Comscore Tracker

5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!

Mau nabung kok sulit? Mungkin hal ini terbiasa kamu lakukan

Menabung adalah cara untuk menyiapkan berbagai rencana masa depan. Tapi pada kenyataannya, menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk ditabung ternyata gak semudah teorinya. Ada banyak godaan sebelum kamu memutuskan memasukkan uangmu ke rekening tabungan.

Tentunya, kamu perlu melakukan beberapa perubahan agar bisa menabung secara rutin. Nah, berikut ini beberapa prinsip yang harus kamu tinggalkan karena membuatmu sulit menabung!

1. Gak memiliki tujuan menabung yang jelas

5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!unsplash.com/Tierra Mallorca

Kesalahan paling sering dilakukan ketika ingin memulai untuk menabung adalah tidak memiliki tujuan yang jelas. Sebuah tujuan memberikan pengaruh kuat terhadap kemauan diri untuk menabung. Jika tidak memiliki tujuan jelas, terkadang kamu pasti cenderung menyepelekan tabunganmu.

Dengan adanya hal tersebut, alhasil tabungan yang kamu mulai sejak awal hanya akan berakhir sia-sia. Untuk mengurangi godaan yang cukup berat di kala sedang menabung, cobalah untuk membuat tujuan dengan jelas.

2. Berusaha menabung terlalu banyak melebihi kemampuan

5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!ilustrasi. IDN Times/Ita Malau

Terkadang, kita berusaha menabung lebih banyak agar tujuan bisa tercapai lebih cepat. Ini gak salah, sih, asalkan kebutuhan dasar kita sudah terpenuhi. Tentunya kamu akan sulit menabung ketika masih ada tagihan yang belum dibayar atau berbagai kebutuhan bulanan yang belum terpenuhi.

Jika memberikan semua uang untuk ditabungkan, kamu pasti akan cenderung memikirkan tabunganmu itu. Hal tersebut dapat menyebabkan niatan untuk menabung menjadi gagal karena banyak dorongan yang datang agar kamu bisa mengambil uang tabungan.

Baca Juga: Tak Hanya Hindari Corona, Work From Home Bermanfaat Atur Keuanganmu  

3. Mudah tergoda tren

5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!pexels.com/freestock.org

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan tren gaya hidup akhir-akhir ini sangatlah cepat. Hal tersebut membuat setiap orang terdorong untuk bisa mengikuti tren dengan tujuan agar diri merasa puas. Namun hal tersebut wajib dihindari jika kamu memiliki niat untuk menabung.

Jika mudah terbawa arus perihal tren, kamu pasti akan gampang menghabiskan uang penghasilan hanya untuk menuruti keinginan. Semua rencana indah terkait tabungan masa depanmu pun hanya berakhir sia-sia. Cobalah untuk lebih menahan diri demi kebahagiaan suatu saat nanti.

4. Terlalu mementingkan kebahagiaan orang lain

5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!pexels.com/vjpratama

Maksud dari selalu mementingkan kebahagiaan orang lain adalah ketika punya kekasih, kamu cenderung menuruti semua keinginannya hanya untuk membuatnya bahagia. Hal tersebut pasti sangat merugikan dirimu dalam segi finansial.

Oleh karena itu jika telah memiliki kekasih, cobalah untuk berterus terang kepadanya bahwa kamu sedang menabung demi masa depan. Dengan melakukan hal itu, percayalah bahwa dia pasti akan memberi pengertian kepada dirimu. Tetaplah fokus pada tujuan awal dalam menabung dan jangan goyah.

5. Tidak pernah rutin dalam menabung  

5 Kesalahan Ini Bikin Kamu Sulit Menabung, Jangan Dibiasakan!pexels.com/marcus aurelius

Syarat utama seseorang dapat sukses dalam menabung adalah ketika dia berhasil konsisten menyetor uang secara rutin. Hal tersebut akan membuat kamu terbiasa menahan semua godaan yang datang secara berkala.

Percayalah bahwa hal tersebut juga akan membantumu untuk mudah meraih goals yang kamu miliki. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk menjadwalkan secara rinci terkait kapan tepatnya kamu bisa setoran secara rutin.

Itulah beberapa kesalahan yang membuat kamu sulit menabung. Kalau kamu sering melakukan salah satu kesalahan di atas, ini berarti saatnya mengubah kebiasaan.

Baca Juga: Walau Gaji Pas-pasan, Ini 5 Tips Mengatur Uang Biar Tetap Bisa Nabung

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Hamas Nurhan di IDN Times Community dengan judul Kamu akan Susah Menabung jika Masih Mempertahankan 5 Prinsip Ini 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya