Comscore Tracker

Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haid

Kunyit miliki sifat antispasmodik untuk redakan sakit dan pengaruhi suasana hati

Siapa nih yang merasakan kram atau sakit perut jika sedang menstruasi? Jika sering merasakannya,jangan langsung minum obat. Kamu bisa kok mengurangi nyeri saat haid dengan yang alami, yaitu dengan mengonsumsi jamu kunyit asa, atau orang Jawa bilang jamu kunir. 

Jamu kunyit asam adalah resep minuman peninggalan kerajaan Mataram yang khasiatnya gak perlu diragukan lagi. Nah, enaknya gak perlu keluar rumah kok untuk bisa menikmati jamu kunyit asam. Bahannya sederhana khasiatnya maksimal. Yuk, coba resepnya di seperti di bawah ini!

1. Manfaat kunyit buat perempuan

Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haidilustrasi perempuan (pexels.com/@sora-shimazaki)

Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa utama bernama curcunin yang memiliki sifat anti-oksidan. Senyawa ini cukup kuat sehingga bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan selama PMS. 

Nah, curcumin menghambat aktivitas enzim inflamasi seperti COX dan LOX, sehingga mengurangi produksi prostaglandin yang merupakan hormon yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antispasmodik yang tidak hanya meredakan rasa sakit, tapi juga mempengaruhi suasana hati. 

2. Siapkan bahan pembuat minuman

Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haidilustrasi kunyit (flickr.com/people/97499887@N06)

Sudah siap untuk membuat minuman kunyit, inilah bahan-bahannya:

  • 300 gram kunyit segar
  • 180 gram gula jawa
  • 22 biji buah asam jawa
  • 750 ml air

Baca Juga: Girls, Ini Akibat Terlalu Lama Memakai Pembalut saat Datang Bulan

3. Bersihkan kunyit dan kupas kulitnya

Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haidilustrasi kunyit (flickr.com/people/97499887@N06)

Alih-alih pakai kunyit bubuk, akan lebih mantap kalau memilih kunyit segar. Tips memilih kunyit yang baik, coba pencet pelan untuk memastikan kunyit pilihanmu masih keras dan pilih ukurannya besar. Hindari kunyit yang lembap dan sudah bau busuk, ya!

Selanjutnya, cuci kunyit sampai bersih dan gak ada lagi tanah yang menyelip di sela-sela kulitnya. Kemudian kupas kulit kunyit sampai bersih. 

4. Parut kunyit dan tambahkan air

Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haidilustrasi memasak (unsplash.com/@sigmund)

Setelah kunyit benar-benar bersih, parut hingga habis. Langkah selanjutnya, tambahkan air ke dalam kunyit yang sudah diparut dan remas-remas sampai airnya meresap. 

Letakkan perasan air di atas kompor, kemudian nyalakan api kecil. Masukkan sisa bahan lainnya dan masak sampai mendidih. Jangan lupa aduk sesekali, ya!

5. Saring dan jamu siap dinikmati

Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haidresep jamu kunyit asem (instagram.com/foodhunterwonosobo)

Setelah mendidih, matikan kompor dan tunggu hangat. Kemudian saring jamu sampai mendapatkan air tanpa ampas. Pengin rasa yang lebih manis, tambahkan gula jawa secukupnya dan lebih enak dengan perasan jeruk nipis. 

Jika kamu menyukai minuman dingin, bisa banget. Caranya yaitu setelah suhu ruang tambahkan es batu dan jamur kunyit asem siap dinikmati. Menstruasi jadi lebih chilll!

Baca Juga: Girls, Pakai Pembalut Kain bisa Kurangi Volume Sampah lho!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya