Comscore Tracker

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-pop

Kira-kira metode diet apa yang paling cocok sama kamu?

Pengin menurunkan berat badan dengan cara diet? Eits, jangan sembarangan untuk meniru aksi diet yang dilakukan orang lain ya, karena belum tentu cocok untuk kamu lakukan.

Soal menurunkan berat badan, ada berbagai jenis diet, mulai dari diet dengan air putih, makanan dan melakukannya dengan olahraga, semuanya memiliki kesulitan dan kelebihannya masing-masing. Nah berikut 10 metode diet terpopuler di dunia, banyak yang jadi rahasia badan langsing para artis K-pop. 

1. Diet vegetarian

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-poptiffany snsd (instagram.com/tiffanyyoungofficial)

Sesuai namanya, diet yang satu ini berkiblat pada cara hidup vegetarian yang memilih untuk gak makan produk yang berbahan hewani. Bahkan yang paling ketat yaitu veganisme, di mana gak hanya menolak konsumsi susu, daging, dan telur, tapi juga enggan mengonsumsi madu, gelatin, dan kafein. 

Penurunan berat badan dengan diet vegan terkait dengan pengurangan asupan kalori. Selain menurunkan berat badan, diet vegan juga baik dalam penurunan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Artis yang diketahui jalani diet vegan adalah Tifanny SNSD. 

2. Diet paleo

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popMegan Fox (instagram.com/meganfox)

Diet paleo mengadopsi cara hidup manusia di zaman Paleolitikum. Pada masa itu, manusia hanya makan hewan hasil buruan, ikan, dan aneka sayuran yang ditemukan secara liar. Dengan begitu, orang yang menganut diet paleo memilih hanya makan makanan yang alami dan organik. Mereka menolak untuk makan produk kalengan dan kemasan. 

Mengutip laman healthline.com, orang yang menjalani diet paleo secara otomatis makan lebih sedikit karbohidrat, tapi lebih banyak protein. Salah satu aktris hollywood yang diketahui menjalani diet paleo adalah Megan Fox. 

Baca Juga: Rumah Sakit Akademik UGM Kembangkan Plate me Diet, Mau Coba?  

3. Diet dukan

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popkate middleton (goodhousekeeping.com)

Diet dukan sebenarnya sudah ada sejak 30 tahun lalu dan diviralkan oleh Pierre Dukan. Diet ini berfokus pada pembatasan konsumsi lemak dan karbohidrat sehingga bisa menurunkan berat badan secara cepat. 

Mereka yang menjalani diet ini harus melewati 3 fase, yaitu fase attack dimana mengonsumsi asupan protein tanpa lemak dan minum air putih 6-8 gelas sehari. Fase kedua yaitu fase cruise di mana mulai boleh menambahkan sayuran yang tidak bertepung dan memambah asupan oat bran 2 sendok makan setiap hari. 

Dan terakhir, adalah fase konsolidasi atau fase mempertahankan berat badan. Di fase ini sudah boleh makan lebih banyak jenis makanan tapi tetap dengan ketentuan minim lemak dan karbohidrat. Kate Middleton adalah salah satu pegiat diet dukan.

4. Diet rendah karbo

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popbae suzy (instagram.com/skuukzky)

Diet rendah karbo adalah salah satu jenis diet terpopuler di dunia dan cara diet yang tergolong aman buat dijalani banyak orang. Tujuan utama dari diet ini adalah menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, alih-alih memakan karbohidrat. 

Cara kerja diet ini adalah dengan mengonsumsi kalori lebih sedikit, banyak mengonsumsi protein, dan membatasi konsumsi lemak. Diet rendah lemak ampuh juga mengurangi lemak jahat di perut. Dan Bae Suzy termasuk artis K-pop yang menjalankan diet rendah karbo. 

5. Diet atkins

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popkim kardashian (instagram.com/kimkardashian)

Diet atkins termasuk dalam diet rendah karbo. Cara kerja diet ini sederhana, yaitu bisa mengonsumsi protein dan lemak sesuai keinginan, asalkan menghindari karbohidrat. Diet ini cukup disukai karena selain menurunkan berat badan, juga bisa mengurangi nafsu makan. 

Mengutip laman healthline.com, diet atkins cukup sukses menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan lemak perut yang berbahaya. Diet atkins menjadi pilihan Kim Kardashian dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan. 

6. Diet HCG

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-poplaura prepon (instagram.com/lauraprepon)

Diet HCG adalah diet yang dilakukan oleh ibu hamil. Saat hamil akan mengonsumsi suplemen HCG yang diklaim bisa menghindarkan dari kelebihan berat badan pasca melahirkan. 

Pengikut diet HCG mengatakan bahwa diet ini bisa menurunkan berat badan antara 1-2 pon (0,45-1 kg) per hari, loh. Salah satu artis yang menjalani diet HCG adalah Laura Prepon. 

Baca Juga: 8 Menu Enak untuk Diet, Ada Nasi Merah dan Gado-Gado

7. Diet ultra-rendah lemak

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popultra low fat diet (everydayhealth.com)

Diet ultra-rendah lemak atau ultra-low-fat diet adalah diet yang membatasi konsumsi lemak. Walau menurut studi diet ini kurang efektif untuk menurunkan berat badan jangka panjang, pendukungnya mengklaim bahwa diet ini bisa menurunkan berat badan sekaligus menghasilkan manfaat kesehatan. 

Pengikut diet ini membatasi hanya 10 persen konsumsi lemak nabati dan hewani. Pendukung diet tersebut mengatakan bahwa diet rendah lemak pada umumnya kurang bisa menurunkan berat badan dan lemak. 

8. Diet mono

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popdasom eks sistar (instagram.com/som0506)

One food diet juga dikenal dengan diet mono adalah diet yang dalam jangka waktu tertentu hanya mengonsumsi satu jenis makanan. Makanan yang paling umum dipilih untuk menjalani diet ini seperti kentang, apel, atau telur. 

Agar tidak bosan biasanya pengikut diet ini akan mengolah dengan beragam cara. Misalnya dengan menjadikan sup, salad, dan lainnya. Dasom eks Sistar diketahui sebagai pengikut one food diet dengan mengonsumsi timun dalam beberapa waktu tertentu. 

9. Intermittent fasting

9 Jenis Diet Populer di Dunia, Banyak Dipakai Artis K-popnayun momoland (instagram.com/nayun_nannie)

Intermittent fasting atau puasa intermiten merupakan metode diet dengan cara berpuasa. Penganut jenis diet ini tidak memiliki pantangan makanan, melainkan mengontrol kapan harus makan. Alih-alih diet, banyak yang menyebut hal ini sebagai pengaturan pola makan.

Ada beberapa metode puasa dalam diet ini, misalnya metode 16/8 yang melewatkan sarapan, membatasi periode makan harian hingga delapan jam, kemudian berpuasa selama 16 jam tersisa dalam sehari. Ada juga metode makan-berhenti-makan dengan cara puasa 24 jam sekali atau dua kali seminggu pada hari-hari yang tidak berurutan. 

Banyak artis K-pop yang menggunakan diet satu ini untuk mengurangi berat badan mereka. Seperti Nayun Momoland, Jihyo Twice, dan Bae Suzy. 

Setiap jenis diet populer di atas memang tampak mudah dilakukan, tapi sejatinya gak semua orang bisa melakukannya. Lagi-lagi ini karena tubuh setiap orang berbeda, jenis diet yang cocok untuk orang lain mungkin kurang sesuai untukmu. Jadi, sebelum melakukan diet, yuk, cari tahu batasan dan kemampuan tubuhmu sendiri lebih dulu!

Baca Juga: 5 Resep Wedang Jahe, Mujarab untuk Obat Batuk dan Hangatkan Badan

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya