Comscore Tracker

300 Wirausahawan Muda Jogja Ikut Belajar Bisnis di Akademi Instagram

Dibekali keterampilan digital untuk kembangkan bisnis

Yogyakarta, IDN Times - Instagram bukan sekadar platform jejaring sosial untuk menunjukkan eksistensi diri. Ternyata, sebagian warganet, memanfaatkan platform sosial media ini sebagai media promosi terpopuler.

Dampak Instagram bagi dunia usaha, terutama di Indonesia sangat besar. Client Partner, Facebook dan Instagram Indonesia, Aldo Rambie mengungkapkan data dari studi IPSOS di Indonesia tentang Dampak Instagram pada Usaha di Indonesia 2018 lalu menunjukkan platform medsos ini telah memunculkan wirausahawan muda di bawah 35 tahun.

"Yang mana 82 persen dari mereka, mengandalkan Instagram untuk mencapai target bisnis. Melihat fenomena bisnis anak muda yang terus berkembang ini, kami kemudian meluncurkan Akademi Instagram, untuk pertama kalinya di dunia, dan itu kami lakukan di Indonesia," ujar Aldo di Orchid Meeting Room Eastparc Hotel Yogyakarta, Jumat (23/8).

1. Tingkatkan keterampilan digital wirausahawan muda

300 Wirausahawan Muda Jogja Ikut Belajar Bisnis di Akademi InstagramSumber Gambar: nypost.com

Aldo menjelaskan Akademi Instagram adalah program pelatihan global yang dirancang khusus untuk mendorong lebih dari 1.000 wirausahawan muda di Indonesia. Tujuannya, untuk meningkatkan keterampilan digital guna membantu pelaku usaha ini mengembangkan bisnisnya.

"Kami melihat potensi yang luar biasa dari para wirausahawan muda di Indonesia. Oleh karenanya, Indonesia menjadi negara pertama diluncurkannya Akademi Instagram ini," ungkap Aldo.

Program ini menyasar 16 subsektor industri kreatif Bekraf. Diharapkan, kesuksesan wirausahawan muda ini nantinya dapat turut memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Fitur Fact-Checking Instagram yang Menuai Perdebatan, Ini 7 Faktanya!

2. Tagar #bisnisanakmuda paling populer

300 Wirausahawan Muda Jogja Ikut Belajar Bisnis di Akademi InstagramIDNTimes/Holy Kartika

Sebagai layanan berbagi konten visual dengan lebih dari 25 juta pengguna akun bisnis di seluruh dunia, Instagram telah menjadi salah satu media pilihan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Bahkan, sebagian besar pengguna yang memanfaatkan Instagram sebagai media berbisnis di Indonesia adalah anak muda.

Akademi Instagram digelar di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Aldo mengungkapkan sebagai kota pelajar, kota ini memiliki potensi anak muda kreatif yang cukup banyak melahirkan wirausahawan muda Indonesia. 

"Tahun lalu, tagar #bisnisanakmuda berhasil menjadi salah satu tagar paling banyak digunakan di Instagram," ungkap Aldo.

3. Diikuti lebih dari 300 pebisnis muda Yogya

300 Wirausahawan Muda Jogja Ikut Belajar Bisnis di Akademi InstagramIDNTimes/Holy Kartika

Menggandeng Kreavi, platform digital yang fokus pada pemberdayaan kreator visual Indonesia, Akademi Instagram telah berhasil menarik minat para pebisnis muda di Indonesia. Sejak dibuka kali pertama di Jakarta pada Juli lalu, antusiasme anak muda sangat tinggi.

"Untuk Yogyakarta ada lebih dari 2.000 pendaftar yang ingin ikut program ini, padahal di kota lain pendaftarnya tidak sampai sebanyak itu. Namun, setelah kami kurasi, ada lebih dari 300 pelaku usaha muda yang akan berpartisipasi," ungkap Chief Executive Officer Kreavi, Anto Motulz.

Para peserta Akademi Instagram dari Yogyakarta ini akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu bisnis berdasarkan kurikulum program ini. Acara tersebut akam digelar di Eastparc Hotel Yogyakarta, Sabtu (24/8). 

Baca Juga: 3 Tips Mudah Mengelola Website untuk  Memperluas Branding Bisnismu

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You