Comscore Tracker

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah Malam

Tetap bikin kenyang tanpa khawatir gendut!

Hayo, siapa yang sering merasa kelaparan di tengah malam sampai susah tidur? Walaupun sadar bahwa makan tengah malam itu gak sehat buat tubuh, tapi kita sering abai dan tetap melakukannya agar bisa terlelap.

Biasanya untuk mengatasi rasa lapar, membuat mi atau jajan nasi goreng depan rumah sering dilakukan. Padahal ada lho makanan lain yang lebih aman dinikmati sebelum tidur daripada makanan instan. Penasaran ada makanan apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kacang kenari

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah MalamIlustrasi kacang kenari (pexels.com/@andreea-ch)

Dilansir laman huffpost.com, perut yang keroncongan saat malam adalah tanda bahwa tubuh menginginkan lebih banyak kalori dan nutrisi. Makanya, sangat disarankan untuk mendapat kudapan atau makanan yang tinggi nutrisi.

Salah satu pilihan yang paling tepat adalah kacang kenari, nutrisi dalam kacang kenari sangat berlimpah. Selain itu terkandung kalsium, magnesium dan vitamin B. Kelebihan lain mengonsumsi kacang ini menurut penelitian, dapat mencegah diabetes tipe 2.

2. Buah Pisang

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah MalamIlustrasi pisang (Asweetpeachef.com)

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemukan, baik di warung sampai supermarket. Selain itu, rasa pisang juga enak dan bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak. Ini karena dalam pisang mengandung potasium yang merupakan pelemas otot alami.

Selain itu, pisang juga memiliki triptofan yang rendah sehingga bisa meningkatkan suasana hati. Meski gula dalam pisang lumayan banyak, tapi ini adalah jenis gula alami.

Baca Juga: Gudeg Mbok Lindu, Tak Lekang Digempur Zaman

Baca Juga: Mengapa Sarapan Penting bagi Tubuh? Ini Penjelasan Pakar UGM

3. Greek Yogurt

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah MalamIlustrasi yogurt (freepik.com/Racool_studio)

Punya kebiasaan lapar tengah malam? Kamu wajib menyimpan greek yogurt di kulkas. Dikutip dari laman foodnetwork.com, greek yogurt memberikan rasa manis yang aman karena tanpa tambahan lemak.

Selain itu, yogurt yang kaya probiotik dapat memberikan kepuasan makan sekaligus terkandung asam amino triptofan yang baik untuk tubuh.

4. Buah Kiwi

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah MalamIlustrasi buah kiwi (cikijing.com)

Terkenal sebagai buah yang asam, siapa sangka kiwi bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Dilansir laman sleepfoundation.org, seseorang yang makan dua buah kiwi sebelum tidur, akan memiliki kualitas tidur yang lebih mudah dan berkualitas.

Meski belum ada penelitian, dipercaya hal ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang ada dalam kiwi. Selain itu, buah ini memiliki banyak vitamin, terutama vitamin C dan E.

5. Susu hangat

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah Malampinterest

Mungkin kamu sering melihat adegan drama atau film minum susu hangat sebelum tidur. Ini bukan sekadar aesthetic sceene, lho, tapi minum susu hangat sebelum tidur bisa menciptakan siklus tidur yang lebih baik. Hal ini Ini disebabkan adanya kandungan triptofan dan melatonin yang terkandung dalam susu.

Mengutip laman healthline.com, triptofan adalah asam amino yang biasanya ditemukan dalam makanan atau minuman yang mengandung protein. Selain itu, susu juga mengandung serotonin yang bisa meningkatkan mood sebelum tidur dan berfungsi sebagai prekursor dalam produksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah hormon tidur sehingga bisa mempersiapkan ritme tidur yang lebih cepat.

6. Sup ayam hangat

6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah MalamIlustrasi sup ayam (fimela.com)

Sup ayam adalah comfort food di segala kondisi. Gak hanya cocok dinikmati saat sakit, tapi juga sebelum tidur. Pasalnya, makanan hangat bisa membantu menurunkan sistem saraf sehingga bisa lebih rileks. Selain itu, menurut laman eatthis.com, sup ayam akan memberikan rasa aman pada seluruh tubuh karena mudah dicerna dan tanpa efek samping gangguan pencernaan.

Jika kamu menikmati semangkuk sup ayam sebelum tidur, pastikan untuk memilih yang rendah sodium, sebab terlalu banyak garam bisa membuat kamu justru menjadi insomnia atau gak bisa tidur.

Sekarang gak bingung lagi kan memilih makanan apa yang cocok dinikmati sebelum tidur? Namun ingat, tetap jaga porsi dan jangan lupa rajin olahraga, ya. Selamat tidur lebih nyenyak tanpa lapar!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya