Comscore Tracker

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga Gudeg

Harganya juga terjangkau, lho!

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berada di Kota Yogyakarta ini sudah terkenal sebagai tempat yang nyaman dan memiliki beragam makanan lezat. Di sini kamu bisa menikmati sajian menu mulai dari sarapan hingga makan malam dengan cita rasa yang nikmat dan harga yang ramah di kantong.

Jika kamu ingin mencari tempat sarapan enak di sekitar UGM, berikut ini beberapa rekomendasi menu dan tempat makan yang cozy dan murah yang bisa kamu coba! 

1. SGPC Bu Wiryo 1959

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegSGPC Bu Wiryo 1959 (Instagram.com/sgpc1959)

SGPC Bu Wiryo merupakan warung makan yang sudah beroperasi sejak 1959. Tempat makan ini juga menjadi salah satu langganan dari Presiden Joko Widodo saat masih mahasiswa lho!

Di sini kamu bisa menikmati nasi pecel dengan cita rasa bumbu manis gurih khas Yogyakarta. Untuk lauknya sendiri tersedia tahu dan tempe goreng, ayam, aneka sate, serta telur ceplok. Selain nasi pecel, kamu juga bisa memesan menu lain seperti sop yang berisi daging ayam dan sapi, bihun, wortel, dan sayuran. 

Alamat: di Jalan Agro Nomor 10, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: 07.00-19.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp19 ribu

2. Soto Ayam Pak Dalbe

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegSoto Ayam Pak Dalbe (Instagram.com/voilajogja)

Buat kamu yang suka makanan hangat dan berkuah untuk sarapan di pagi hari, Soto Ayam Kampung Pak Dalbe dapat menjadi pilihan yang tepat. Warung makan ini menyajikan hidangan soto ayam kampung dengan rasa manis gurih dengan kuah yang segar yang cocok untuk menghangatkan perut di pagi hari.

Seporsi soto kampung di sini sudah dilengkapi dengan bihun, kubis, tauge, daun seledri, suwiran ayam kampung dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Untuk menambah cita rasa soto agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan sambal, kecap, atau irisan jeruk nipis.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional:

  • Kamis-Selasa buka pukul 05.30-13.00 WIB
  • Rabu buka pukul 05.30-13.30 WIB

Harga: mulai dari Rp10 ribu

3. Bubur Ayam Jakarta Syarifah Samirono

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegBubur ayam Syarifah (Instagram.com/dwiarifwicaksono)

Buat kamu pecinta bubur ayam, di sekitar UGM ada bubur ayam yang terkenal di Yogyakarta bernama bubur ayam Syarifah. Bubur ayam ini sudah memiliki beberapa cabang di seluruh kota.

Bubur ayam Syarifah menggunakan gaya dari bubur ayam khas Jakarta yang memiliki rasa yang cenderung lebih asin dan sedikit gurih. Topping yang digunakan juga sedikit berbeda, yaitu menggunakan potongan cakue dan emping yang akan membuat bubur ayam ini berbeda dan terasa lebih nikmat.

Lokasi: di Jalan Colombo Yogyakarta No 30, Samirono, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman

Jam operasional: buka pukul 06.00-11.00 WIB

Harga: mulai dari Rp8 ribu

Baca Juga: 10 Kuliner di Kotabaru Jogja, dari Kaki Lima sampai Restoran

4. Warung Pojok Mbak Yuni

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegWarung Pojok Mbak Yuni (Instagram.com/jogjabikinlaper)

Kali ini ada warung makan yang menyajikan menu-menu rumahan sebagai menu sarapan yang cocok untuk kamu coba. Di sini terdapat banyak pilihan menu seperti sayur lodeh, oseng-oseng, gorengan, sambal dan lainnya yang memiliki cita rasa khas rumahan yang akan membuatmu betah dan nyaman saat makan disini.

Warung Pojok Mbak Yuni memiliki menu favorit yang banyak di sukai pengunjung yaitu telur dadar crispy yang ukurannya besar dan akan menggugah selera. Menu ini sangat best seller, jadi jangan kaget jika kamu kehabisan.

Alamat: Jl. I Dewa Nyoman Oka No.3, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka Senin-Jumat pukul 06.00-14.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp11 ribu

5. Warung Mbok Semi Pecel Khas Blitar

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegWarung Mbok Semi Pecel Khas Blitar (Instagram.com/infodhaharjogja)

Warung Mbok Semi Pecel khas Blitar ini menyajikan menu pecel Blitar yang bisa kamu coba untuk menu sarapan. Pecel khas Blitar ini disajikan secara lebih sederhana dengan hanya menggunakan beberapa pilihan sayur saja lho. Sayur rebus yang digunakan biasanya berupa daun bayam, pepaya, daun singkong, kenikir, kacang panjang, kemangi, mentimun dan sawi.

Untuk rasanya sendiri, sambal pecel Blitar memiliki rasa yang lebih gurih dan cenderung pedas daripada sambal pecel di Yogyakarta. Pecel khas Blitar ini memiliki aroma daun jeruk segar yang menjadi ciri khas tersendiri untuk sambal pecelnya. Dengan perpaduan rasa manis, asin, dan pedas yang pas ini, kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi putih lho.

Alamat: Utara Teknik UGM Rt 2 Rw 2, Jl. Pogung Kidul No.2, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Senin-Sabtu pukul 07.00-15.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp10 ribu

6. Nasi Uduk Palagan Pusat

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegNasi Uduk Palagan Pusat (Instagram.com/kulineranmamake)

Buat kamu yang terbiasa sarapan dengan nasi, Nasi uduk Palagan Pusat bisa menjadi pilihan yang cocok untuk menjadi tempat sarapanmu saat berada di sekitar UGM. Tempat makan ini memiliki bermacam jenis masakan yang tidak hanya nasi uduk saja, tetapi juga terdapat pilihan nasi goreng dan nasi bakar dengan berbagai jenis lauk, sayuran, dan aneka pilihan sambal. 

Nasi uduk Palagan bisa kamu dijadikan sebagai salah satu pilihan yang tepat untuk tempat makan karena memiliki suasana yang cozy, tempatnya bersih dan pelayanannya juga ramah. Di sini kamu bisa menikmati nasi uduk yang gurih dan pulen dengan berbagai lauk dengan harga yang terjangkau lho. 

Saat ini Nasi uduk Palagan sudah memiliki 4 cabang, selain di Jalan Palagan (pusat), cabang outlet lainnya terdapat di Jalan Kaliurang, Tugu, dan Soragan.

Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.104, Waras, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00-21.00 WIB 

Harga: mulai dari Rp10 ribu

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sei Sapi Terenak di Jogja yang Wajib Kamu Coba!

7. Pecel Pincuk Gumilang

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegPecel Pincuk Gumilang (Instagram.com/pecelgumilang)

Pecel Pincuk Gumilang menjadi salah satu jadi pilihan tempat makan favorit untuk sarapan. Satu porsi Pecel Pincuk Gumilang terdiri dari nasi, taoge, daun pepaya, daun singkong, mentimun dan siraman sambal kacang yang nikmat yang akan menggoyang lidah.

Selain itu kamu juga bisa memilih beragam lauk sesuai dengan selera. Mulai dari empal, ayam, tahu, tempe bacem, telur ceplok, dan masih banyak lauk lainnya. Nasi pecel ini disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Kamu bisa menyantap pecel ini dengan di dampingi rempeyek yang renyah. Pecel Pincuk Gumilang ini memiliki cita rasa yang lezat dan porsinya yang pas untuk sarapan.   

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.31, Ngentak, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Senin-Sabtu buka mulai pukul 06.00-11.30 WIB 

Harga: mulai dari Rp16 ribu

8. Gudeg Bu Hj. Amad

8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga GudegGudeg Mbarek Bu Hj. Amad (Instagram.com/kyirfano)

Jika kamu bosan sarapan dengan menu yang itu-itu aja, kamu bisa mencoba sarapan dengan menu guded di Gudeg Bu Hj. Amad. Gudeg Bu Hj. Amad merupakan warung makan gudeg yang sudah terkenal di Yogyakarta. Berbeda dengan gudeg yang lain, Gudeg Bu Hj. Ahmad memiliki rasa gurih pada sajiannya. Jenis gudeg di sini merupakan gudeg kering yang tahan lama dibanding gudeg basah.

Kamu bisa menikmati satu porsi gudeg dilengkapi dengan disajikan nasi, sambal kering krecek, dan aneka pilihan lauk. Lauk yang disediakan mulai dari telur, ayam goreng, tahu, tempe, ati ampela dan lainnya. Soalnya harga kamu tidak perlu khawatir, karena harganya cukup terjangkau tergantung pilihan lauk yang kamu ambil ya!

Alamat: di Jalan Kaliurang Km 4,5 Blok CT3 Nomor 5, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Jam operasional: buka pukul 05.30-22.00 WIB.

Harga: Mulai Rp11 ribu

Itulah beberapa rekomendasi tempat sarapan di sekitar UGM yang untuk kamu coba dan memiliki harga yang ramah di kantong. Kamu sudah pernah mencoba yang mana?

Baca Juga: 6 Kafe di Dekat Kampus UGM Yogyakarta, Nyaman Buat Nugas

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya