Comscore Tracker

Resep Geblek Camilan Khas Kulon Progo, Enaknya Mirip Cireng  

Geblek paling enak dimakan dengan sambal kacang  

Siapa yang sudah pernah bertandang ke sisi barat Jogja, atau tepatnya di Kulon Progo? Kabupaten yang memiliki julukan The Jewel of Java ini, mempunyai segudang tempat wisata yang menyenangkan, mulai dari pegunungan hingga pantai sekaligus wisat kuliner.

Nah Kulon Progo juga mempunyai khas yang bernama geblek. Makanan yang terbuat dari singkong ini, mempunyai ciri khas berbentuk angka 8. Rasanya yang gurih gak kalah enak dengan cireng. Penasaran bagaimana cara masaknya? Yuk, simak di bawah ini! 

1. Siapkan singkong dan bahan lain yang dibutuhkan

Resep Geblek Camilan Khas Kulon Progo, Enaknya Mirip Cireng  unsplash.com/anniespratt

Geblek termasuk makanan tradisional, bahan yang dibutuhkan pun gak terlalu banyak dan sulit. Gampang banget kalau kamu berminat coba. Nah ini dia bahan yang dibutuhkan: 

  • 500 gram singkong ukuran kecil
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt garam secukupnya
  • 1 sdt ketumbar
  • Air secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

2. Buat adonan singkongnya

Resep Geblek Camilan Khas Kulon Progo, Enaknya Mirip Cireng  www.cherryonmysundae.com

Cara membuatnya kupas singkong dan cuci sampai bersih, setelah itu parut, beri air panas sedikit, dan peras.

Hasil singkong yang telah diperas, pisahkan antara air dan singkongnya. Diamkan air endapan selama 3 sampai 5 jam dan usahakan jangan sampai ada pati yang tertinggal, kemudian buang airnya. 

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Asrinya Kulon Progo dari Ketinggian

3. Haluskan semua bahan bumbunya

Resep Geblek Camilan Khas Kulon Progo, Enaknya Mirip Cireng  ilustrasi bahan yang diperlukan (unsplash.com/jonathanborba)

Sembari menunggu proses pengendapan singkong, lebih baik kamu siapkan bumbu-bumbunya. Setelah selesai disiapkan, haluskan bawang putih dan ketumbar bersamaan sampai halus. 

4. Ambil adonan dan bentuk seperti angka 8

Resep Geblek Camilan Khas Kulon Progo, Enaknya Mirip Cireng  instagram.com/fisa.gina

Langkah selanjutnya, kukus singkong selama 25 menit dan angkat. Campurkan pati atau endapan singkongnya dan campur sampai rata. Tambahkan bumbu yang tekah dihaluskan kemudian aduk lagi dengan tangan hingga kalis. 

Tambahkan juga penyedap rasa, dan lakukan tes rasa dengan mengambil adonan sedikit demi sedikit kemudian bentuk seperti angka 8 sampai adonannya habis. Jika terasa lengket, tambahkan kanji. 

Baca Juga: 7 Promo Buka Puasa di Hotel Jogja, Banyak Hidangan All U Can Eat

5. Panaskan api dan goreng adonan gebleknya perlahan

Resep Geblek Camilan Khas Kulon Progo, Enaknya Mirip Cireng  instagram.com/tama_jr

Panaskan minyak dengan api kecil dan saat mulai panas, masukkan adonan geblek ke dalam penggorengan. Tiriskan saat geblek sudah berwarna kuning keemasan. 

Nah sederhana sekali kan resep geblek makanan khas Kulon Progo di atas? Rasanya akan lebih enak dengan tambahan sambal kacang atau dipadukan tempe besengek. Selamat mencoba! 

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya