Comscore Tracker

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih Sambal

Rasanya murah dan autentik

Jagat maya ramai oleh pemberitaan tentang ayam geprek asal Indonesia yang mengikuti perhelatan fashion kelas dunia di Paris. Banyak warganet menyangsikan keterlibatan brand tersebut, karena dinilai tak sesuai dengan kaidah acara.

Bahkan seorang warganet dengan akun twitter.com/barcelon** menulis, “Kalaupun harus ada perwakilan ayam geprek di Paris Fashion Week, yang berhak punya kesempatan ya Bu Rum, Mas Kobis, dan Keprabon. Bukan yang lain.”

Dari kicauan tersebut, banyak pencinta ayam geprek setuju dengan rasa ayam geprek legendaris, khususnya di Yogyakarta.

Berikut 6 rekomendasi warung ayam geprek enak di Yogyakarta yang jadi kesukaan banyak orang. Tenang, meski sudah terkenal harganya murah meriah, kok. Kamu sudah pernah coba yang mana?

1. Geprek Bu Rum

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih SambalGeprek Bu Rum (instagram.com/sam_kuliner)

Ayam Geprek Bu Rum adalah pionir kuliner geprek di Yogyakarta. Di tahun 2003, sebelum peminat dan restoran ayam geprek sebanyak sekarang, Bu Rum sudah menjadi andalan mahasiswa. Maklum, harga sepiring ayam geprek, lengkap dengan sayur tambahan seperti kuah tongseng, sop, sampai lodeh, dan nasi yang bebas ambil sepuasnya, dihargai tak sampai Rp20 ribu!

Gak sampai di situ, yang membuat pelanggan senang adalah tempat cukup bersih dan para karyawannya ramah. Tapi, kalau benar-benar lapar, jangan datang saat jam makan siang ya, biasanya antrian panjang akan menanti.

Alamat: Jalan Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Migor Mahal, Perajin Minyak Kelapa di Bantul Kecipratan Rejeki

Baca Juga: 5 Kuliner Pedas Khas Jogja yang Rasanya Nampol, Bikin Merem Melek!

2. Geprek Bu Made

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih SambalAyam Geprek Bu Made (instagram.com/jomakanminum)

Terkenal dengan tenda birunya, Ayam Geprek Bu Made bisa jadi rujukan. Di sini kamu akan menikmati ayam yang benar-benar digeprek dengan sambal sehingga rasanya merata. Jadi gak sekadar ayam diberi pugas sambal, lalu dipenyet. Buat yang doyan pedas, kamu bisa ambil cabai sendiri atau meminta jumlah cabai yang diinginkan.

Menariknya, gak sekadar makan nasi pakai ayam geprek, ada juga sayur tongseng yang rasanya gurih dan sedikit pekat. Memang bumbu tongseng biasanya digunakan untuk daging sapi atau kambing, tapi nyatanya tetap enak loh perpaduan sambal, ayam, dan kuah seperti ini.

Alamat: Jalan Wulung Nomor 26, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

3. Preksu

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih SambalPreksu (instagram.com/wonderfuljogja)

Yang satu ini, juga gak kalah jadi kesukaan mahasiswa di Yogyakarta, namanya Preksu yaitu singkatan dari geprek dan susu. Jadi, selain menjual nasi ayam geprek, mereka juga menyediakan banyak varian susu segar. Kombo kenyang ‘kan?

Jika sedang bosan ayam geprek yang biasa, mereka punya menu lain kok. Sebut saja seperti ayam geprek keju hingga ayam geprek BBQ yang rasanya sama lezat. Namun yang menarik, buat kamu yang jalankan puasa sunnah Senin dan Kamis, atau bisa baca surah Al-Kahfi di hari Jumat, bisa dapat free nasi ayam geprek dan es teh!

Alamat: Jalan Samironobaru Nomor 1C, Samirono, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

4. Warung Bu Nanik

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih SambalAyam Geprek Bu Nanik (instagram.com/jogjataste)

Warung Ayam Geprek Bu Nanik tak kalah tenar. Menu di warung ini memang tak macam-macam, hanya menjual nasi, ayam geprek dengan beberapa pilihan sayuran tambahan. Tak ketinggalan kuah tongseng yang rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas dengan potongan kubis.

Meskipun menunya tak beragam, pelanggannya justru banyak. Bahkan ada yang sudah jadi pelanggan sejak kuliah dan kini telah berkeluarga, selalu menyempatkan mampir makan di sini.

Alamat: Jalan Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Ayam Geprek Bu Tini

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih SambalAyam Geprek Bu Tini (instagram.com/javafoodie)

Di sekitar kawasan Caturtunggal, terdapat Ayam Geprek Bu Tini dengan ciri khas tenda merah menyala yang bisa dengan mudah dikenali pelanggannya. Tempatnya yang memanjang cukup luas untuk didatangi rombongan.

Meski sering ramai, kamu jangan khawatir harus menunggu lama, ayam dan cabai di sini bisa sajikan dengan cepat. Es teh manis segar atau kuah tongseng, menjadi pilihan sempurna bagi kamu yang merasa kepedasan. 

Alamat: Jalan Beo, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

6. Ayam Geprek Pak Wage

6 Ayam Geprek Terenak di Yogyakarta, Gak Sekedar Ayam Dikasih SambalAyam Geprek Pak Wage (instagram.com/foreverrrhungry)

Ini dia ayam geprek langganan para mahasiswa UGM, namanya Ayam Geprek Pak Wage. Berlokasi di sebuah teras rumah, ayam geprek di sini renyah dengan sambal yang tak sekadar pedas, tapi juga gurih dan nagih. Meski tanpa tambahan sayur, rasa masakannya sudah nikmat. Kamu juga bisa minta tambah tahu, tempe, atau terong.

Kalau kamu lagi super bokek atau ingin menu yang bukan ayam, ada nasi juga dengan lauk tahu, tempe, telur, dan terong goreng yang harganya mulai dari Rp5 ribu saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, Ayam Geprek Pak Wage bisa jadi tujuan akhir bulanmu, nih!

Alamat: Jalan Kaliurang, Kocoran, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta memang tak pernah kehilangan tempat makan enak dengan harga hemat. Sebanyak 6 warung ayam geprek yang menjadi salah satu ikon kuliner di Yogyakarta, wajib kamu cicipi. Selamat jajan!

Baca Juga: 5 Kafe di Jogja yang Pajang Karya Seni, Serasa di Museum!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya