Comscore Tracker

Miedes Varian Buah dan Sayur Bu Mantan yang Bikin Ketagihan

Harga per porsi hanya Rp10 ribu

Bantul, IDN Times -‎ Kuliner Miedes merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Bantul,  khususnya di Kecamatan Pundong yang merupakan sentra makanan yang menggunakan bahan baku ketela ini.

Sejumlah rumah makan yang menyajikan miedes, terus melakukan inovasi agar konsumen tidak untuk mencicipi kuliner yang dimasak secara goreng atau godok ini. 

Baca Juga: Suka Makanan Berkuah? Ini 5 Tempat Makan Steamboat Enak di Yogyakarta

1. Inovasi meides varian buah dan sayur yang bikin penasaran untuk mencobanya‎

Miedes Varian Buah dan Sayur Bu Mantan yang Bikin KetagihanWiji Lestari inovator miedes varian buah dan sayur. IDN Times/Daruwaskita

Salah satu rumah makan miedes yang menjadi rujukan di Kecamatan Pundong, adalah Miedes Varian Buah Dan Sayur yang dikelola oleh Wiji Lestari (49), warga Dusun Tulung, Desa Srihardono Kecamatan Pundong, Bantul.

Di tangan istri mantan Kepala Desa Srihardono, Wiji Lestari menciptakan miedes dengan berbagai aroma dan warna.

Wiji mencampur bahan baku tepung ketela dengan buah naga, daun selada dan wortel. Sehingga menghasilkan miedes dengan warga merah, kuning dan hijau. 

"Ada tiga varian miedes yang saya coba, ternyata respon dari konsumen cukup bagus bahkan untuk miedes buah naga paling banyak di pesan," katanya saat ditemui di rumah makan miedes "Bu Mantan" di Dusun Tulung, Desa Srihardono, Pundong, Bantul, Kamis (12/3).

2. Ide miedes varian buah dan sayur berkat mengikuti sejumlah pelatihan‎

Miedes Varian Buah dan Sayur Bu Mantan yang Bikin KetagihanSalah satu pekerja rumah makan"Bu Mantan" sedang meracik miedes varian buah dan sayur. IDN Times/Daruwaskita

Wiji mengatakan rumah makan miedes "Bu Mantan" yang didirikan pada bulan April 2019, menjadi rujukan pencinta kuliner untuk mencicipi miedes.

"Ide untuk mencampur tepung ketela dengan buah, sayur ini berkat mengikuti sejumlah pelatihan dan mengikuti kegiatan pameran makanan di Kabupaten Bantul," ungkapnya.

3. Joglo dan gasebo untuk santap miedes menambah nyaman penikmat miedes varian buah dan sayur‎

Miedes Varian Buah dan Sayur Bu Mantan yang Bikin KetagihanRumah makan miedes varian buah dan sayur "Bu Mantan". IDN Times/Daruwaskita

Perempuan yang telah dikarunia tiga anak ini mengaku, dengan tempat yang representatif yakni berupa joglo dan gasebo, akan semakin membuat konsumen merasa nyaman 

"Sejumlah instansi juga sudah mulai menggelar rapat di rumah makan kita. Bahkan acara pernikahan juga memesan 500 porsi miedes," ungkapnya.

4. Sudah bisa dipesan melalui aplikasi Go Food dan ada layanan antar gratis‎

Miedes Varian Buah dan Sayur Bu Mantan yang Bikin KetagihanMiedes varian buah dan sayur inovasi Wiji Lestari

Miedes varian miliknya, saat ini dapat dipesan melalui aplikasi Go Food, sehingga tak perlu jauh-jauh datang ke rumah makan untuk mencicipi.

"Kita juga melayani pengiriman langsung ke pemesan dengan catatan masih di wilayah Desa Srigading, namun jika di luar Desa Srigading tambah biaya ongkos," ungkapnya.

Saat ini  Wiji sudah mampu mempekerjakan 4empat tenaga yang semuanya perempuan,  dan sudah mahir memasak miedes ciri khas Rumah Makan "Bu Mantan".

"Kalau untuk harga masih terjangkau yakni per porsi hanya Rp10 ribu. Miedes ciri khas Pundong ini hanya menggunakan telur tanpa daging ayam," tuturnya.‎

Baca Juga: Lezat, Ini 5 Rekomendasi Tempat Makan Burger Paling Enak di Yogyakarta

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya