Comscore Tracker

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga 

Kamu suka yang mana? 

Bangga dong dengan makanan asli Indonesia. karena sejumlah makanan tradisional khas Indonesia ini ternyata sudah terkenal di luar negeri.

Saking enaknya, sejumlah makanan asli Indonesia ini dijual di daerah yang nge-hits di luar negeri. Seperti beberapa berikut ini:

1. Es dawet

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga sajiansedap.com

Belum lama ini, es dawet terpilih menjadi salah satu makanan manis terbaik dalam penghargaan World's 50 Best Desserts. Sayangnya, pihak CNN Travel menuliskan es dawet berasal dari Singapura. Pada dasarnya, es dawet memang cukup terkenal di sejumlah negara Asia tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Thailand, dan sebagainya. 

Faktanya, es dawet ini sebenarnya memang kuliner asli khas Indonesia. Peneliti dari Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, menceritakan cendol sudah ada sejak tahun 1323, pada masa Kerajaan Majapahit.

"Pada saat babat alas menjaga perbatasan, Raden Kembangjoyo bertemu dengan Kisagulo yang menjadi awal dia tahu seberapa enaknya dawet," kata Murdijati saat dihubungi IDN Times, beberapa waktu lalu.

Es dawet mulai menyebar ke luar Indonesia ketika Kerajaan Majapahit ingin memperbanyak wilayah kekuasaan. "Saya menduga dawet ini dibawa pasukan Majapahit yang ekspansi ke Temasek (Singapura), bersama juga dengan leksa. Cuma karena adanya akulturasi, orang menyebutnya laksa," tutur Murdijati.

Baca Juga: 7 Negara ini Punya Etika Makan yang Beda Banget dengan Indonesia 

2. Tempe

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga instagram.com/imserenalee

Salah satu lauk khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai ini sudah populer di dunia. Sejumlah negara yang sangat menyukainya adalah Jepang dan Inggris. Bahkan di London, kamu bisa menemukan tempat makan bernama Warung Tempeh.

Warung Tempeh ini menjual berbagai makanan sehat, khususnya vegan. Sang pemilik, Will Mitchell, mengaku terinspirasi nama warungnya setelah mencoba tempe khas Indonesia. 

3. Rendang

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga tijnschmitzphotography.com

Makanan khas Sumatera Barat ini gak usah diragukan lagi rasanya. Sebab, dua tahun berturut-turut, rendang terpilih sebagai 50 makanan terbaik menurut CNN.

Walaupun harus turun peringkat ke posisi 11 setelah tahun lalu menang, siapa sih yang bisa menolak kelezatannya? Rasa rendang sangat khas, keempukan dagingnya menjadi faktor penentu utama.

4. Gudeg

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga instagram.com/angkytan

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Makanan khas Yogyakarta ini pun tak kalah populer. Setiap wisatawan yang singgah ke Yogyakarta, pasti pengin mencoba kelezatannya.

Gak hanya di Indonesia, gudeg juga dijual di beberapa kota di luar negeri. Salah satu yang populer ada di Melbourne. Kamu bisa menemukannya di kawasan Clayton Road.

Baca Juga: 8 Makanan Indonesia yang Baunya Tidak Sedap, tapi Sangat Nikmat 

5. Indomie

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga instagram.com/kenhorai

Siapa sih yang gak suka Indomie? Ternyata Indomie juga disukai orang-orang di berbagai negara. Diproduksi PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Indomie telah sukses diekspor ke 80 negara lebih. Rasanya disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing negara.

Hebatnya lagi, Indomie merupakan pionir mi instan pertama kali di Nigeria. Tak ayal responsnya sangat baik, hingga ada pengusaha sukses karena menjual Indomie.

6. Sate

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga sbs.com.au

Tiap daerah memiliki keunikannya masing-masing, tergantung potongan daging, bumbu, dan sebagainya. Misalnya sate Padang dengan saus kuningnya, sate Madura dengan saus kacangnya, sate Bali yang khas dengan daging cincangnya, dan lain-lain.

Bahkan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Obama, begitu gemar menyantap sate. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan banyak tempat makan sate khas Indonesia di sana. Salah satunya di New York, terdapat restoran Indonesia bernama Satay Junction.

7. Soto

7 Makanan Khas Indonesia Sukses Curi Perhatian di Luar Negeri, Bangga steemkr.com

Gak kalah bervariasi, soto juga memiliki banyak macam, seperti soto Betawi, coto Makassar, soto Lamongan, dan sebagainya. Masing-masing memiliki racikan rempah-rempahnya sendiri. Selain di Indonesia, soto ini cukup digemari masyarakat Jepang. Salah satunya masyarakat Ibaraki yang sudah terbiasa, karena banyak pelajar Indonesia di sana.

Wah, bangganya kuliner Indonesia semakin mendunia ya. Kalau kamu sendiri paling suka yang mana nih?

Baca Juga: 15 Makanan Khas Indonesia yang Paling Lezat, Sudah Coba Semua?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You