Comscore Tracker

Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!

Bakal bikin kamu ketagihan, deh!

Kuliner khas Jogja itu banyak ragamnya. Namun, kalau diminta menyebutkan, kebanyakan orang mungkin hanya menyebutkan gudeg dan bakpia saja. Padahal, ada sejumlah kuliner khas lainnya yang gak kalah lezat dan jarang ditemukan di daerah lain. Seperti halnya hidangan dan jajanan berikut ini.

Penasaran apa saja kuliner khas Kota Pelajar yang gak kalah unik dari gudeg dan bakpia? Yuk cicipi makanan khas Jogja berikut ini!

1. Mie lethek dari Bantul

Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!instagram.com/jogjabikinlaper

Kamu pasti pernah mendengar tentang Pantai Parangtritis. Pantai yang melegenda ini terletak di Kabupaten Bantul, sekitar satu jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Salah satu kuliner khas Bantul yang wajib dicoba adalah mie lethek. Wah, namanya unik ya!

Lethek sendiri berarti 'kotor' atau 'kusam' dalam bahasa Jawa. Dinamakan demikian karena warna mie yang kecokelatan sehingga terkesan kusam. Meski namanya terkesan gak banget, tapi rasa mie lethek ini enak banget lho!

Gak cuma sehat, mie ini juga sehat karena diolah secara tradisional dan tanpa pengawet sehingga warnanya pun menjadi kecokelatan. Gak salah kalau mie ini menjadi favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Nah, Obama saja sudah mencicipi mie lethek, masak kamu belum?

2. Jangkrik dan belalang goreng yang jadi khasnya Gunungkidul

Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!instagram.com/margaretha.darlinanto

Hah jangkrik goreng?

Kalian pasti bertanya-tanya sewaktu mendengar nama makanan 'jangkrik goreng' maupun 'belalang goreng'. Meski terdengar ekstrim, makanan ini beneran ada lho. Jangkrik maupun belalang goreng menjadi cemilan asal Gunung Kidul yang populer. Rasanya yang gurih dan renyah membuat cemilan ini banyak diincar oleh wisatawan.

Jangkrik dan belalang goreng ternyata memiliki banyak kandungan protein di dalamnya sehingga bergizi dan sehat untuk dikonsumsi. Kandungan protein di dalam jangkrik dan belalang goreng bahkan lebih tinggi dari protein pada daging sapi, ayam atau udang. Penjual kuliner unik ini dapat kita temui di sepanjang jalan menuju ke daerah Gunung Kidul.

Jadi sempatkan diri berhenti sejenak untuk membeli dan mencicipi kuliner ini ketika hendak berwisata ke daerah Gunung Kidul ya!

Baca Juga: Serba Terjangkau, 9 Jajanan Lezat di Jogja Ini Gak Sampai Rp10.000!

3. Peyek tumpuk, oleh-oleh khas Bantul

Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!tuguwisata.com

Masih dari Bantul, satu lagi kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan adalah Peyek Tumpuk. Peyek atau rempeyek mungkin sudah menjadi cemilan yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tapi, peyek tumpuk ini lain dari yang lain lho! Perbedaan yang paling nyata adalah pada bentuk peyek ini.

Kalau biasanya rempeyek berbentuk pipih, peyek tumpuk berbentuk seperti bongkahan yang menumpuk-numpuk dan kacangnya menempel tidak beraturan. Sekali gigit, peyek tumpuk ini bakal jadi renyah banget di mulut. Proses pembuatannya pun masih tradisional dengan resep turun temurun dari pembuatnya yaitu Mbok Tumpuk yang sekaligus menjadi nama kuliner peyek ini.

Oh, ya untuk mendapatkan peyek tumpuk yang asli hanya ada di Toko Oleh-Oleh Mbok Tumpuk yang terletak di Bantul. Siap-siap untuk mengantri ya saat membeli peyek tumpuk.

4. Jadah tempe dari Kabupaten Sleman

Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!instagram.com/agus_d_priyanto

Waduh, makanan apa lagi ini? Buat para wisatawan mungkin masih jarang mendengar nama kuliner jadah tempe ini. Jadah tempe adalah dua jenis makanan yang berbeda, tapi saat dimakan bersamaan sensasi rasa manis dan gurih berpadu menjadi satu. Enak banget deh!

Jadah sendiri merupakan olahan ketan yang dibentuk kotak-kotak seperti balok. Makanan ini bisa berwarna putih atau cokelat. Jadah biasanya sih dimakan sendiri saja. Tapi orang Jogja memang selalu punya cara tersendiri untuk menikmati makanan biasa jadi luar biasa.

Di Jogja, jadah kemudian dikombinasikan dengan tempe yang dimasak bacem. Cara makannya disusun layaknya burger atau roti lapis kemudian dimakan bersamaan. Dijamin nagih deh!

5. Wedang gedang, Kaliurang

Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Juga Gak Kalah Unik dan Lezat!cookpad.com

Selain makanan, minuman pun wajib juga untuk dicoba nih! Jogja punya salah satu kuliner minuman yang banyak ditemui di daerah Kaliurang atau di sekitaran kaki Gunung Merapi yaitu Wedang Gedang. Wedang Gedang dalam bahasa Indonesia artinya 'minuman pisang'. Sekilas tampilannya mirip dengan kolak, bedanya minuman ini tidak memakai santan.

Seperti namanya, minuman ini berisi potongan buah pisang yang dicampur dengan air yang terbuat dari campuran kayu manis, gula jawa, daun pandan dan jahe. Enak banget diminum selagi hangat di tengah hawa dingin Kaliurang.

Itu dia sejumlah kuliner khas Jogja yang pastinya gak boleh dilewatkan. Jadi, bukan cuma gudeg dan bakpia saja, kan?

Baca Juga: 7 Gudeg Malam Terenak di Yogya, Siap Antre 30 Menit Sebelum Buka

Artikel ini pertama kali ditulis oleh ladybird di IDN Times Community dengan judul Selain Gudeg, 7 Kuliner Khas Jogja Ini Wajib Kamu Coba

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You