5 Spot Kuliner Hidden Gems Kulon Progo di 2023, Harus Coba!

Tempat dan makanannya jempolan

Sudah mulai penat dengan tuntutan pekerjaan dan bosan hiruk pikuk suasa di kota? Ingin segera me-refresh otak atau sekadar hangout sekaligus kulineran dengan pemandangan alam yang eksotik yang lengkap dengan suasana khas pedesaan? Maka, berkunjung ke Kulon Progo adalah jawabannya.

Meskipun letaknya cukup jauh dari Kota Jogja, namun dalam beberapa tahun terakhir Kulon Progo menjadi salah satu destinasi kuliner yang banyak diburu oleh wisatawan atau bahkan warga asli Kota Pelajar. Dengan kondisi alam yang masih asri, hamparan sawah yang luas dan barisan Pegunungan Menoreh indah menjadi daya tarik kabupaten berjuluk The Jewel Of Java ini.

Nah, bila kamu ingin mencari spot kuliner hidden gems yang ada di Kulon Progo, berikut adalah lima rekomendasi yang bisa kamu kunjungi. Penasaran? Simak sampai selesai ya!

1. Kedai Pempek Cik Ana

5 Spot Kuliner Hidden Gems Kulon Progo di 2023, Harus Coba!Kedai Pempek Cik Ana (Google Maps/Ensu)

Jika kamu ingin kulineran di Kulon Progo tapi dengan menu makanan dan tempat makan yang unik dan antimainstream, maka Waroeng Pempek Cik Ana ini patut kamu coba. Menu utama warung ini jelas adalah aneka olahan pempek semua jenis yang dijual dengan harga cukup terjangkau yakni Rp2.500 hingga Rp10 ribu per bijinya. Namun, jika kamu ingin menu lainnya, kedai ini juga menjual siomay rebus, tekwan dan rujak mi.

Selain bisa menikmati kelezatan pempek dan kuliner lainnya, kamu juga disuguhkan oleh desain kedainya yang bertema vintage yang sangat instagrammable. Suasa klasik semakin terasa ketika semua lagu yang diputar di tempat ini adalah musik medio 2000-an awal. Soal pelayanan tempat ini juga terbilang ramah dan cepat ditambah fasilitas pendukung lainnya juga lengkap dan memadai.

Jam operasional: Senin-Sabtu 09.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Kemiri I, Kalurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Pari Klegung

5 Spot Kuliner Hidden Gems Kulon Progo di 2023, Harus Coba!Pari Klegung (Google Maps/Eko Yuniyanto)

Pari Klegung merupakan tempat wisata kuliner yang mengusung konsep terbuka dengan alam dan budaya pedesaan. Sehingga tempat ini cocok buat kamu yang rindu dengan suasana pedesaan, lingkungan yang asri, dan menu-menu tradisional yang punya rasa yang medok.

Pari Klegung sendiri punya menu andalan berupa mangut ikan asap yang dibanderol Rp35 ribu, sudah termasuk nasi, ikan mangut, aneka oseng, tempe garit, dan kerupuk udang. Namun jika ingin menu tradisional lain harganya berkisar Rp15 hingga Rp35 ribu dan untuk minumannya dijual mulai dari harga Rp10 ribu.

Jam operasional: Rabu-Senin 10.00-19.00 WIB (Selasa tutup)

Alamat: Ngipik Rejo 1, Kanoman Satu, Banjararum, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Mangut dan Sidat Goreng Bu Sriwanto

5 Spot Kuliner Hidden Gems Kulon Progo di 2023, Harus Coba!Mangut dan Sidat Goreng Bu Sriwanto (Google Maps/Ayu)

Salah satu kuliner khas Kulon Progo adalah aneka masakan ikan air tawar dan air lautnya yang melimpah. Dan salah satu warung makan hidden gem yang menjual aneka masakan ikan goreng ataupun mangut adalah Warung Mangut dan Sidat Bu Sriwanto. Meskipun warungnya sangat sederhana, soal kualitas rasa masakannya bisa dibilang bintang lima.

Harga makanan di sini pun cukup terjangkau, untuk nasi plus lauk hanya Rp15 ribu saja. Keunikan lainnya adalah pengunjung diperbolehkan mengintip dan masuk ke dapurnya yang masih sangat tradisional untuk melihat proses pemasakan makanannya.

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB

Alamat: Jl. Nanggulan Mendut, Ngujon, Banjarharjo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Hidden Gem Kedai Pempek Cik Ana Bernuansa Jadul di Kulon Progo 

4. Geblek View Menoreh

5 Spot Kuliner Hidden Gems Kulon Progo di 2023, Harus Coba!Geblek Menoreh View (Google Maps/Aji Susanto)

Jika kamu mengincar tempat makan dengan pemandangan sawah yang luas dan pegunungan yang indah, Geblek Menoreh View wajib kamu kunjungi. Tempat makan berkonsep ala angkringan ini punya menu spesial geblek yang punya rasa gurih dan kenyal. Menu lain di tempat ini secara harga juga cukup terjangkau yakni mulai Rp10 ribuan untuk minumannya dan Rp20 ribu-Rp50 ribu untuk makanannya.

Selain bisa menikmati makanannya, pengunjung juga bisa berkeliling di area persawahan yang luas dengan menyewa sepeda listrik atau ATV dengan harga sewa Rp15 ribu hingga Rp40 ribu per jamnya. Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah pagi dan sore hari agar tidak panas.

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WIB

Alamat: Pronosutan, Kembang, Kec. Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Soto Bathok Wulung

5 Spot Kuliner Hidden Gems Kulon Progo di 2023, Harus Coba!Soto Bathok Wulung (Google Maps/Fitriawan Erich)

Jika biasanya warung soto terletak di pinggir jalan, di ruko atau warung biasa, Warung Soto Bathok Wulung ini punya tempat yang berbeda. Di mana sambil menikmati kesegaran soto, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan persawahan yang memesona dan angin sepoi-sepoi. Ditambah harga soto di tempat ini sangat terjangkau mulai dari Rp8 ribu hingga Rp15 ribu tergantung topping yang dipilih.

Pelayanan di tempat ini juga cukup ramah dan cepat. Selain itu, ada juga fasilitas toilet dan musala yang cukup memadai. Tempat makan indoor-nya juga cukup luas da  nyaman sehingga bila kamu pas siang hari tidak terlalu panas.

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 07.30-20.00 WIB

Alamat: Jl. Mandung Km 0, RW.5, Terbah, Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Itulah beberapa kuliner hidden gem Kulon Progo yang bisa kamu jadikan referensi ketika berlibur di Jogja . Bagaimana tertarik mengajak teman, pacar, atau keluarga ke tempat-tempat tersebut? 

Baca Juga: 7 Mie Ayam Terpopuler di Kulon Progo , Porsi Besar Rasa Nendang

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya