Comscore Tracker

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoran

Mulai dari es krim sampai olahan B2, semua ada di Kotabaru

Kalau main ke Malioboro, Kota Yogyakarta, jangan lupa buat menengok kawasan Kotabaru. Ada banyak bangunan bersejarah sampai pasar bunga yang pasti kamu suka. Apalagi kalau bicara soal kuliner di Kotabaru, dijamin kamu pasti bingung mau pilih yang mana karena semua enak-enak!

Mulai dari kaki lima sampai restoran, sayang banget kalau gak sempat menjajal salah satunya. Yuk, biar gak penasaran soal rekomendasi kuliner di Kotabaru, simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Raminten Kotabaru

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai RestoranRaminten Kotabaru (instagram.com/hargamenujogja)

Liburan ke Kota Jogja tentunya gak lengkap tanpa mampir ke salah satu restoran hits ini, Raminten namanya. Punya banyak cabang, salah satunya berlokasi di kawasan Kotabaru yang laris manis, bahkan harus sampai waiting list!

Raminten menyajikan makanan khas Jawa seperti selat solo, kupat tahu, bakmi jawa, dan lain sebagainya. Minumannya pun beragam, mulai dari yang panas sampai dingin, semua disajikan menarik dan... porsi jumbo! 

Alamat: Jalan Faridan M Noto Nomor 7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-23.00 WIB

2. Mie Bandung Kridosono

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai RestoranMie Bandung Kridosono (IDN Times/Dyar Ayu)

Buat pencinta mi, jangan lupa mampir ke Mie Bandung Kridosono. Aneka olahan mi seperti mi ayam, bihun godog, sampai yang best seller, kwetiaw goreng juga ada. Gak kenal jam makan siang karena warung ini selalu ramai sejak jam buka sampai tutup. 

Pelanggannya gak hanya datang dari kalangan anak sekolah dan mahasiswa, pekerja kantoran dengan seragam pun gak ketinggalan. Gak heran, selain murah, makanan di sini juga enak-enak dan porsinya juga banyak.

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.30--19.00 WIB

3. Warung Pojok Mbak Yuni

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoranwarung pojok mbak yuni (instagram.com/dyankrisnasari)

Gak perlu bingung kalau cari sarapan di sekitar Kotabaru, ada Warung Pojok Mbak Yuni yang bisa jadi tujuan, nih. Meskipun hanya kaki lima dan menjual makanan rumahan, tapi menu yang disediakan cukup lengkap, kok. 

Sebut saja seperti aneka oseng-oseng, sayur lodeh, tempe dan tahu goreng, tapi yang paling banyak diincar adalah telur krispinya, loh. Telur krispi menjadi menu paling cepat habis, jadi, kalau gak datang pagi-pagi jangan harap bisa sarapan dengan lauk satu ini!

Alamat: Jalan I Dewa Nyoman Oka Nomor 3, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Sabtu-Minggu libur, buka pukul 06.00--14.00 WIB

Baca Juga: 8 Pesona Kotabaru Jogja, Kawasan Peninggalan Belanda

4. Bubur Hayam Kotabaru

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoranbubur hayam kotabaru (IDN Times/Dyar Ayu)

Di Kotabaru, ingin makan bubur ayam gak harus pagi-pagi. Sebab, ada Bubur Hayam Kotabaru yang terkenal dengan sajian bubur ayam kekiniannya tersebut. Satu porsi bubur terdiri dari bubur, cincangan ayam, kacang kedelai, tapi kamu bisa request buat menambah kuning telur, juga rempela ati, loh.

Yang wajib dicoba di sini gak hanya buburnya saja, kok. Es ketan hitamnya wajib dicoba. Rasanya manis, segar, dan murah meriah. Side dish yang ditawarkan juga beragam, mulai dari pisang aroma sampai aneka sate-satean. Yummy!

Alamat: Jalan Johar Nurhadi Nomor 5, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 06.00--22.00 WIB

5. Ayam Bakar Pak Yanto

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoranayam bakar pak yanto (instagram.com/mosyakur)

Setelah rekomendasi tempat sarapan, ada juga nih tempat makan malam murah di Kotabaru. Namanya Ayam Bakar Pak Yanto yang meski kelihatannya baru buka tapi langsung habis karena diburu pelanggan. 

Tipe ayam bakar di sini adalah manis-gurih dengan bumbu yang meresap sampai ke tulangnya. Selain disandingkan dengan sambal terasi yang pedasnya nagih, ada juga kremesan gurih yang nikmat dan pas banget disantap dengan ayam bakarnya. 

Alamat: Jalan Wardhani, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00--19.30 WIB

6. Siomay Telkom

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoransiomay telkom (instagram.com/roiutami)

Gak cuma makanan berat yang bisa dijumpai di kawasan Kotabaru, ada Siomay Telkom buat kamu yang ingin makan makanan ringan buat mengisi perut sementara. Varian yang ditawarkan memang hanya siomay goreng dan siomay kukus, tapi soal rasa, warung kaki lima ini termasuk yang terenak di Kota Jogja. 

Termasuk legendaris, Siomay Telkom gak buka cabang di tempat lain, jadi kalau ingin menjajalnya, kamu wajib datang langsung. Pun harga siomay di sini gak mahal, kamu bisa memilih yang pakrtan atau beli per biji.  

Alamat: Jalan Juadi Nomor 1, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-21.00 WIB

7. Nasi Goreng Notaris

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restorannasi goreng notaris (www.instagram.com/mahasiswakulineran)

Salah satu kuliner malam legendaris di Kotabaru yang selalu ramai pelanggan tentu saja Nasi Goreng Notaris. Nasi goreng daging kambing di sini punya rasa rempah yang kaya dan setiap porsinya dilengkapi dengan emping dan telur ceplok. 

Kamu gak perlu khawatir dagingnya bau atau alot. Porsinya pun lumayan banyak dengan tambahan acar yang bikin lebih nikmat. Kurang? Tenang, ada porsi jumbo juga, loh!

Alamat: Jalan Atmosukarto Nomor 11, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Selasa libur, buka pukul 18.00--21.00 WIB

Baca Juga: Es Gosrok Kotabaru, Minuman Jadul yang Bangkitkan Kenangan

8. Toba Nauli

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai RestoranToba Nauli (instagram.com/kulinerbabi)

Pemburu kuliner B2, sudah pernah menjajal Toba Nauli yang berlokasi di Kotabaru? Toba Nauli salah satu kuliner babi di Yogyakarta yang selalu ramai dengan menu yang terbilang lengkap. Babi di sini dimasak ala olahan Batak, loh. 

Mulai dari rica-rica, sate, iga bakar, sampai dengan sop babi juga ada. Soal harga, masih bisa bersaing dong dengan restoran olahan babi lainnya. 

Alamat: Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Nomor 5-21, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 17.00--22.00 WIB

9. Roemi Ice Cream

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai RestoranRoemi Ice Cream (instagram.com/roemixtra)

Super lengkap deh kalau membicarakan kuliner di Kotabaru! Gak hanya rekomendasi tempat sarapan sampai makan malam, ada juga kedai es krim legendaris yang menunya beragam banget, namanya Roemi Ice Cream. 

Berdiri di tahun 2011, Roemi Ice Cream gak hanya menawarkan menu es krim, tapi ada juga aneka minuman dingin dari dalam negeri seperti es doger dan soda gembira. Menu makanan berat di Roemi Ice Cream juga laik dicoba, mulai dari sop ikan kakap, ayam geprek, dan lasagna. 

Alamat: Jalan Suroto Nomor 1, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 11.00--22.00 WIB

10. Soto Pak Sholeh Kridosono

10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoransoto pak sholeh (instagram.com/streetfoodstories)

Siang-siang, memang paling nikmat makan makanan yang panas dan berkuah. Untuk memuaskan hasrat ini, gak ada salahnya buat menepi sejenak ke Soto Pak Sholeh cabang Kridosono. 

Terkenal dengan soto daging sapinya, kuah ala Soto Pak Sholeh bening dan tak terlalu berlemak. Nah, biar menyeruput sotonya makin enak, jangan lupa tambah paru atau babat gorengnya, ya!

Alamat: Parkir Stadion Kridosono, Jalan Yos Sudarso Nomor 28, Kotabaru, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 07.00--16.00 WIB

Paket lengkap memang kawasan satu ini! Tidak hanya dipenuhi dengan bangunan bersejarah saja, tapi juga kuliner di Kotabaru juga banyak pilihan. Mulai dari bubur ayam, olahan B2, sampai es krim, kira-kira yang mana dulu nih yang paling bikin ngiler?

Baca Juga: Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata Anyar

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya