Comscore Tracker

Tak Ingin Stress Ini Cara Menghemat Biaya Pernikahan 

Pakai saja undangan online

Jakarta, IDN Times -Setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan ingin menggelar resepsi yang tak akan terlupakan seumur hidupnya. Tak jarang kondisi itu membuat banyak pasangan yang pusing, karena terbentur masalah keuangan.

Padahal, tidak selamanya resepsi pernikahan harus menguras kantong. Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya resepsi pernikahan. Mau tahu caranya? Yuk simak artikel di bawah ini! 

1. Menggunakan undangan online

Tak Ingin Stress Ini Cara Menghemat Biaya Pernikahan Pexels/Danu Hidayatur Rahman

Saat ini teknologi sudah maju, dan bisa digunakan untuk pesta pernikahan. Tak perlu repot-repot mengeluarkan ongkos untuk mengantar undangan, kamu bisa menggunakan undangan online jika ingin mengundang kerabat dekat kamu.

Hanya, jika yang diundang merupakan teman orang tua kamu, sebaiknya tetap mencetak undangan agar lebih menghormati orang yang lebih tua.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan bagi Pasangan Long Distance Marriage

2. Minimalisasi biaya suvenir

Tak Ingin Stress Ini Cara Menghemat Biaya Pernikahan Instagram.com/earlamy.id

Suvenir identik dengan resepsi pernikahan. Namun, jika budget kamu terbatas, kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk memberikan suvenir yang mahal. Caranya, kamu bisa meminta bantuan teman-teman kamu yang kreatif untuk membuat suvenir. Sebagai contohnya membuat suvenir dari kerajinan tangan, kamu bisa membuat pernak-pernik.

Pasti teman-teman kamu bersedia untuk membantu kamu.

3. Sewa baju pernikahan

Tak Ingin Stress Ini Cara Menghemat Biaya Pernikahan Ilustrasi menikah (IDN Times/Arief Rahmat)

Baju pernikahan menjadi unsur yang penting dalam pernikahan. Terkadang biaya pembuatan baju pernikahan ini menyedot dana yang tidak sedikit.Untuk meminimalisasi pengeluaran kamu dengan cara menyewa baju pernikahan, bukan membeli. Ini bisa jauh lebih hemat, karena kamu tidak perlu membeli bahannya dan mengeluarkan budget untuk membayar penjahit gaun atau jas pengantin kamu.

Baca Juga: 5 Tempat yang Cocok untuk Menaruh Dekorasi Bunga di Acara Pernikahan

4. Minimalisasi biaya seragam keluarga

Tak Ingin Stress Ini Cara Menghemat Biaya Pernikahan Ilustrasi pernikahan (IDN Times/Dokumen)

Seringkali dalam sebuah resepsi, keluarga pengantin maupun petugasnya memakai seragam agar terlihat lebih kompak. Namun, jika kamu harus mengeluarkan biaya untuk seragam keluarga, ini akan menambah pengeluaran kamu. Apalagi jika kamu memiliki anggota keluarga yang banyak.

Namun, jangan khawatir, kamu bisa kok tetap terlihat kompak, dengan cara meminta setiap anggota keluarga kamu memakai baju milik sendiri dengan warna yang disesuaikan bersama seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikah

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya