandimu akan mengakumulasi jamur, bakteri dan banyak kandungan gak sehat yang akan tahan hidup selama berminggu-minggu di sana kemudian berkembang biak. Selain itu, rambut serta debu juga akan berkumpul di keset.

Kakimu memang tinggi imunitasnya terhadap kuman, namun jika ada sedikit saja luka atau kulit menipis maka kamu akan terinfeksi. Belilah keset yang bisa dengan mudah kamu cuci selama seminggu atau dua minggu sekali untuk menghindari jamur tumbuh di sana.

10. Menaruh perlengkapan makeup, atau alat apapun yang menyentuh wajah, mata atau mulutmu di atas permukaan rak kamar mandi yang gak bersih sembarangan

Waduh, Ternyata Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Sering Dilakukanrebathse.com

Sesungguhnya setiap bagian di kamar mandimu itu terkontaminasi, termasuk rak ataupun meja wastafelnya. Cukup jelas kan maksudnya? Ya, gak ada yang aman!

Membiarkan sembarangan perlengkapan seperti kuas makeup, pensil eyeliner atau lap wajah adalah kesalahan fatal karena kamu seakan langsung memindahkan semua kuman kamar mandi ke mukamu. Pastikan kamu selalu membersihkan wastafel rumahmu dengan semprotan anti bakteri setiap beberapa hari sekali. Kalaupun kamu terpaksa untuk sementara menaruh sesuatu di rak kamar mandi, alaskan bawahnya dengan tisu terlebih dahulu.

Jadi kamar mandi pun perlu juga dibersihkan dan diatur ya, jangan sampai malah jadi tempat sarang virus dan kotoran. 

Baca Juga: 7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya