Comscore Tracker

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!

Yuk olahraga, jangan mager terus  

Olaharga bersepeda yang saat ini menjadi tren, ternyata banyak memberikan manfaat yang positif. Selain menggerakkan untuk kesehatan, bersepeda juga meningkatkan rasa optimis seseorang. Target pencapaian jarak kayuh akan meningkatkan sikap positif bagi seseorang untuk meraih target. 

Tidak hanya itu bersepeda ternyata bagus untuk meningkatkan konsentrasimu. Saat di jalan tentunya dibutuhkan konsentrasi yang tinggi agar mampu sampai di tempat tujuan dengan selamat kan? Di bawah ini ada banyak lagi manfaat bersepeda. Yuk kita tengok apa saja manfaaatnya.  

 

1. Meningkatkan kesehatan mental

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!pexels.com/Brett Sayles

Melansir Healthline, bersepeda bisa membantu kamu mengontrol stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Tetap fokus pada jalan ketika sedang naik sepeda juga bisa meningkatkan daya konsentrasi. Alhasil, kamu akan menjadi orang yang sangat fokus dalam berbagai kegiatan.

Kalau kamu sedang merasa lesu atau sedih, segera bersepeda setidaknya selama 10 menit. Bersepeda bisa melepas endorfin dalam tubuh supaya kamu merasa lebih baik dan tidak stres lagi. Dan yang terpenting, kamu menjadi pribadi yang lebih pede ketika mampu bersepeda secara rutin setiap hari.

2. Membantu menyembuhkan penderita kanker

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!pexels.com/Adrianna Calvo

Bersepeda adalah kegiatan fantastis bagi para pengidap kanker. Tidak hanya itu, bersepeda juga bisa membantumu tercegah dari kanker, terutama kanker payudara karena aktivitas ini membuatmu merasa fit setiap saat. Berdasarkan penelitian pada tahun 2019, tubuh yang tetap aktif efektif dalam mengurangi risiko dari kanker payudara.

3. Memulai hari dengan kegiatan positif

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!Pesepeda menikmati jalan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. IDN Times/Febriana Sinta

Mulailah hari kamu dengan aktivitas yang sehat seperti bersepeda. Pasalnya, bersepeda bisa membuatmu tidak mengantuk lagi dengan meningkatkan sirkulasi. Uniknya, kamu juga akan merasa lebih sehat untuk menjalani hari.

Bersepeda di pagi hari memiliki beberapa manfaat, di antaranya membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan tubuh, serta meningkatkan energi setiap harinya. Kalau ingin membakar lebih banyak lemak, usahakan untuk bersepeda sebelum sarapan, bukan sebaliknya.

Baca Juga: 7 Manfaat Persahabatan untuk Kesehatan Kamu

4. Mengontrol berat badan

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!Unsplash.com/Elevate

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Hal ini disebabkan karena naik sepeda meningkatkan tingkat metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak tubuh, demikian dilansir dari Better Health. Namun, perlu diingat bahwa mengontrol berat badan harus diiringi dengan rencana pola makan sehat, bukan hanya bersepeda.

Penelitian menunjukkan kamu harus membakar setidaknya 8.400 kilojoule (sekitar 2.000 kalori) seminggu melalui olahraga. Sementara itu, bersepeda dengan sungguh-sungguh bisa membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam. Benar-benar worth it, bukan?

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!Unsplash.com/jezael

Ketika kamu menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap seimbang, kamu akan meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh secara keseluruhan. Apalagi keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia, jadi bersepeda menjadi salah satu solusinya.

6. Meningkatkan kekuatan kaki

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!pexels.com/Pixabay

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki, khususnya pada paha depan, glutes, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki kamu lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges, beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda.

7. Salah satu bentuk latihan inti

Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Ayo Gowes!Pexels/Nubia Navarro (nubikini)

Bersepeda juga melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Terlebih, menjaga tubuhmu biar tegak dan menjaga posisi sepeda membutuhkan kekuatan inti loh. Perut yang kuat dan otot punggung yang mendukung tulang belakang berperan dalam meningkatkan stabilitas serta kenyamanan saat bersepeda.

Jangan malas bersepeda, mumpung teman kamu banyak yang melakukan aktivitas ini. Bersepeda kegiatan yang menarik dibanding hanya mager di rumah lho!

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah untuk Sehari-hari

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya