Comscore Tracker

5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGM

Bumbu kacangnya bikin nagih!

SGPC Bu Wiryo pasti gak asing lagi mereka yang pernah kuliah atau sekadar mondar-mandir di kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM). Memang, warung makan ini terkenal dengan sego pecel-nya yang legendaris dan jadi favorit untuk menu sarapan atau makan siang.

Bermula dari lapak di dalam kampus yang menjadi langganan mahasiswa UGM, kini nasi pecel Bu Wiryo diburu pelanggan dari luar kota. Yuk, intip beberapa fakta unik seputar SGPC Bu Wiryo ini!

1. Berjualan sego pecel sejak tahun 1959

5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGMinstagram.com/jalan_yogya

Baliho besar bertuliskan "SGPC Bu Wiryo 1959" menandakan kalau sang pemilik telah menjajakan nasi pecelnya lebih dari 60 tahun yang lalu. Kemampuannya bertahan selama itu membuatnya layak dijuluki sebagai salah satu kuliner legendaris Jogja.

Karena lokasi di mana Bu Wiryo pertama kali menggelar lapak yang berada di dalam kampus UGM akan dibangun, maka sejak tahun 1994 jualannya pindah ke alamat yang sampai sekarang masih ditempati. Kamu bisa menjumpainya di Jl. Agro CT VIII A-10 Klebengan, Sleman.

2. Bumbu kacang yang khas

5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGMinstagram.com/maccymakanmakan

Tampilan nasi pecel Bu Wiryo gak jauh berbeda dengan pecel pada umumnya yaitu terdiri dari aneka sayur-mayur yang direbus, lalu disiram bumbu kacang dan diperlengkap dengan lauk seperti tempe atau tahu goreng, perkedel, aneka satai, dan masih banyak lagi.

Namun, satu yang khas dari nasi pecel Bu Wiryo adalah tekstur bumbu kacangnya. Bumbu kacang sengaja disajikan agak encer dan gak ditumbuk terlalu halus. Selain itu, rasanya yang pedas dan cenderung manis menandakan ciri khas lidah orang Jogja.

Baca Juga: 5 Kuliner Kaki Lima di Yogyakarta Rasanya Bikin Nagih 

3. Menu lain selain nasi pecel

5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGMinstagram.com/nurrianto_nunung

Jika kamu ingin mencari pengalaman kulineran berbeda di warung SGPC Bu Wiryo, gak ada salahnya sekalian memesan menu lain yang tersedia di sini. Ada nasi sup daging dan sup bayam yang juga gak kalah populer. Seperti namanya, kamu bakal menjumpai sayur bayam yang disajikan dengan kuah sup. Unik, kan? 

Kamu bisa memesan nasi dan sup dihidangkan langsung dalam satu piring atau request agar nasi dan sup disajikan terpisah. Kuah kaldunya yang wangi dengan daging sapi yang gak pelit praktis akan langsung menggugah selera makanmu. Mie sohun, wortel, dan kentang menjadi isian lain sup daging.

4. Menghadirkan live music dan tari Jawa

Di jam-jam tertentu, performa live music di warung Bu Wiryo menjadi magnet tersendiri, khususnya bagi kalangan anak muda dan millennial. Tembang akustik yang dibawakan bikin suasana warung bak di kafe-kafe modern.

Sedangkan khusus hari Minggu, hiburan lain berupa tari-tarian Jawa yang diiringi gamelan bisa kamu nikmati pula. Tujuannya tentu saja untuk melestarikan budaya asli Jogja. Sungguh suasana yang pasti bikin rindu untuk kembali lagi.

5. Harga seporsi SGPC Bu Wiryo

5 Fakta Unik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris di Kawasan UGM@jackmagnifico via instagram.com/kulinerjogja

Nah, bagian ini yang barangkali bakal membuatmu sedikit terkejut. Karena sepiring nasi pecel Bu Wiryo tanpa lauk dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu Rp19 ribuan. Sedangkan nasi sup dipatok harga Rp25 ribuan per porsi. Kurang sesuai dengan sebutan Jogja yang terkenal karena harga kulinernya yang murah-murah.

Tapi, uniknya warung SGPC Bu Wiryo tetap ramai pembeli, apalagi saat akhir pekan dan libur panjang. Terbukti kalau rasa gak bohong dan nuansa legendaris yang melekat di namanya.

Warung SGPC Bu Wiryo buka mulai pukul 7 pagi. Jadi, kalau kamu bingung mau sarapan apa, cobalah mampir kemari!

Baca Juga: 7 Warung Sate di Yogyakarta,Pilihan Artis hingga Tempat Syuting Film  

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Intan Deviana di IDN Times Community dengan judul 5 Fakta Menarik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris Favorit Anak UGM

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya