Comscore Tracker

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!

Pas banget buat kulineran sekeluarga

Yogyakarta dikenal dengan pilihan kulinernya yang beragam, lezat dan terjangkau. Jadi, gak heran bila Jogja sering disebut sebagai surganya kuliner di Indonesia. Dari yang tradisional sampai kekinian, ada di sini. Sebagian juga dirancang agar nyaman untuk makan bersama keluarga besar maupun rombongan.

Nah, buat kamu yang penasaran untuk menjamu keluarga besarmu di Jogja, berikut rekomendasi 10 tempat makan keluarga di Yogyakarta yang nyaman sekaligus murah. Di mana saja, ya?

1. Wedang Kopi Prambanan

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/jnsusilo

Dari eksteriornya saja sudah kelihatan kalau tempat ini menyuguhkan suasana tradisional khas Jawa. Contohnya ruang makan yang berbentuk joglo, lampu taman, serta ornamen lainnya seperti sepeda tua.

Ada danau dan air mancur di tengah taman yang bikin suasana makin adem. Kamu pun bisa meminjam properti yang ada di sana untuk berfoto, contohnya baju atau caping.

Restoran ini menyediakan aneka makanan dan minuman rumahan khas Indonesia, seperti lodeh, gulai, sop, botok, pepes, dan lain-lain. Di samping itu, kamu bisa menemukan aneka kopi Nusantara, mulai dari kopi Toraja, Aceh, Mandailing, dan sebagainya. Rata-rata menu tersebut dijual dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp7.000.

Alamat: Jalan Prambanan - Manisrenggo Nomor 16, Area Sawah, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten
Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

2. Dapur Warna

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/kulinerjogja

Tempat berkonsep edutainment ini menawarkan suasana makan yang nyaman, sekaligus area bermain untuk anak. Jadi para orangtua gak perlu khawatir anaknya bakal rewel.

Ada 12 tenant makanan dan minuman yang siap memanjakan para pengunjung. Cocok buat kamu dan keluarga yang mungkin punya selera berbeda-beda?

Terdapat masakan Indonesia seperti gado-gado, penyetan, mi yamin, dan aneka nasi goreng. Ada pula masakan khas Timur Tengah seperti nasi kebuli, makanan Asia, sampai minuman kekinian seperti bubble tea dan mojito.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 11, Pedak, Sinduharjo, Sleman, Yogyakarta
Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

3. Sego Bebek Kosek

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/kulinerjogja

Kalau satu keluarga penyuka bebek, hunting tempat makan bebek goreng biasanya jadi agenda wajib. Nah, salah satu tempat yang banyak direkomendasikan para foodies Yogyakarta adalah Sego Bebek Kosek. 

Kulit bebek goreng yang garing kontras sama dagingnya yang lembut, gak ketinggalan kremesan di atas nasi hangat bikin makin mantap. Apalagi kalau makannya bareng sambal kosek pedas. Gak perlu khawatir masalah bujet, karena harga seporsinya sekitar Rp25 ribu.

Alamat: Jalan Herman Yohanes Nomor 3, Sagan, Gondokusuman, Yogyakarta (seberang Timur Galeria Yogyakarta)
Jam operasional: 11.00-22.00

4. Balakosa Coffee & Co.

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/javafoodie

Piknik bareng keluarga di bawah pohon rindang dengan pemandangan sawah dan Gunung Merapi? Duh, enak banget pastinya!

Di Yogyakarta, ada kafe sekaligus coworking space baru yang bisa kamu coba. Desain tempatnya unik banget karena ada ruangan indoor ber-AC yang dibuat tembus pandang. Jadi mau duduk di dalam atau di luar, kamu bakal tetap bisa menikmati pemandangan.

Soal menu, mereka fokus di aneka makanan dan camilan Western seperti roast chicken BBQ, pasta, kentang goreng, dan sebagainya. Tapi harganya tetap terjangkau, sekitar Rp25 ribu-Rp42 ribu untuk makanan. Ada juga olahan kopi manual brew yang bisa menemani sesi kumpul keluarga jadi lebih hangat.

Alamat: Jalan Kedawung, Nologaten Caturtunggal, Depok Sleman, Yogyakarta
Jam operasional: 10.00-00.00

5. Alive Fusion Dining

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/blablabla_grill

Seperti namanya, Alive Fusion Dining menyediakan menu khas dari berbagai negara, mulai dari Italia, Asian, dan Western. Kamu bisa memilih steak, pasta, nasi goreng, olahan mie, dan sebagainya.

Selain itu, ada BlaBlaBla Grill di rooftop lantai 3. Jadi kamu bisa makan di outdoor ala BBQ party gitu. Seru banget, kan kalau masaknya ramai-ramai?

Alamat: Jalan Timoho Nomor 49, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta
Jam operasional: 09.00-00.00 WIB

Baca Juga: Wedang Ronde, Minuman Hangat Khas Jogja yang Dapat Pengaruh dari Cina

6. Waroeng Watoe Gadjah

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!instagram.com/ardillalolombulan

Tempat makan baru di Yogyakarta bagian utara ini langsung jadi primadona untuk dikunjungi bareng keluarga. Tempatnya luas dan asri, karena dikelilingi taman dan pepohonan. Apalagi ada aliran sungai kecil di tengah kawasan yang Instagramable.

Karena sudah buka sejak jam 7 pagi,  Waroeng Watoe Gadjah bisa jadi jujugan buat sarapan bareng sebelum jalan-jalan. Tempat ini punya makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, seperti nasi penggel khas Kebumen, sumpil, gulai, teh tarik, dan sebagainya.

Alamat: Jalan Plumbon Raya, Sleman, Yogyakarta
Jam operasional: 07.00-22.00

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Jakarta yang Nyaman & Bikin Seru

7. Joglo Pari Sewu

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/wonderfuljogja

Warga Yogyakarta mungkin gak asing lagi sama Joglo Pari Sewu, salah satu tempat wisata sekaligus kuliner yang cukup hits di sana. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, dari menikmati suasana pedesaan, berenang di sungai, menyewa floaties, berfoto di rumah boneka, dan menyantap aneka makanan Indonesia.

Uniknya, menu makanan di sana ditata berjejer dalam wadah tanah liat, mirip penjual kuliner kaki lima. Di antaranya ada semur jengkol, buntil pepaya, ayam areh, oseng kembang kates, dan lain-lain.

Alamat: Desa Wisata Bromonilan, Purwomartani, Kalasan Sleman, Yogyakarta
Jam operasional: 08:00-17.00 WIB

8. Banyumili Resto

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!instagram.com/banyumilirestojogja

Ini dia one stop solution buat keluarga yang punya banyak rencana, tapi gak punya waktu panjang. Banyumili Resto memiliki area waterpark, danau dengan perahu bebek, tempat memancing, sekaligus restoran.

Untuk menu, mereka menyediakan olahan ayam, ikan gurame, dan udang. Seperti ayam kremes, ayam bakar, gurame goreng, udang bakar madu, dan sayuran seperti karedok atau cah kangkung.

Alamat: Jalan Godean KM 4,5 Kwarasan, Yogyakarta
Jam operasional: 09.00-21.00 WIB

9. Sop Bukan Janda

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/jogjaku

Sop Bukan Janda ini berada di pedesaan dan persawahan lereng Gunung Merapi, jadi bisa dipastikan hawanya sejuk dan adem. Apalagi kamu bisa mengamati Gunung Merapi lewat teropong yang tersedia. 

Menu andalannya adalah sop bukan janda yang dibanderol Rp35 ribu. Tapi kamu juga harus coba aneka sate yang katanya juga recommended, seperti sate Maranggi berasap, sate klatak, hingga sate goreng super pedas. 

Alamat: Sempol, Dero Wetan, Harjobinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Jam operasional: 10.00-21.00 WIB

10. Pecel Pincuk Pedes Sedep

10 Tempat Makan Keluarga di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!Instagram.com/jatengfoodhunter

Pecel sepertinya identik banget sama menu pagi hari ya? Nah, sekali-sekali sarapan bareng di luar bisa jadi agenda keluarga yang menyenangkan.

Salah satu tempat makan pecel yang wajib didatangi adalah Pecel Pincuk Pedes Sedep. Meskipun bukan restoran dan tak terlalu luas tempatnya, tapi dijamin suasananya hangat dan rasanya juara.

Ada banyak menu yang bisa dipilih, seperti pecel komplet, pecel bakmi, ayam goreng sambal korek, sampai jenang candil, dan bubur mutiara. Pilihan lauk tambahannya pun lengkap, seperti sate telur puyuh, gorengan, dan jeroan.

Alamat: Jalan Perumnas Nomor 19 Seturan (Utara Olivine Cafe)
Jam operasional: Senin-Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB

Bagi kamu yang ingin menjamu keluarga besar di lokasi yang nyaman dan terjangkau di Yogyakarta, ajak saja ke rekomendasi tempat makan di atas. Dijamin pengen balik lagi, deh!

Baca Juga: Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You