Comscore Tracker

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide Jualan

Bisa jadi cuan di kala pandemik COVID-19

Hallyu wave yang melanda Indonesia sejak beberapa tahun lalu menimbulkan dampak besar bagi masyarakat. Selain KPop dan KDrama, makanan dari Korea Selatan juga semakin digemari. Hal ini tampak dari menjamurnya penjual makanan ala Negeri Ginseng ini.

Nah, buat kamu yang ingin meraup cuan ketika di rumah saja selama pandemik COVID-19, beberapa kreasi camilan ala Korea ini bisa menjadi ide bisnismu, lho!

1. Croissant Waffle

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide JualanCroffle (instagram.com/mos_story)

Croissant waffle atau yang populer disebut croffle, sejak beberapa bulan terakhir lagi booming banget di Korea Selatan. Kepopulerannya pun sudah masuk ke Indonesia.

Croffle sendiri adalah waffle yang dibuat dari adonan croissant, sehingga bentuk khas croissant dari adonan pastry yang digulung berubah menjadi bentuk kotak-kotak khas waffle.

Topping dari croffle sendiri serupa dengan waffle, mulai dari es krim dan buah-buahan hingga yang ringan seperti madu atau sirup maple.

2. Korean Garlic Bread

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide JualanKorean garlic bread (instagram.com/cutieefoodie)

Pasti belum lupa dong dengan roti yang viral banget di tahun 2020 lalu. Bahan utama korean garlic bread ini sebenarnya sama saja dengan roti bantal yang dijual dipasaran, bedanya roti dibelah menjadi 6 bagian dan dicelup ke saus krim keju yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih dan taburan parsley. Roti pun siap dinikmati setelah dipanggang kembali.

Supaya lebih lengkap kamu juga bisa membuat dalgona coffee, jadi deh brunch ala-ala kafe di rumah.

3. Corn Dog

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide JualanCorn dog (instagram.com/chicken_coke)

Corn dog adalah camilan yang gak bisa dilewatkan di street food Korea Selatan. Corn dog awalnya dibuat dari sosis yang ditusuk kemudian dicelup ke dalam adonan roti lalu digoreng. Namun saat ini kreasi corn dog sudah bervariasi mulai dari sosis yang diganti menjadi keju dan adonan roti yang dibalur lagi dengan kentang atau tepung panir.

Untuk topping-nya pun bervariasi, mulai dari saos tomat atau mustard hingga gula halus. Corn dog pokoknya paling nikmat dinikmati selagi hangat saat kejunya lumer.

Baca Juga: 6 Resep Camilan Enak Berbahan Roti Tawar, Mudah dan Murah 

4. Hotteok

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide JualanHotteok (instagram.com/gongju__zzang)

Satu lagi camilan khas street food di Korea Selatan yaitu Hotteok. Camilan satu ini adalah  pancake goreng yang dibuat dari bahan pembuat pancake pada umumnya yaitu tepung terigu dan telur, tetapi dengan tambahan tepung ketan dan ragi sehingga teksturnya bisa kenyal dan mengembang saat digoreng.

Hotteok umumnya diisi dengan kombinasi brown sugar dan kacang kenari yang dipotong kasar, jadi saat dimasak gula di dalamnya akan lumer. Tapi sekarang isinya sudah lebih bervariasi seperti coklat dan keju. Uniknya, packaging hotteok yang dibeli di stand street food berbentuk cup kecil yang berfungsi untuk menjepit hotteok.

5. Inkigayo Sandwich

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide JualanInkigayo sandwich (instagram.com/purpleharn)

Kalau makanan satu ini viral dikalangan KPop idol di Korea Selatan, selain rasanya yang enak sandwich ini juga jadi perantara para idol saling betukar nomor handphone antar idol lain lho.

Inkigayo sandwich sendiri awalnya hanya tersedia di kafetaria stasiun televisi SBS tempat para idol KPop tampil di acara 'Inkigayo Music'. Tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri karena cukup mudah, hanya dengan menyiapkan beberapa lembar roti tawar, selai stroberi dan isian yang terdiri dari telur rebus yang sudah dihancurkan, mayones, kol, wortel, crab stick serta garam dan lada.

Selanjutnya tumpuk roti dan beri isian di antaranya, sandwich ini pun bisa langsung kamu nikmati. Kamu juga bisa membungkusnya dengan kertas roti atau plastic wrap untuk disimpan.

6. Gim-bugak

6 Kreasi Camilan Ala Korea Selatan, Cocok Jadi Ide JualanGim-bugak (instagram.com/sua_ssi)

Gim-bugak atau yang lebih dikenal dengan sebutan seaweed chips adalah lembaran rumput laut yang dilapisi dengan tepung beras ketan lalu digoreng dengan teknik deep fried. Untuk resep yang lebih simpel tepung beras ketan juga bisa diganti dengan rice paper (biasanya untuk kulit spring roll) kemudian untuk merekatkannya hanya diperlukan air yang dioles ke rice paper.

Nah, deretan camilan ala Korea di atas bisa kamu coba bikin sendiri, bahan-bahannya pun mudah dicari. Kalau enak, pede saja untuk menjualnya!

Baca Juga: 5 Resep Camilan Lezat Berbahan Dasar Tahu, Mudah dan Murah!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Andriana Rahayu di IDN Times Community dengan judul 6 Kreasi Camilan Asal Korea Selatan yang Bisa Jadi Ide Jualan!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya