Comscore Tracker

5 Manfaat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Goreng

Harganya tak jauh berbeda, lebih sehat pula!

Minyak goreng kelapa sawit tengah mengalami kelangkaan. Karenanya, banyak yang beralih kepada minyak jenis lain, minyak kelapa misalnya. Pun sebelum minyak kelapa sawit langka, manfaat minyak kelapa atau coconut oil sudah banyak diketahui. Terlebih harganya yang masih relatif murah dan bisa dibeli di swalayan terdekat, membuat minyak kelapa kian jadi primadona.

Walau begitu, ada manfaat tersembunyi minyak kelapa lainnya yang belum diketahui orang banyak, lho. Seperti lima kebaikan minyak kelapa berikut, sayang sekali kalau sampai dilewatkan. Ada apa saja ya?

Baca Juga: 5 Alternatif Pengganti Minyak Goreng, Lebih Sehat dan Enak

1. Sumber MCT yang mudah didapat

5 Manfaat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Gorengilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/@izgubljenausvemiru)

Minyak kelapa adalah sumber MCT. MCT adalah trigliserida rantai menengah atau asam lemak tak jenuh yang perannya sangat penting bagi tubuh. Mengutip laman Healthline, jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung MCT, MCT langsung menuju ke hati. Dari sana, MCT akan menjadi pasokan energi yang cara kerjanya tak jauh berbeda dengan karbohidrat.

Karenanya, atlet banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung MCT sehari-hari. MCT selain mudah diserap oleh tubuh, juga bisa dengan cepat menjadi sumber tenaga.

2. Memiliki sifat antijamur

5 Manfaat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Gorengilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/@riolec)

Minyak kelapa juga memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Ini karena adanya kandungan asam laurat dalam MCT. Penelitian menyebutkan bahwa keberadaan asam laurat tersebut yang menimbulkan sifat antimikroba dan antijamur.

Karena adanya sifat-sifat tersebut, minyak kelapa menjadi lebih mungkin menghalau mikroorganisme penyebab penyakit. Sebut saja seperti E. Coli, Streptococcus mutans, dan lain sebagainya.

3. Dapat mengurangi rasa lapar

5 Manfaat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Gorengilustrasi kelapa (unsplash.com/@gilleslambert)

Kelebihan minyak kelapa sebagai alternatif minyak goreng ternyata cukup tak terduga. Salah satunya adalah dapat mengurangi rasa lapar, cocok sekali ‘kan untuk kamu yang sedang diet sehat? Ini karena saat kamu mengonsumsi zat MCT terjadi proses pemecahan sehingga menghasilkan molekul yang disebut keton.

Keton membawa pesan langsung kepada otak untuk mengurangi rasa lapar. Cara kerjanya sama dengan bagaimana orang-orang menjalankan diet keto yang jarang mengonsumsi karbohidrat, tapi tetap makan makanan mengandung lemak.

4. Mengurangi kolesterol jahat

5 Manfaat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Gorengilustrasi minyak kelapa (pexels.com/@dana-tentis-118658)

Dilansir laman Medical News Today, ada dua jenis kolesterol yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Dalam minyak kelapa terkandung MCT dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

HDL diperkirakan dapat membantu mengurangi kadar LDL. Pun jika kadar HDL tinggi, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

5. Mengontrol gula darah

5 Manfaat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Gorengilustrasi kelapa (pexels.com/@idinarisk)

Untuk pemilik penyakit diabetes, tentu pantangan makan dan pola makan harus benar-benar dijaga, supaya gula darah tidak mudah naik. Banyak yang menyarankan bagi penderita diabetes untuk mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak kelapa untuk memasak.

Hal ini karena adanya kandungan MCT pada minyak kelapa yang menjaga sensitivitas insulin. Sayangnya, penelitian ini baru dilakukan pada babi obesitas, bukan pada manusia.

Terlepas dari kelebihan minyak kelapa yang tertera di atas, kelangkaan minyak goreng kelapa sawit bukan berarti jadi sulit untuk memasak sendiri. Masih ada banyak alternatif lain yang bisa kamu coba dengan harga yang beragam dan tak kalah bermanfaat.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya