Comscore Tracker

Berdayakan Pelaku Usaha Kuliner di Yogyakarta, Gojek Kenalkan KOMPAG

Wadah pelatihan dan networking bagi UMKM kuliner

Yogyakarta, IDN Times - Untuk mendorong kemajuan bisnis para pelaku usaha kuliner, Gojek mengadakan temu komunitas sekaligus memperkenalkan sebuah platform edukasi dan networking terintegrasi yang diberi nama Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) di Yogyakarta, Kamis (13/2).

Platform ini bertujuan untuk memberi pelatihan pengembangan bisnis, informasi tren kuliner terbaru, serta wadah interaksi, kolaborasi, dan berbagi inspirasi sesama pelaku usaha kuliner yang sebagian besar adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga: GOJEK Menyumbang Perekonomian Yogyakarta Hingga Rp2,5 Triliun

1. Menjadi wadah pelatihan dan networking

Berdayakan Pelaku Usaha Kuliner di Yogyakarta, Gojek Kenalkan KOMPAGIDN Times/Paulus Risang

Merchant Marketing Engagement Manager Gojek, Sarah Lucia mengatakan KOMPAG diinisiasi agar pelaku usaha kuliner yang menjadi mitra, memperoleh program dan pelatihan yang sesuai untuk memajukan bisnis mereka.

"Mitra merchant juga dapat melakukan networking, sehingga memperluas jaringan relasinya dan saling mendukung dalam menciptakan kerja sama maupun inovasi kuliner," terangnya.

Berdasarkan data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), mitra UMKM GoFood menyumbang kontribusi mencapai Rp18 triliun terhadap perekonomian Indonesia. 

"Hal ini mendorong kami untuk terus berinovasi menghadirkan ragam solusi serta menjadi partner bisnis terbaik bagi mitra merchant kami," lanjut Sarah.

2. Yogyakarta menjadi salah satu daerah dengan pertumbuhan mitra tertinggi

Berdayakan Pelaku Usaha Kuliner di Yogyakarta, Gojek Kenalkan KOMPAGIDN Times/Paulus Risang

Head Regional Corporate Affairs Gojek, Arum Prasodjo mengungkapkan Yogyakarta menjadi daerah dengan pertumbuhan jumlah mitra GoFood tertinggi keempat se-Indonesia. Hingga akhir tahun 2019, tercatat pertumbuhan mitra GoFood di Yogyakarta mencapai 121 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Karena itu hadirnya  Temu KOMPAG di Yogyakarta dapat membantu mitra untuk saling bertukar informasi, hingga membuka kesempatan berkolaborasi untuk mempromosikan produk kuliner ke lebih banyak pelanggan,” kata Arum.

3. Pemilik Pempek Ny Kamto turut berbagi pengalaman

Berdayakan Pelaku Usaha Kuliner di Yogyakarta, Gojek Kenalkan KOMPAGIDN Times/Paulus Risang

Dalam acara Temu KOMPAG yang dihadiri seratusan mitra GoFood dari berbagai daerah di Yogyakarta, para mitra tak hanya memperoleh tips memanfaatkan promo dan mengoptimalkan penjualan melalui GoFood. Mereka juga mendengar langsung pengalaman dari pelaku usaha kuliner yang terbilang sukses, di antaranya Patrick Kurnia pemilik Couvee dan Wiliana, salah satu pemilik Pempek Ny Kamto.

Menurut Wiliana, enggan untuk berubah menjadi salah satu sifat manusia. Namun pelaku usaha harus akrab dengan teknologi. Pempek Ny Kamto sendiri baru serius memanfaatkan platform GoFood sebagai digital marketing pada 2018, dan Wiliana mengakui omzetnya meningkat. 

“Saya mengapresiasi GoFood yang terus berupaya membantu kami para pelaku bisnis kuliner untuk bertumbuh dan mengembangkan usaha kami, dan sangat senang dengan dibuatnya wadah seperti KOMPAG ini. Materi yang disampaikan sejauh ini bermanfaat, materi tentang bagaimana meningkatkan loyalitas pelanggan,” tutur Wiliana.

Baca Juga: S3 Marketing, Warung Minuman di GoFood Ini Bikin Deskripsi yang Kocak!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya