Comscore Tracker

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat 

Dari tofu hingga makanan daging 

Kota Wuhan, di Provinsi Hubei, Tiongkok, menjadi kota pertama tempat mewabahnya virus corona. Akibat virus ini ratusan warga meninggal dunia.

Padahal, sebelum adanya wabah virus corona pada akhir tahun lalu, Kota Wuhan begitu menyenangkan, termasuk cita rasa kulinernya. Ada banyak makanan khas Wuhan yang sebenarnya menggugah selera. Yuk, kenalan sama beragam makanan khas Wuhan berikut ini!

Baca Juga: 7 Wisata di Wuhan, Kota yang Sedang Terisolasi Akibat Wabah Corona

1. Reganmian

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat heneedsfood.com

Kuliner mi terbaik di Wuhan yang bisa kamu coba adalah reganmian. Kuliner tradisional ini cukup unik, karena berbeda dengan mi pada umumnya di Tiongkok. Reganmian disajikan tanpa kuah alias keringan.

Reganmian dibuat dari mi segar yang dicampur minyak wijen dalam air mendidih. Setelah matang, mi didinginkan, lalu dicampur dengan bumbu dan tambahan daun bawang di atasnya.

2. Niuroufen

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/hippo_ricenoodle

Tim mi kuah, mana suaranya? Niuroufen alias mi kuah daging sapi ini bakal bikin kamu ketagihan. Kaldunya begitu kental, minya kenyal, bumbu, dan rempahnya begitu terasa. Dijamin bikin kamu menghabiskannya hingga tetes terakhir.

3. Doupi

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/top_shanghai_restaurants_

Doupi merupakan menu tradisional khas Tiongkok yang populer di Provinsi Wubei, Wuhan. Hidangan sejak 1931 ini memadukan beras, kulit tahu, jamur, babi, rebung, daun bawang, dan sebagainya. 

Doupi masih tetap eksis sampai sekarang, karena kerap digunakan sebagai menu wajib di setiap perayaan besar.

4. Dim sum

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat hiveminer.com

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kuliner ini. Dimsum atau season's dumplings ini memang sangat populer di Tiongkok. Isiannya berupa daging cincang dan sayur-sayuran.

Teksturnya lembut dan kenyal. Makan di daerah asalnya tentu terasa lebih lezat, daripada yang biasanya kamu makan di Indonesia.

5. Hot pot

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat sethlui.com

Di musim dingin, makan hot pot jadi pilihan terbaik di Wuhan. Menu terpopulernya adalah yuan lao yang punya rasa pedas hingga membakar lidah.

Dalam satu porsinya, terdiri atas banyak cabai kering,  lada Sichuan, minyak wijen, daun bawang, bawang putih, dan sebagainya. Lauknya bisa disesuaikan dengan seleramu, seperti daging sapi, ayam, babi, bebek, dan lain-lain.

6. Leher bebek

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/mikyway82

Di Hubei, leher bebek ini jadi incaran para wisatawan lokal maupun asing. Bahkan, di beberapa tempat, ada yang menyajikan leher lengkap dengan kepalanya. Pedas menjadi rasa yang dominan.

Spesialnya lagi, banyak rempah-rempah pilihan yang digunakan untuk memasak leher bebek. Rasanya nikmat dan renyah banget.

Baca Juga: Mengenal 10 Destinasi Wisata Wuhan yang Dikenal Cantik, Sudah ke Sini?

7. Lobster dan udang karang pedas

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/xswhatever

Menu pedas lainnya khas Wuhan adalah lobster dan udang karang. Mereka selalu menggunakan bahan yang masih segar. Pemilihan bumbu dan rempahnya sangat pas.

Campuran lada dan cabainya pasti bikin pencinta pedas mabuk kepayang. Rasanya sangat lezat, tidak ada bau amis yang tertinggal. 

8. Zhujiao

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/cindys0ng

Daging babi (zhujiao) di sini sangat berlemak, sehingga terasa begitu lezat. Dari aromanya saja, bakal membuatmu sulit menahan godaannya. Daging dibakar dengan perpaduan rempah-rempah khas sichuan.

9. Yaxuefe

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/dayunyc

Kamu yang kurang suka rasa darah, sebaiknya jangan berani mencoba yaxuefe. Dalam membuat kaldu, darah bebek menjadi bahan utama untuk merebus daging. Sapi muda atau bebek menjadi pilihan daging terbaik.

10. Choudoufu

Mengenal 10 Makanan Khas Wuhan, Tiongkok yang Lezat instagram.com/eatingfun55

Tahu di Wuhan ini digoreng menggunakan saus cabai dan belacan atau terasi. Rasanya cukup menyengat, sehingga dikenal sebagai smelly tofu. Uniknya lagi, saat sesi penggorengan, mereka lebih senang menggunakan arang untuk menonjolkan aromanya.

Saat ini tempat wisata dan kuliner di Wuhan tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan. Isolasi akibat wabah virus corona masih menjadikan kota di provinsi Hubei, Tiongkok ini ditutup. 

Baca Juga: 8 Street Food ala Kota Wuhan yang  Lezatnya Bersahabat dengan Lidah

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya