Comscore Tracker

Istri Mitra Gojek di Yogyakarta Ikuti Pelatihan Usaha Kuliner

Plus diberi modal Rp500 ribu dan pendampingan

Yogyakarta, IDN Times - Untuk meningkatkan pendapatan keluarga Mitra Gojek di Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Gojek mengadakan pelatihan Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya.

Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng DIY, Arum K Prasodjo menjelaskan, kegiatan pelatihan memasak dan kewirausahaan tahap pertama diadakan di Semarang pada tanggal 18 Januari 2020, disusul di Yogyakarta pada tanggal 18 dan 27 Februari 2020 dan direncanakan akan digelar di beberapa kota lain di Jawa Tengah.

Baca Juga: Berdayakan Pelaku Usaha Kuliner di Yogyakarta, Gojek Kenalkan KOMPAG

1. Mendapat pendampingan selama 3 bulan pasca pelatihan

Istri Mitra Gojek di Yogyakarta Ikuti Pelatihan Usaha KulinerDok. Gojek

Arum menjelaskan, untuk di Yogyakarta, Gojek memberikan modal awal sebesar Rp500.000 per istri mitra untuk pengembangan usaha kuliner.  Menurutnya, untuk peserta sendiri terdiri dari 50 istri mitra pertama yang mendaftarkan menjadi mitra merchant GoFood.

"Gojek juga akan melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha," terangnya pada Selasa (18/2).

2. Istri mitra Gojek bisa bergabung menjadi mitra merchant

Istri Mitra Gojek di Yogyakarta Ikuti Pelatihan Usaha KulinerDok. Gojek

Arum menerangkan, dalam program ini, Gojek mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Swadaya, fitur dalam ekosistem Gojek, dan menghadirkan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. Dengan dibekali keahlian memasak, para istri mitra Gojek ini kemudian dapat bergabung menjadi mitra merchant GoFood agar mereka dapat mengembangkan bisnis dan keahliannya lebih jauh.

Dia berharap, program ini dapat membantu para istri mitra mengembangkan skala bisnis kulinernya dengan mengikutsertakan usaha kuliner mereka dalam ekosistem GoFood.

“Terjadi tren positif dari para partner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dengan GoFood secara nasional termasuk di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Mereka telah memanfaatkan aplikasi pengelolaan merchant GoFood atau GoBiz sehingga rata-rata mengalami peningkatan omzet 3.5 kali lipat sejak mereka bergabung dan memanfaatkan teknologi ini,” jelasnya.

3. Pelatihan bahasa Inggris bagi anak mitra

Istri Mitra Gojek di Yogyakarta Ikuti Pelatihan Usaha KulinerDok: istimewa

Selain program pelatihan kewirausahaan, Gojek juga memberikan akses kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak mitra GoRide dan GoCar bernama Belajar Bareng Gojek Swadaya. Program ini menggandeng Lembaga Bahasa Inggris ELTI Gramedia, yang kemudian juga membuatkan modul pembelajaran yang dinamakan GoEnglish.

“Saat ini 300 anak Mitra Gojek di Semarang , Solo dan Yogyakarta telah berpartisipasi dalam kegiatan kursus Bahasa Inggris. Antusiasme para peserta program ini luar biasa. Saat ini kami sedang mengembangkan program pembelajaran untuk bidang studi lainnya yang diperlukan oleh para anak Mitra Gojek,” kata Arum.

Baca Juga: Istri Driver Gojek Diajak Gabung GoFood, Bisa Dapat Modal Rp500 Ribu

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya