Comscore Tracker

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau 

7 makanan ini bisa membuatmu mules 

Perut kembung, mendadak mules dan mengeluarkan gas yang baunya bisa bikin orang pingsan? Waduh jangan sampai terjadi ya. Kejadian di atas bisa kamu minimalkan, dengan mengetahui makanan apa saja yang kamu konsumsi. 

Kentut yang berbau berbau tidak sedap, salah satunya disebabkan setelah kamu mengonsumsi salah sayu makanan di bawah ini. 

Baca Juga: Ingin Diet, Selain Nasi 8 Makanan Ini akan Mengenyangkanmu 

1. Brokoli

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau pixabay.com/jackmac34

Sulit dipercaya, ternyata brokoli yang kita kira merupakan salah satu makanan sehat, rupanya menjadi makanan penyebab kentut bau. Seperti yang kita ketahui, brokoli kaya antioksidan, vitamin, dan serat.

Namun, brokoli juga tinggi senyawa belerang dan raffinose  atau zat gula. Nah, senyawa belerang dan raffinose  itulah yang dapat menyebabkan kentut berbau busuk. 

2. Produk susu (keju, susu, yoghurt)

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau pixabay.com/Imoflow

Buat kamu yang tidak bisa menerima bakteri laktosa yang ada pada produk sapi, seperti keju, susu, dan yoghurt, kemungkinan hal itulah penyebab kentutmu sangat bau.

Produk susu mengandung sulfur yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut kembung. Ketika kamu tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, dijamin kentutmu akan bau seperti sampah.

3. Daging sapi

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau pixabay.com/Kriemer

Jangan terkecoh dengan kelezatan daging sapi ya. Pasalnya, daging sapi mengandung metionin, sejenis senyawa belerang yang mengandung asam amino.

Kandungan inilah yang menghasilkan gas berbau busuk dari pencernaanmu. Hati-hati yang sering makan all you can eat ya!

4. Bawang

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau pixabay.com/tee2tee

Meskipun sehat, tetapi bawang juga memiliki tingkat kandungan fruktan yang tinggi. Hal ini bisa memicu perut kembung, masalah pada usus besar, dan menghasilkan kentut bau.

Gak cuma itu, konsumsi bawang yang berlebihan juga dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. Pernah merasakan, gak?

Baca Juga: 8 Makanan Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Rasanya Enak 

5. Kol atau kubis

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau verywellfit.com

Siapa nih yang suka makan lalapan, terutama kol goreng? Biasanya kol dihidangkan saat makan pecel ayam.

Sayangnya, kubis masuk dalam kategori makanan penyebab kentut bau, lho. Sebab, kubis mengandung raffinose atau zat gula dan kandungan sulfur yang tinggi.

6. Kembang kol

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau pixabay.com/couleur

Sama seperti brokoli, kembang kol juga termasuk salah satu makanan yang sehat. Kembang kol juga mengandung zat gula atau raffinose yang bisa menjadi makanan bagi bakteri yang ada di usus besar. Gak heran kalau kembang kol jadi penyebab kentut bau tidak sedap.

7. Kacang-kacangan

Kenali Makananmu Jika Tak Ingin Kentutmu Berbau pixabay.com/niekverlaan

Siapa nih yang suka ngemil kacang? Sebaiknya kurang-kurangi, deh, apalagi kalau mau kencan. Kacang-kacangan rupanya bisa menyebabkan kentutmu berbau menyengat. Kacang-kacangan mengandung protein dan serat.

Hal itu menyebabkan masa cerna jadi lebih lama. Artinya kandungan di dalam kacang-kacangan akan tinggal lama dalam saluran percernaan, lalu dibuang sebagai gas kentut yang bau.

Nah, sekarang sudah tahu kan makanan-makanan yang bisa membuat bau kentutmu menyengat? Meskipun makanan di atas sehat, namun hindari dulu tidak mengonsumsinya jika kamu punya jadwal penting dengan klien atau pacarmu. 

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Mengurangi Bau Kentut Tak Sedap, Cobain Deh!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya