Comscore Tracker

7 Rekomendasi Warung Sate Klathak Enak di Jogja Selain Pak Pong

Gak kalah enak dibandingkan Sate Pak Pong, lho!

Sajian sate klathak sudah jadi kuliner wajib dicoba saat datang ke Jogja. Mendengar sate klathak, pikiranmu mungkin langsung tertuju kepada "Warung Pak Pong" yang ada di Jalan Imogiri Timur, Bantul. 

Pak Pong memang merupakan salah satu pelopor sate klathak di Jogja. Sate yang disajikan tanpa kecap ini sukses jadi primadona wisatawan.

Namun gak hanya Pak Pong, di kawasan Jejeran, Pleret, Bantul, mudah sekali dijumpai aneka warung sate klathak. Inilah 7 rekomendasinya untuk kamu menikmati kuliner khas Jogja ini.

Baca Juga: Sate Klathak Pak Pong, Sate Asal Yogya yang Legendaris

1. Warung Sate Mak Adi

7 Rekomendasi Warung Sate Klathak Enak di Jogja Selain Pak PongSate klathak (Instagram.com/sateklatakmakadi)

Tak jauh dari lokasi Pak Pong, tepatnya ada di depan SPBU Jalan Imogiri Timur km10 Jati, Pleret Sate Mak Adi gak kalah viral. 

Sate Mak Adi menjual Sate Klathak, Sate Kecap, Sate Goreng dan ada menu unik yaitu krenyos goreng. Krenyos dimasak dari sandung lamur yang digoreng dengan garam dan kuah gulai kambing.  Harganya pun standar saja sekitar Rp20 ribuan per porsinya.

2. Sate Pak Bari

7 Rekomendasi Warung Sate Klathak Enak di Jogja Selain Pak PongSate klathak (Instagram.com/rosyrosy_fm)

Berjualan sejak tahun 1940-an, Pak Bari merupakan generasi ke-3 penerus usaha kuliner ini. Sate Pak Bari terletak di pasar Wonokromo, Pleret, Bantul.

Yang unik, menikmati sate pak Bari ini buka dari habis maghrib hingga dini hari saja. Sate Pak Bari juga semakin ramai sejak muncul di film AADC 2 di tahun 2016 lalu.

Dalam seporsi sate klathak terdiri dari 2 tusuk sate yang masing-masing tusuknya berisi 6 sampai 7 potong daging kambing lumayan besar. Selain klathak menu lain yang khas adalah tongseng, tengkleng, hingga gulai jeroan.

3. Warung Sate Mbak Bella

Warung Sate Mbak Bella juga cukup populer diantara para pecinta sate kambing. Saking ramainya Mbak Bella sudah memiliki dua cabang yakni di Jalan Blawong I, Trimulyo, Jetis, Bantul dan kompleks Pasar Imogiri lama, Jalan Makam Raja-Raja, Karangtalun, Imogiri.

Ciri khas Sate Mbak Bella ini ialah dagingnya yang empuk dan gak ada bau khas kambing. Namun tetap cita rasanya maknyus. Cocok dinikmati untuk makan siang maupun makan malam.

4. Sate Kambing Sor Talok

Sate Kambing "Sor Talok" ini bisa dibilang salah satu hidden gems di Jogja. Lokasinya berada di area persawahan, di bawah pohon talok atau kersen. Alamat lengkapnya berada di Jalan Pramuka, Dusun Code,Trirenggo, Bantul.

Buka sejak pagi hingga sore kuliner ini selalu ramai diburu wisatawan maupun warga sekitar DIY yang sudah menjadi pelanggan tetap. Meski tersembunyi, sering kali kamu harus antre untuk dapat menikmati satu porsi sate klathak di tempat ini.

Baca Juga: 5 Tempat Makan di Jogja yang Baru dan Terkenal Murah

5. Sate Klathak Mbah Momo

Warung Sate Mbah Momo beralamatkan di Jalan Imogiri Barat no.25A, Bakung, Bangunharjo, Bantul. Lokasinya cocok untuk makan bareng keluarga maupun meeting kantor. Tempatnya luas dan memiliki beberapa alternatif mau duduk atau lesehan membut wisatawan akan merasa nyaman.

Seperti kebanyakan warung sate lain, selain sate klathak ada beberapa pilihan menu lainnya. Tapi tetap klathak yang paling favorit untuk dicoba.

6. Sate Klathak Pangestu

Nah buat kamu yang sedang ada si daerah Yogyakarta bagian utara gak perlu jauh-jauh untuk menikmati seporsi sate klathak. Ada Sate Klathak Pangestu yang berada di Jalan Damai No. 10, Tambakan, Sindudadu, Ngaglik, Sleman.

Selain seporsi sate klathak, menu minuman wedang uwuh juga laris dipesan. Untuk harganya standar saja yakni mulai Rp20 ribu untuk satenya.

7. Sate Klathak Pak JeDe khas Jejeran

Meski namanya "Khas Jejeran" namun lokasi sate ini justru bukan di daerah Jejeran. Memilki dua cabang yaitu di jalan Nologaten, Condongcatur, Sleman dan di Jalan Lowanu, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Sate klathak yang disajikan dengan kuah gulai disana memiliki ciri khas kental dan gurih. Kuah kuningnya menggugah selera, apalagi dinikmati bersama irisan cabai rawit. Hmm, bikin ngiler!

Nah, ketujuh rekomendasi warung sate klathak selain Pak Pong di atas wajib dicoba saat mengunjungi Jogja. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 12 Makanan Khas Jogja yang Diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Rama Dhanila Photo Community Writer Rama Dhanila

Hiiii~~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya