Comscore Tracker

5 Tempat Kuliner Enak dan Ikonik di Sleman yang Gak Boleh Dilewatkan

Sudah pernah ke sini, belum?

Berbicara tentang Kabupaten Sleman, kamu mungkin terbayang dengan kawasan wisata Kaliurang, tur lereng Merapi, Tebing Breksi, hingga candi-candinya yang bersejarah. Tapi gak cuma itu, Sleman juga menawarkan sederet tempat makan yang lezat dan ikonik bagi para penggemar kuliner.

Nah, beberapa tempat wisata kuliner berikut ini ikonik banget, sehingga pantang kamu lewatkan saat menjelajah Sleman. Penasaran?

1. Tengkleng Gajah

5 Tempat Kuliner Enak dan Ikonik di Sleman yang Gak Boleh DilewatkanTengkleng gajah (instagram.com/voilajogja)

Namanya yang unik menjadikan sajian yang satu ini tersohor di kalangan foodies. Tengkleng Gajah bukan berarti menggunakan daging gajah, melainkan karena daging kambing yang menjadi bahan utama tengkleng dipotong dalam ukuran jumbo dan dihidangkan dalam porsi melimpah.

Tesedia beberapa macam tengkleng di kedai Tengkleng Gajah. Sebutlah tengkleng dengan bumbu original, tengkleng goreng, tengkleng kuah gulai, dan tengkleng sambal bawang. Semua sajian tengkleng memiliki tekstur daging yang empuk karena kambing yang dipilih merupakan kambing muda dan perebusan daging dilakukan selama satu jam.

2. Warung Kopi Klotok

5 Tempat Kuliner Enak dan Ikonik di Sleman yang Gak Boleh Dilewatkaninstagram.com/jackmagnifico

Menyajikan spot kulineran dengan nuansa pedesaan, Warung Kopi Klotok nyaris selalu ramai dipadati pengunjung dari luar kota. Rumah bergaya tradisional Jogja yang disulap menjadi warung makan tersebut adalah incaran setiap warga perkotaan yang rindu masakan ndeso dengan view sawah hijau membentang.

Beberapa menu rumahan yang bisa kamu nikmati di Warung Kopi Klotok, yaitu lodeh tempe lombok ijo, lodeh kluwih, lodeh terong, dan sayur asem. Sedangkan aneka lauk yang tersedia meliputi tahu bacem, tempe garit, telur krispi, ayam goreng, ceker, dan pindang goreng.

Untuk minuman, pastikan memesan kopi klotok yang menjadi ikon dari warung makan ini. Namun, kamu juga bisa request beberapa pilihan minuman lain seperti wedang jahe gepuk, teh tubruk gula batu, atau es jeruk.

Baca Juga: Tak Hanya Klatak, Kini di Bantul Ada Kuliner Sate Lele 

3. Jejamuran

Lain halnya kalau kamu berminat mencicipi aneka masakan berbahan dasar utama jamur-jamuran. Maka, wajib hukumnya untuk mampir ke resto Jejamuran yang berlokasi di daerah Pandowoharjo. Berbagai menu Nusantara mulai dari satai, tongseng, rendang, pepes, hingga aneka minuman, semua diolah menggunakan jamur. Menarik, bukan?

Jenis jamur yang digunakan seperti jamur merang, shitake, tiram, dan portobello merupakan hasil budidaya sendiri yang kebunnya bisa kamu lihat di dalam resto. Jadi, selain bisa menikmati beragam menu khas dari jamur, ada wisata edukasi juga buat para pengunjung.

Kalau pengin belanja oleh-oleh khas Jejamuran, kamu juga dapat mampir ke mini marketnya yang menyediakan bermacam olahan jamur dalam kaleng, juga keripik jamur.

4. Gudeg Bromo Bu Tekluk

5 Tempat Kuliner Enak dan Ikonik di Sleman yang Gak Boleh Dilewatkaninstagram.com/streetfoodstories

Kuliner di kabupaten Sleman berikutnya yang gak kalah enak dan unik adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Disebut unik karena warung gudeg ini hanya buka dari pukul 23.00-05.00 WIB. Meski memiliki jam operasional yang gak biasa, nyatanya gak menyurutkan minat pencinta gudeg untuk mampir ke Gudeg Bromo Bu Tekluk.

Berbeda dari gudeg Jogja pada umumnya, gudeg olahan Bu Tekluk merupakan gudeg basah. Konon, saat menyantap seporsi menu gudeg di sini, kamu wajib memesan tempe goreng keringnya yang rasanya mantul abis. Saking khasnya rasa Gudeg Bromo Bu Tekluk, biasanya antrean pengunjung sudah mengular meski lapak belum digelar.

5. Soto Bathok Mbah Katro

5 Tempat Kuliner Enak dan Ikonik di Sleman yang Gak Boleh Dilewatkaninstagram.com/jogjaku

Buka sejak jam 06.00 WIB, kedai Soto Bathok Mbah Katro bisa menjadi alternatif spot paling oke buat sarapan sebelum menjelajah wisata di Sleman. Menyajikan isian soto berupa daging sapi, taoge, sayur kol, dan nasi putih, kamu gak bakal percaya kalau harga per mangkuknya cuma Rp6.000.

Sesuai namanya, soto racikan Mbah Katro ini gak menggunakan mangkuk, melainkan memakai batok kelapa. Penyajian yang jarang banget dijumpai pada warung makan mana pun. Biar acara menyantap Soto Bathok Mbah Katro makin puas dan kenyang, jangan lupa memesan lauk tambahannya, seperti satai usus, satai telur puyuh, tempe, atau peyek.

Nah, tempat makan di atas pas banget untuk kamu yang ingin menikmati hidangan lezat nan ikonik di Sleman. Sudah coba yang mana? 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Gunungkidul, Nikmat Disantap Usai ke Pantai

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Intan Deviana di IDN Times Community dengan judul Berburu Kuliner Enak di Sleman Jogja, Wajib Mampir ke 5 Tempat Ini

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya