Comscore Tracker

5 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun di Kala Pandemik

Gak semua orang mendapatkannya, jadi gunakan dengan bijak

Salah satu hal yang paling ditunggu para pekerja di penghujung tahun adalah cairnya bonus akhir tahun. Namun, pandemik COVID-19 memukul perekonomian di semua sektor usaha. Jangankan memberi bonus, banyak pengusaha yang kesulitan membayar gaji karyawannya karena anjloknya pemasukan.

Oleh karena itu, cara kita mengelola keuangan harus berubah menjadi lebih baik. Nah, kalau kamu termasuk orang yang beruntung karena mendapatkan bonus akhir tahun, begini cara bijak untuk memanfaatkannya!

1. Berbagilah rezeki dengan mereka yang membutuhkan

5 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun di Kala Pandemikpexels.com/Porapak Apichodilok

Selama pandemik, banyak perusahaan yang mengalami kerugian bahkan kolaps. Ribuan orang dirumahkan bahkan gak sedikit juga yang di-PHK. Jangankan mendapat bonus, masih bisa bekerja saja sudah sangat bersyukur. 

Saat kamu mendapat bonus akhir tahun, jangan lupa berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan. Misalnya security kompleks rumah, abang-abang pengamen atau siapa saja yang membutuhkan. Meski sedikit, pemberianmu sangat berarti, karena siapa yang tahu saat kamu memberi, bisa membantu mengenyangkan perut seseorang. 

2. Belilah barang yang kamu butuhkan saja

5 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun di Kala Pandemikpexels.com/Karolina Grabowska

Bonus akhir tahun tak lantas membuat kita perlu foya-foya. Setidaknya tidak untuk saat ini. Kita gak tahu sampai kapan pandemik ini berlangsung dan kita juga gak tahu sampai kapan keuanganmu tetap aman. 

Untuk sekarang, kita harus bijaksana dalam mengelola keuangan. Gunakan uang bonus untuk membeli barang yang betul-betul dibutuhkan. Hal yang sifatnya tersier bisa kamu tahan dulu deh. Ingat, prioritaskan apa yang diperlukan, ya. 

Baca Juga: Cicilan KPR Macet Saat Pandemik, Ini Solusinya!

3. Manfaatkan untuk melunasi tagihan

5 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun di Kala Pandemikpexels.com/Karolina Grabowska

Pakai bonus untuk kebutuhan yang sifatnya urgent seperti melunasi pinjaman, membayar kredit atau cicilan. Melunasi tagihan di awal akan memberi kamu kelegaan karena gak dihantui lagi perkara pinjam meminjam.

Setelah semuanya lunas, akan lebih baik untuk mengubah gaya hidup supaya gak boros. Berjaga-jaga sekarang tentu lebih baik untuk mengantisipasi kejadian di masa mendatang.

4. Alokasikan uang bonus sebagai dana simpanan darurat di masa depan 

5 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun di Kala Pandemikpexels.com/Startup Stock Photos

Karena bonus hanya didapatkan sekali dalam setahun, simpan uangnya baik-baik dengan perencanaan yang matang. Kalau bisa diputar sebagai investasi maka lebih baik, tapi jika hanya ingin menyimpannya di bank gak masalah kok. 

Pokoknya jangan kebablasan menghabiskan bonus dengan sia-sia. Sisihkan sebagai dana simpanan darurat masa depan. Bertahan di tengah kesulitan seperti sekarang gak mudah. Sudah dapatnya sekali dalam setahun, masa habisnya hanya sehari.

5. Selalu bersuyukur untuk setiap rezeki dan nikmat yang kamu dapatkan 

5 Cara Bijak Memanfaatkan Bonus Akhir Tahun di Kala Pandemikpexels.com/Blu Byrd

Tahun ini berbeda dari sebelumnya. Mungkin di antara kamu ada yang gak bisa mudik karena dilarang. Atau ada yang gajinya rela di potong supaya perusahaan gak mengalami kerugian besar. 

Besar atau kecil gaji yang kamu dapat, tetaplah bersyukur. COVID-19 gak cuma memaksa kita untuk waspada, tapi juga berubah secara keseluruhan mulai dari gaya hidup dan mengatur pola keuangan. Jadi, seberapa besar pendapatan yang kamu dapat, jangan berkecil hati dan ingat untuk selalu bersyukur ya. 

Itulah cara bijak memanfaatkan bonus akhir tahun. Berapapun yang didapat, tentu harus kita syukuri. Berhemat adalah salah satu bentuk rasa syukur itu.

Baca Juga: Bikin Hati Tenang, 6 Tips Menabung Dana Darurat Agar Cepat Terkumpul

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Cappucinotea * di IDN Times Community dengan judul 5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-sia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya