Comscore Tracker

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewa

Kalau ke Jogja, kuliner ini wajib dicoba

Lebih dari sekadar tempat wisata, Yogyakarta juga terkenal akan ragam kuliner yang memanjakan perut dan lidah. Sementara nasi gudeg, sate klathak, dan bakpia sudah sangat populer bagi pelancong di Jogja, sebenarnya masih banyak menu-menu unik lain di seantero provinsi ini.

Mulai dari soto sampah, belalang goreng hingga sate petir, nama-nama unik ini harus kamu masukkan ke list kuliner jika berkunjung ke Jogja.

1. Sate petir

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/kulinerjogya

Kuliner sate petir yang terkenal di Jogja adalah Sate Petir Pak Nano yang beralamat di jalan Jogja Ring Road 90 daerah Kasihan, Bantul. Dinamakan "petir" karena sate ini memiliki rasa yang super duper pedas.

Ada beberapa level kepedasan yang bisa kamu pilih, mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga profesor. Wah, nama-nama levelnya unik sekali, ya? Bagi kamu yang mengaku pecinta makanan pedas, wajib hukumnya untuk mencoba makanan yang satu ini. 

Meskipun sebenarnya sate petir berbahan dasar daging kambing, sate racikan Pak Nano ini terbilang istimewa karena daging benar-benar empuk. Harga untuk satu porsi sate petir juga cukup terjangkau, yaitu hanya Rp25.000 saja.

Ingin mencoba menu yang lainnya? Tenang, selain sate petir, di sini juga menyediakan aneka menu makanan lainnya, seperti tongseng, gulai dan nasi goreng kambing. 

2. Sate kere

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/mery_lov

Tidak jauh dari Malioboro tepatnya di depan pasar Beringharjo terdapat penjual sate kere Jogja yang terkenal. Sate kere terbuat dari jeroan sapi dan gajih yang diberi siraman bumbu kacang yang khas.

Dari jauh saja aroma sate kere sudah berhasil membuat perut keroncongan. Cocok untuk disantap setelah puas berburu oleh-oleh, nih. Harga yang ditawarkan untuk sate kere yang lezat ini adalah Rp3.000 per tusuknya.

3. Sate kuda

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/dennyzhang82

Jika kamu berpikir bahwa daging sate kuda itu keras, kamu akan segera berubah pikiran setelah mengkonsumsi sate kuda Gondolayu di jalan Jendral Sudirman 25, Gondolayu, daerah Jetis. Daging sate kuda di sini sangat empuk dan lembut. Adanya tambahan bumbu sambal kecap, kol mentah, cabe, irisan tomat dan bawang semakin membuat sate kuda ini tampak menggugah selera.

Konon katanya, daging kuda juga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran, lho. Harga seporsi sate kuda Gondolayu dibanderol mulai dari harga Rp30.000.

Baca Juga: 7 Kuliner Indonesia Ini Ternyata Dipengaruhi Budaya Belanda

4. Sate Donal

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/ceritamakan

Sate donal merupakan sate yang terbuat dari daging enthok atau yang biasa kita sebut itik. Banyak orang yang enggan memakan sate ini karena biasanya sate itik masih keras dan berbau amis. Tapi, hal itu tidak berlaku di Sate Donal milik pak Min.

Pak Min cukup ahli dalam mengolah sate itik menjadi lembut dan lezat, sama sekali jauh dari kesan bau amis dan daging yang keras. Harga seporsi sate pak Min yang beralamat di jalan Astorenggo, Hargo Binangun, daerah Pakem ini sekitar Rp25.000.

5. Bubur kalkun

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/kulineryogya

Sekilas penampakan bubur kalkun tidak jauh berbeda dengan bubur ayam. Perbedaannya ada pada jenis daging yang digunakan. Bubur kalkun menggunakan suwiran daging kalkun yang diberi siraman kuah kuning. Tekstur daging kalkun yang lebih lembut dari daging ayam membuat makanan ini menjadi favorit.

Salah satu pedagang bubur kalkun yang terkenal adalah pak Tantowi yang biasanya berjualan di jalan Godean km 4 tepatnya di halaman supermarket Giant. Harga semangkuk bubur kalkun cukup terjangkau, yaitu Rp8.000 saja.

6. Walang goreng

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/konanxiao

Walang atau belalang goreng yang terkenal di Jogja adalah milik pak Gareng yang letaknya di daerah Wonosari. Rasanya sangat gurih dan renyah. Kamu tidak perlu khawatir soal kebersihannya karena sebelum diolah menjadi camilan yang enak walang ini sudah dicuci dengan bersih terutama pada bagian sayapnya. 

Bumbu yang diperlukan untuk membuat walang goreng juga ternyata cukup sederhana, yaitu bawang putih, cabai besar, cabai rawit, merica dan garam. Rasa yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari gurih, pedas hingga bacem. Walang goreng bisa dinikmati dengan harga Rp35.000 per toplesnya.

7. Soto sampah

Sate Petir, Soto Sampah? 7 Menu Unik yang Bikin Kuliner Jogja Istimewainstagram.com/ukm.jogja

Mendengar namanya saja sudah pasti membuat orang penasaran ingin segera melihat bentuk dan mencicipi rasanya. Berbeda dengan namanya, soto sampah yang terletak di pasar Kranggan daerah Jetis ini memiliki rasa yang sangat lezat.

Berdiri sejak tahun 1970, aroma dan cita rasa soto sampah masih terjaga hingga kini. Ciri khas dari soto sampah adalah cara pembuatan bumbunya yang masih tradisional, yaitu hanya diulek dengan menggunakan tangan, bukan digiling ataupun diblender. 

Disebut soto sampah karena makanan yang berisi nasi putih, bihun, kubis, tauge, seledri, dan bawang goreng ini cara penyajiannya hanya ditumpuk-tumpuk saja. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, hanya merogoh kocek Rp7.000 saja kamu sudah bisa menikmati seporsi soto sampah untuk mengganjal perut.

Nah, itulah 7 makanan unik di Jogja yang wajib hukumnya untuk kamu coba. Rasanya makan seporsi saja tidak akan cukup ya, guys.

Baca Juga: 7 Kuliner Unik di Tabanan, Wajib Banget Kamu Santap Kalau ke Bali!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sinta Listiyana di IDN Times Community dengan judul Sate Petir Hingga Soto Sampah, 7 Kuliner Unik di Jogja Ini Bikin Nagih

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya