Comscore Tracker

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Tugu Jogja, Dekat dan Bikin Nagih!

Kuliner ini wajib kamu sambangi ketika mampir ke Tugu Jogja

Tugu Pal Putih, atau yang dikenal dengan Tugu Jogja, merupakan salah satu landmark ikonik Kota Yogyakarta yang selalu jadi jujugan wajib wisatawan.

Mengingat Tugu Jogja adalah ikon pariwisata, gak heran bila ada sejumlah tempat kuliner yang gak kalah ikonik berada gak jauh dari tempat ini. Yuk, intip rekomendasi tempat makan enak di sekitar Tugu Jogja yang bikin nagih!

1. Soto Sampah

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Tugu Jogja, Dekat dan Bikin Nagih!instagram.com/gembulfoodie

Terletak sekitar 350 meter di sisi utara Tugu Jogja, kuliner pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Soto Sampah. Namanya memang terdengar unik, tapi kedai ini menjadi salah satu soto legendaris di Yogyakarta karena sudah ada sejak tahun 1970-an.

Dijuluki Soto Sampah karena mulanya soto yang dijual di kedai tersebut menyajikan banyak gajih. Oleh para pembeli, gumpalan gajih di atas kuah soto dianggap sebagai sampah. Karena itulah, pada akhirnya kedai soto ini dinamai Soto Sampah.

Kamu bisa memilih isian daging ayam atau sapi dengan kuah yang cenderung light karena gak terlalu menggunakan banyak rempah. Tersedia pilihan aneka satai dan gorengan biar momen menyantap Soto Sampah makin istimewa.

2. Lupis Mbah Satinem

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Tugu Jogja, Dekat dan Bikin Nagih!instagram.com/markicip

Setia menjajakan lupis dan bermacam jajanan tradisional selama 57 tahun, street food milik Mbah Satinem jangan sampai gak kamu sambangi. Pasalnya, lupis legendaris tersebut terkenal legit dan dijual dengan harga murah meriah.

Lokasi lapak beliau cuma berjarak kurang lebih 400 meter di barat Tugu Jogja. Namun, karena Mbah Satinem hanya berjualan saat pagi hari, siapkan alarm agar kamu gak kesiangan datang ke sini. Saking populernya, walaupun baru gelar dagangan beberapa menit, jangan kaget jika pembeli sudah ramai mengerubungi jualan Mbah Satinem.

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Enak dan Ikonik di Sleman yang Gak Boleh Dilewatkan

3. Gudeg Yu Narni

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Tugu Jogja, Dekat dan Bikin Nagih!instagram.com/jogjataste

Kuliner enak di sekitar Tugu Jogja makin lengkap dengan adanya warung cabang gudeg Yu Narni, salah satu gudeg legendaris Jogja. Lokasinya yang berada sekitar 150 meter di sisi selatan tugu, bisa kamu capai dengan berjalan kaki selama 2 menit saja.

Buka sejak subuh hingga malam, gudeg Yu Narni menyediakan varian paket yang bisa kamu santap di tempat maupun take away. Cita rasa gudeg Yu Narni sangat pas buat kamu yang pengin mencoba gudeg dengan taste gak terlalu manis.

4. Angkringan Pak Jabrik

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Tugu Jogja, Dekat dan Bikin Nagih!instagram.com/angkringanjabrik

Nah, kalau mau cari suasana malam Jogja yang sesungguhnya, wajib banget mengisi perut di angkringan Pak Jabrik. Cukup berjalan kaki sejauh 290 meter ke Selatan Tugu Jogja, gerobak angkringan sudah terlihat. Angkringan ini terbilang cukup legendaris karena telah berjualan sejak tahun 1996.

Selain nasi kucing seharga Rp3.000-an, aneka satai, dan gorengan, angkringan Pak Jabrik juga menjual kopi jos. Penyajian kopi ini sangat khas karena menggunakan tambahan arang panas. Silakan datang antara pukul 17.00-01.00 WIB dan bersiaplah bingung menentukan lauk yang tersedia karena saking banyaknya pilihan yang ditawarkan.

5. Nasi Uduk Palagan

5 Tempat Makan Enak di Sekitar Tugu Jogja, Dekat dan Bikin Nagih!instagram.com/jackmagnifico

Rekomendasi kuliner enak terakhir di sekitar Tugu Jogja yang bisa dicapai via berjalan kaki adalah rumah makan Nasi Uduk Palagan. Jaraknya hanya 210 meter di sebelah timur tugu. Meskipun sajian nasi uduk bukan khas Jogja, tapi kulineran di sini dijamin bikin kamu mengacungkan dua jempol.

Sedikit berbeda dengan menu di rumah makan pusat, cabang nasi uduk Palagan tersebut hanya menyediakan menu paketan. Seperti nasi uduk ayam, ikan nila, ikan lele, dan empal dengan tambahan tahu, tempe, lalapan, sambal, dan minum di setiap paketnya. Kamu bisa jadikan hidangan ini sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Nah, ulasan tempat makan di atas pasti bikin ngiler. Kalau kamu menyambangi Tugu Jogja, jangan lupa untuk mampir, ya. Harganya dijamin gak nuthuk, deh!

Baca Juga: Tak Hanya Klatak, Kini di Bantul Ada Kuliner Sate Lele 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Intan Deviana di IDN Times Community dengan judul 5 Kuliner Enak di Sekitar Tugu Jogja, Bisa Didatangi via Berjalan Kaki

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya