Comscore Tracker

Belanja di Pasar Yogyakarta Dapat Cashback, Gimana Caranya?

Dapat cashback kalau belanja di pasar tradisional, mau?

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah kota melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Gojek meluncurkan program Garebeg Pasar di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (26/10/2020).

Dalam program ini, konsumen dapat memperoleh cashback jika berbelanja di sejumlah pasar tradisional di Yogyakarta.

Baca Juga: Ada Program PSS x UMKM dari PSS Sleman, Buruan Daftar!

1. Cashback Rp10 ribu

Belanja di Pasar Yogyakarta Dapat Cashback, Gimana Caranya?Peluncuran program Garebeg Pasar di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Senin (26/10/2020). Dok. Gojek

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, mengatakan konsumen bisa mendapatkan cashback sebesar Rp10 ribu jika berbelanja di pasar tradisional di Yogyakarta secara daring melalui aplikasi GoShop.

“Program ini berlaku di 23 dari pasar rakyat di Kota Yogyakarta yang sudah masuk dalam aplikasi tersebut. Bisa berbelanja apa saja,” kata Yunianto dilansir ANTARA, Senin.

Menurutnya, program cashback yang berlaku hingga akhir Desember itu bisa didapatkan dalam setiap transaksi tanpa ada ketentuan minimal pembelanjaan. Harapannya, omzet pedagang meningkat dan konsumen dimudahkan berbelanja di pasar secara daring.

2. Bentuk adaptasi di masa pandemik

Belanja di Pasar Yogyakarta Dapat Cashback, Gimana Caranya?Dok. Gojek

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan program ini merupakan salah satu proses adaptasi di masa pandemik COVID-19. Tujuannya agar terjadi perputaran ekonomi namun tetap sejalan dengan protokol kesehatan.

"Sasarannya langsung kepada proses transaksi sehingga masyarakat itu langsung menerima manfaat dari transaksi," papar Heroe.

Menurut dia, masyarakat cenderung enggan berbelanja daring karena ongkos kirim yang mahal. Oleh karena itulah, pihaknya memberikan terobosan berupa cashback.

“Sejauh ini, program berbelanja secara daring di pasar tradisional juga menunjukkan tren yang cukup baik. Ada peningkatan 80 persen sejak aplikasi belanja online dibuka,” katanya.

3. Gojek mendukung kemudahan pembayaran non-tunai

Belanja di Pasar Yogyakarta Dapat Cashback, Gimana Caranya?Ilustrasi beli seragam di pasar tradisional (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pada kesempatan yang sama, District Head Gojek Yogyakarta, Ridzky Novasandro mengatakan kerja sama ini adalah bentuk upaya Gojek mendukung Pemerintah Kota Yogyakarta menjadi Kota cerdas lewat kemudahan pembayaran non-tunai di berbagai aspek keseharian masyarakat.

Menurut dia, pasar tradisional tidak hanya menjual bahan kebutuhan pokok saja tetapi juga berbagai produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Di masa pandemi seperti saat ini perlu upaya kreatif agar produk-produk tersebut tetap bisa dijual. Salah satunya dengan belanja daring,” paparnya.

Baca Juga: Bioskop di Yogyakarta Mulai Beroperasi Secara Terbatas

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya