Comscore Tracker

Saat Ramadan 5 Hal Ini Bisa Bikin Keuanganmu Tak Sehat, Hati-hati! 

Harusnya puasa itu bisa menahan segala macam godaan 

Jakarta, IDN Times - Menjalani puasa artinya kita harus mampu membatasi diri dari segala macam godaan. Baik dari makanan, minuman, dan lainnya. Tapi nyatanya saat bulan Ramadan, pengeluaranmu semakin membengkak.

Kebutuhan untuk membelanjakan uang justru semakin besar. Apalagi dengan banyaknya potongan harga, paket murah makanan atau lainnya. Bukannya belajar ngirit, tapi justru makin boros. Berikut 5 hal yang harus kamu antisipasi saat bulan puasa, agar keuanganmu tetap sehat

Baca Juga: Bulan Puasa Bikin Makin Boros? Ini 5 Tips Hemat Ala Anak Kost! 

1. Keseringan cek barang di e-commerce bisa bikin kepincut

Saat Ramadan 5 Hal Ini Bisa Bikin Keuanganmu Tak Sehat, Hati-hati! Ilustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak bisa dipungkiri sih kalau sekarang mau beli apa-apa tinggal buka e-commerce. Belanja emang bisa jadi salah satu pemuas diri dan pengusir kebosanan.

Tinggal ketik barang yang kamu cari atau sekadar scroll barang di e-commerce, lalu tiba-tiba kamu beli barang itu, padahal kamu gak butuh-butuh amat. Waspada kebiasaan yang bikin kamu kere ini ya.

2. Beli paket data yang jumlahnya makin besar

Saat Ramadan 5 Hal Ini Bisa Bikin Keuanganmu Tak Sehat, Hati-hati! frugal-millennial.com

Beli paket data berlebihan ini perlu kamu hindari ya. Memang sih, saat bulan Ramadan kita kerap mencari kesibukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya nonton YouTube, main game, atau scroll linimasa di media sosial. Kegiatan itu otomatis akan banyak menguras kuotamu.

Coba deh perhatikan berapa data internet yang kamu gunakan per hari, per minggu dan per bulannya. Kamu juga bisa cek aplikasi mana yang paling menyedot kuota paket data kamu.

3. Banyak menghadiri undangan berbuka puasa bersama

Saat Ramadan 5 Hal Ini Bisa Bikin Keuanganmu Tak Sehat, Hati-hati! Instagram.com/burza.yogya

Meski pandemik COVID-19 belum usai, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mengadakan buka puasa bersama dengan kapasitas 50 persen. Undangan berbuka puasa pun berdatangan, padahal baru beberapa hari puasa.

Undangan ini tentu harus bisa kamu minimalisir. Bayangkan bila kamu menghadiri 10 undangan buka puasa bersama dengan rata-rata uang yang dikeluarkan sebesar Rp50 ribu per kehadiran. Itu artinya, kamu akan menghabiskan uang minimal Rp500 ribu.

Meski setahun sekali, namun acara buka puasa bersama juga harus bijak disikapi ya...

4. Lapar mata jelang buka puasa

Saat Ramadan 5 Hal Ini Bisa Bikin Keuanganmu Tak Sehat, Hati-hati! Pedagang takjil Ramadhan di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Jam-jam jelang buka puasa emang rawan banget. Di waktu tersebut, kamu jadi mudah lapar mata saat hendak mencari menu berbuka puasa, baik di lingkunganmu maupun melalui aplikasi online.

Bahkan tanpa sadar kamu seringkali membeli banyak makanan. Saat berbuka, tau-tau kamu langsung kenyang saat menyantap menu pertama. Patut diingat, saat berbuka puasa, tubuh kamu tidak akan bisa langsung menampung banyak makanan.

Jadi, bijak-bijak ya saat membeli menu berbuka puasa.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

5. Tidak terkontrol dalam menggunakan THR

Saat Ramadan 5 Hal Ini Bisa Bikin Keuanganmu Tak Sehat, Hati-hati! Pixabay

Pemerintah sudah mewajibkan pengusaha untuk membayar THR penuh dan tepat waktu. Setelah setahun kamu tidak membelanjakan uang, kamu mungkin berpikir untuk menghabiskan THR kamu untuk membeli baju baru, sepatu baru dan benda lainnya.

Alih-alih kamu menghabiskan semua THR kamu, coba deh simpan dan tabung uang kamu untuk jaga-jaga setelah bulan puasa, mungkin saja ada yang lebih penting kan.

Nah, tak ada salahnya untuk mencoba menahan diri. Buktikan kamu bisa! 

Baca Juga: Menaker: Pengusaha Wajib Bayar Penuh THR dan Tepat Waktu

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya