Comscore Tracker

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!

Ternyata cukup gampang mengakalinya, lho

Memasak merupakan hal yang menyenangkan. Namun, melakukannya juga susah-susah gampang. Terutama jika kamu tidak mengetahui berapa takaran bumbu yang tepat untuk masakan tersebut.

Terkadang, masakanmu jadi gagal karena cita rasanya terlalu asin. Tenang, ada beberapa cara untuk menyiasatinya, kok. Langsung simak saja di bawah ini!

1. Menambahkan air

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!YouTube/America's Test Kitchen

Menambahkan air menjadi cara yang paling praktis dan mudah untuk menetralkan cita rasa yang terlalu asin. Namun, cara ini hanya berlaku bagi makanan yang ditumis maupun sup.

Selain itu, kamu mungkin juga perlu menambahkan takaran bahan lain untuk mengoreksi cita rasanya agar kembali pas.

2. Menambahkan sedikit gula

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!mountainfeed.com

Selain menambahkan air, gula juga dapat menetralkan cita rasa asin yang berlebihan dalam masakan. Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat menambahkan gula, karena jika terlalu banyak justru membuat rasanya semakin kacau.

Tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil dicicipi, sampai kamu mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

3. Tuangkan susu dan santan

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!cookingwithdog.com

Jika masih ada sisa susu atau santan di rumah, maka dapat kamu maksimalkan fungsinya untuk mengurangi cita rasa asin yang berlebih. Kedua bahan ini tak hanya dapat menyerah rasa asin yang berlebih, namun juga dapat memberikan sensasi rasa creamy pada masakan. Sudah tentu olahanmu jadi lebih lezat maksimal.

Baca Juga: 5 Resep Mudah Bekal Makan Siang di Kantor, Lebih Sehat dan Hemat!

4. Memasukkan potongan kentang

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!cookingwithdog.com

Kentang memiliki kemampuan untuk menyerap rasa asin berlebih pada masakan. Tentunya kamu dapat menggunakannya untuk mengurangi kadar garam berlebih pada masakanmu. Tunggu saja sampai kentang biasanya berubah warna, itu tandanya ia telah berhasil menyerap garam berlebih.

5. Mencuci makanan

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!seriouseats.com

Cara selanjutnya adalah mencuci makanan. Betul, memang kamu tak salah baca. Namun cara ini dinilai dapat menetralisir rasa asin berlebih. Kamu hanya dapat melakukannya pada jenis masakan yang digoreng. Namun, disarankan untukmu menggorengnya kembali agar lebih renyah.

6. Menambahkan keju mozarella

Masakan Terlalu Asin, Ini 6 Cara Mudah Menyiasatinya!dashofsavory.com

Siapa yang tak kenal jenis bahan makanan yang satu ini? Keju mozzarella memiliki cita rasa yang gurih dan creamy. Hal ini dirasa sangat tepat untuk mengurangi kadar garam berlebih pada masakan. Kamu dapat menambahkannya sebagai alternatif topping.

Itulah beberapa cara untuk menyiasati masakan yang terlalu asin. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Cara Buat 4 Masakan ala Film Korea Gampang dan Bahan Mudah Dicari  

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Abdi K Tresna di IDN Times Community dengan judul 6 Tips Menyiasati Makanan yang Terlalu Asin, Gampang Banget!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya