Comscore Tracker

5 Fakta Makanan di Pesawat, Benarkah Ketinggian Mempengaruhi Rasa?   

Kamu suka makan apa saat di pesawat? 

Pengecekan mesin, keadaan pesawat hingga persiapan crew cabin menjadi hal yang penting dalam setiap penerbangan. Tak hanya itu, setiap maskapai akan menyiapkan makanan pada saat memulai penerbangan.

Belum banyak yang tahu beberapa fakta tenang persiapan dan penyajian makanan yang dikonsumsi oleh penumpang di dalam pesawat. Pengin tahu, yuk kita simak ulasan berikut ini.  

 

 

1. Semua makanan dibuat di darat

5 Fakta Makanan di Pesawat, Benarkah Ketinggian Mempengaruhi Rasa?   nowboarding.changiariport.com

Meski sedang naik kendaraan udara, bukan berarti makanan yang disajikan diolah di atas ketinggian. Faktanya, semua makanan perusahaan penerbangan dimasak atau dibuat di darat, sesuai dengan aturan undang-undang keselamatan.

Jika memasak di pesawat, risiko bahayanya tinggi dan bisa memengaruhi keselamatan.

2. Rasa makanan akan berbeda saat di dalam pesawat

5 Fakta Makanan di Pesawat, Benarkah Ketinggian Mempengaruhi Rasa?   bustle.com

Terkadang saat makan di pesawat, rasa makanan jadi lebih hambar. Hal ini bukan karena makanannya, tapi kondisi pesawat yang berada di ketinggian bisa memengaruhi rasanya.

Selain itu, juga dipengaruhi kelembapan dan tekanan udara yang rendah. Saat kamu makan di pesawat yang sedang terbang, kamu dapat merasakan rasa manis yang turun hingga 20 persen dan rasa asin yang menurun hingga 30 persen. 

3. Mendengarkan musik dengan headphone membuat makanan terasa lebih enak

5 Fakta Makanan di Pesawat, Benarkah Ketinggian Mempengaruhi Rasa?   claimcompass.eu

Selain rasa makanan yang berbeda, pendengaranmu juga bisa memengaruhi makananmu. Kondisi pendengaran yang keras akibat tekanan udara di dalam pesawat dapat mengubah persepsi rasa makanan. Suara udara yang bising akan membuat kita menganggap makanan tersebut kurang manis, bahkan hambar. 

Nah, kamu bisa makan sambil mendengarkan musik dengan headphone untuk mengurangi kebisingan. Sehingga, makanan kamu akan terasa lebih enak. 

Baca Juga: 10 Benda Aneh yang Coba Dibawa Penumpang ke Pesawat, Jangan Ditiru Ya!

4. Membuang makanan jika penerbangan tertunda

5 Fakta Makanan di Pesawat, Benarkah Ketinggian Mempengaruhi Rasa?   foodandwine.com

Penerbangan yang tertunda memang membuat kita kesal. Tapi di balik itu, ada hal yang lebih buruk, yakni makanan akan dibuang jika penerbangan ditunda selama lebih dari enam jam.

Bisakah kamu bayangkan, berapa penerbangan yang tertunda dalam sehari dan berapa banyak makanan yang akan terbuang?

5. Semua sayuran diasinkan

5 Fakta Makanan di Pesawat, Benarkah Ketinggian Mempengaruhi Rasa?   stripes.com

Karena perbedaan rasa di udara, pihak maskapai telah membuat penambahan rasa pada makanan, khususnya pada sayuran. Semua sayuran direndam dulu supaya rasa asin dan gurihnya terasa pas. Karena rasa sayuran rebus akan menghilang saat berada di ketinggian.

Nah sekarang sudah tahu kan fakta di balik makanan yang disiapkan dan disantap dalam penerbangan. Bagaimana menurutmu rasa masakan di pesawat, hambar atau enak?   

Baca Juga: 5 Jenis Camilan yang Bisa Kamu Bawa ke Dalam Pesawat, Ada Favoritmu?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya