Comscore Tracker

Biar Nggak Makin Gendut, Ini 5 Cara Memilih Es Krim yang Sehat

Yang berlabel cocok untuk diet gak selalu aman

Siapa sih yang enggak suka es krim. Saat ini, es krim menjadi salah satu dessert yang paling banyak penggemarnya, dari balita hingga usia tua. Bentuk dan rasanya sangat beragam. Ada yang biasa-biasa saja, banyak pula yang sudah dikreasi sedemian rupa hingga tampil lebih menggiurkan.

Tapi masalahnya, es krim bisa membuat berat badan naik drastis karena kandungannya. Tenang, kamu tetap bisa memilih es krim yang sehat dan aman untuk diet. Simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Jenis Es Krim di Yogya, yang Bisa Bikin Kamu Meleleh

1. Pilihlah es krim yang memiliki penjelasan dairy-free

Biar Nggak Makin Gendut, Ini 5 Cara Memilih Es Krim yang Sehatunsplash.com/@alexjones

Susu mengandung lemak yang cukup tinggi, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi sepanjang waktu. Kalau kamu ingin yang lebih sehat, cobalah cari es krim tanpa susu. Biasanya, ada es krim yang terbuat dari kelapa, kacang almond, atau susu kedelai. 

Ada pula beberapa produk es krim yang dairy-free dengan beragam rasa. Mereka menyediakan rasa-rasa yang menarik seperti gandum, kedelai, kacang, dan lain-lain. 

2. Perhatikan kandungan kalorinya ya!

Biar Nggak Makin Gendut, Ini 5 Cara Memilih Es Krim yang Sehatunsplash.com/@f_portella

Es krim biasanya memiliki kalori yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan berat badan tanpa kamu sadari. Sebenarnya kalori baik untuk tubuh, tapi kalau terlalu banyak, apalagi kamu gak suka olahraga, maka hanya akan menumpuk lemak.

Carilah es krim dengan kandungan kalori antara 150-250 per sajian. Kalori yang rendah ini sangat baik untuk tubuh, apalagi ketika tanpa sengaja memakan setengah liter es krim. 

3. Lebih baik menggunakan single serve daripada yang memberikan tagline untuk diet

Biar Nggak Makin Gendut, Ini 5 Cara Memilih Es Krim yang Sehatunsplash.com/@jarson

Tak perlu banyak, seporsi es krim atau single scoop es krim sudah cukup buat kamu. Tidak disarankan membeli es krim yang memiliki tagline cocok dikonsumsi orang sedang berdiet. 

Es krim dengan tagline tersebut justru akan mendorongmu makan lebih banyak. Sehingga, kalori yang masuk sama-sama besarnya.

Baca Juga: 7 Resep Es Krim Rendah Kalori Buat Kamu Pecinta Rasa Manis

4. Rasa buah tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik

Biar Nggak Makin Gendut, Ini 5 Cara Memilih Es Krim yang Sehatunsplash.com/@lindsaymoe

Ketika kamu berpikir es krim rasa buah adalah yang paling sehat dan cocok untuk diet, itu tak sepenuhnya benar. Seperti dilansir dari Today, es krim tidak terbuat dari buah murni.

Biasanya terbuat dari concentrated gula yang tinggi, sehingga memicu kita semakin haus. Cobalah selalu mengecek label yang tertera pada kemasan ya. 

5. Jangan terlalu percaya pada brand yang mengaku berbasis vegan

Biar Nggak Makin Gendut, Ini 5 Cara Memilih Es Krim yang Sehatunsplash.com/@brookelark

Mungkin belum banyak yang mengetahui, ternyata, es krim vegan mengandung gula yang jauh lebih tinggi dibandingkan biasanya. Es krim vegan mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi daripada yang pada umumnya, seperti dilansir dari Good House Keeping.

Belilah es krim dengan kandungan 15 gram gula atau kurang, dan lemak jenuh di bawah 6 gram per porsi. 

Nah, sekarang sudah tahu, kan cara memilih es krim dengan benar supaya enggak bikin gendut? Jangan salah lagi ya!

Baca Juga: Es Krim Oreo dari Berbagai Negara Ini Sungguh Menggoda

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya