Comscore Tracker

Dijamin Enak, Resep Puding Pisang Cokelat Sederhana dan Mudah Dibuat

Sajian puding cokelat pisang, bahannya mudah 

Puding adalah salah satu dessert yang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang lembut dan enak juga dibuat menjadi aneka varian rasa. 

Salah satu buah yang dapat kamu buat sebagai bahan puding adalah pisang yang kaya mineral dan kalium dikombinasikan dengan cokelat. Dengan bahan sederhana dan pembuatannya yang mudah, ini dia resep puding pisang cokelat yang lezat! 

1. Bahan membuat puding pisang cokelat

Dijamin Enak, Resep Puding Pisang Cokelat Sederhana dan Mudah Dibuatilustrasi pisang sebagai bahan (pexels.com/@jibarofoto)

Pertama-tama siapkan dahulu bahan-bahan di bawah ini.  Bahan puding pisang cokelat adalah:

  • 50 gr gula pasir 
  • 4 buah pisang 
  • 1/4 sdt garam 
  • 3 sachet minuman cokelat bubuk
  • 1 sachet agar-agar plain
  • 550ml air 

 

2. Membuat adonan puding

Dijamin Enak, Resep Puding Pisang Cokelat Sederhana dan Mudah Dibuatilustrasi cokelat (pixabay.com/Enotovyj)

Memulai membuat adonan, siapkan panci yang sedikit besar dan masukan pasir lalu tambahkan dengan garam. Aduk sebentar kedua bahan tersebut dan tambahkan 3 sachet minuman cokelat bubuk. Kamu dapat memilih minuman sesuai seleramu seperti beng-beng drink, chocolatos, atau milo. 

Setelah itu, tuangkan agar-agar plain ke dalam panci. Aduk kembali seluruh bahan hingga semua bubuk tercampur rata, barulah menambahkan air dan terus mengaduk hingga adonan tercampur rata. 

Baca Juga: Resep Gatot Singkong, Makanan Khas Gunungkidul yang Melegenda

3. Campurkan buah pisang ke adonan puding

Dijamin Enak, Resep Puding Pisang Cokelat Sederhana dan Mudah Dibuatilustrasi menghaluskan pisang (youtube.com/Resep Masakan Malunra)

Ambil empat buah pisang matang yang sudah disiapkan, kupas dan masukan ke dalam blender. Lumatkan pisang hingga halus. Jika tak punya blender, kamu bisa melumatkan pisang menggunakan garpu sehingga bertekstur setengah halus. 

Campurkan adonan pisang tadi ke dalam adonan puding. Aduk adonan puding dan pisang agar tercampur dan pastikan tidak ada yang menggumpal. 

4. Masak adonan puding cokelat pisang

Dijamin Enak, Resep Puding Pisang Cokelat Sederhana dan Mudah Dibuatilustrasi cokelat (unsplash.com/charissek)

Selanjutnya pindahkan panci ke atas kompor dan nyalakan dengan api sedang. Aduk adonan secara  memutar hingga mengental dan meletup-letup. Saat adonan mengental, tekstur akan terasa lebih berat. 

Tunggu adonan matang dan segera matikan api kemudian siapkan cetakan untuk puding pisang cokelat. 

5. Masukan adonan ke dalam kulkas agar lebih lezat

Dijamin Enak, Resep Puding Pisang Cokelat Sederhana dan Mudah Dibuatilustrasi puding kelapa cokelat (unsplash.com/Klara Avsenik)

Basahi dahulu cetakan puding dengan air agar tak lengket saat puding dikeluarkan. Tuangkan adonan puding pisang cokelat ke dalam cetakan dan ratakan hingga selesai tertuang semua. 

Tunggu adonan puding hingga dingin, masukan ke dalam kulkas agar kamu bisa menikmati sensasi puding pisang cokelat yang lebih lezat, kenyal dan segar. 

Setelah kurang lebih satu jam, keluarkan puding dari kulkas dan letakkan ke atas piring. Potonglah puding dan nikmati kelezatan puding dari perpaduan cokelat dan buah pisang. 

Itu dia resep puding pisang cokelat yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Gampang kan, puding ini bisa untuk buka puasa atau hari istimewa lainnya. 

Baca Juga: 5 Khasiat Mengonsumsi Rambutan secara Rutin bagi Tubuhmu

May Paramita Photo Community Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya