5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sleman, Mulai Buah sampai Lauk

Pulang dari Sleman, oleh-oleh wajib banyak!

Setiap wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memiliki kekhasan oleh-oleh. Sebut saja Kabupaten Bantul, mempunyai geplak, Kulon Progo terdapat geblek, Gunungkidul bisa membeli walang goreng, dan Kota Yogyakarta identik dengan bakpia. Bagaimana dengan Kabupaten Sleman?

Di Sleman, ada banyak buah tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Yuk simak rekomendasinya berikut ini!

1. Salak Pondoh Turi

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sleman, Mulai Buah sampai Laukilustrasi buah salak (Pixabay.com/Instagram FOTOGRAVIN)

Kabupaten Sleman terkenal sebagai penghasil buah salak terbesar di Indonesia. Di Kapanewon Turi, terdapat agrowisata khusus salak, bahkan wisatawan bisa memtik langsung dari pohonnya. Salak Pondoh Turi terkenal dengan rasa manis, teksturnya renyah dan berair. 

Selain buahnya yang bisa langsung dikonsumsi, beberapa toko oleh-oleh di sekitar kawasan Turi juga menyediakan olahannya, yaitu jenang sampai kripik salak.

2. Jadah tempe

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sleman, Mulai Buah sampai LaukJadah Tempe Mbah Carik (Instagram.com/jadahtempe.mbahcarik)

Tak lengkap main ke Sleman tanpa mampir ke Kaliurang. Tak hanya wisatanya cantik dan suasana sejuk, di kawasan ini tersedia jadah tempe yang menjadi oleh-oleh khas Sleman. 

Jadah adalah makanan yang terbuat dari ketan dan santan yang dikukus, sehingga menghasilkan rasa gurih. Sedangkan tempe dimasak dengan cara dibacem dan memiliki rasa dominan manis. Cara makan keduanya yakni ditumpuk bak burger, sehingga disebut juga dengan burger jawa.

Salah satu penjual jadah tempe di Kaliurang yang populer adalah Jadah Tempe Mbah Carik. 

Baca Juga: Jadah Tempe Mbah Carik, Burger Khas Yogyakarta untuk Teman Minum Teh

3. Keripik belut

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sleman, Mulai Buah sampai Laukkeripik belut (instagram.com/keripikbelut.eka_ardika)

Di daerah Godean, atau Kabupaten Sleman bagian Selatan terdapat sentra olahan belut. Ya, namanya adalah Sentra Belut Godea, terletak di sekitar Pasar Godean. Belut yang digoreng sampai kering, mempunyai tekstur renyah dan rasanya gurih.

Di Sentra Belut Godean, selain belut juga tersedia keripik bayam, dan melinjo yang tak kalah lezat.

4. Olahan Jejamuran

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sleman, Mulai Buah sampai Laukpotret Restoran Jejamuran di Sleman (instagram.com/jejamuran.id)

Kabupaten Sleman punya restoran sekaligus toko oleh-oleh dari jamur, namanya Jejamuran. Lokasi berada di Jalan Pandowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, yang memiliki tempat cukup luas. 

Beberapa olahan jamur dapat dijadikan sebagai buah tangan yaitu keripik, rendang, dan berbagai masakan jamur yang sudah dibungkus menggunakan kaleng, sehingga awet di perjalanan.

5. Ayam goreng kalasan

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Sleman, Mulai Buah sampai Laukilustrasi ayam goreng Kalasan, oleh-oleh khas Sleman (freepik.com/jcomp)

Di Sleman terdapat rumah makan ayam goreng legendaris yang bisa dijadikan pilihan berikutnya, namanya Ayam Goreng Kalasan, yang terletak di Tirtomartani, Kalasan, Sleman.

Ayam goreng ini terasa istimewa dengan rasa gurih yang meresap sampai ke tulang dan punya tekstur empuk. Salah satu merek ayam goreng kalasan yang populer adalah Ayam Goreng Mbok Berek yang sudah ada sejak 1960-an.

Oleh-oleh khas Sleman yang beragam ini wajib dibawa untuk keluarga di rumah. Semuanya enak!

Baca Juga: 5 Fakta Jejamuran Resto Yogyakarta, Surganya Pecinta Jamur

Topik:

  • Paulus Risang
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya