Comscore Tracker

Mulai Juni, Hotel-hotel di Yogyakarta Bakal Beroperasi Terbatas

Tamu yang akan menginap harus membawa surat sehat

Kota Yogyakarta, IDN Times - ‎Sejumlah hotel baik bintang dan non bintang di Yogyakarta bakal mulai beroperasi mulai awal Juni 2020 mendatang.

Para pengusaha hotel mengaku tak kuat lagi untuk bertahan tanpa pemasukan jika tidak mulai beroperasi pada bulan Juni 2020 mendatang.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Hotel di Yogyakarta Tawarkan Isolasi Mandiri

1. Mulai operasional bulan Juni meski animo tamu terbatas‎

Mulai Juni, Hotel-hotel di Yogyakarta Bakal Beroperasi Terbataspexels.com/Martinpechy

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan kekuatan para pengusaha hotel hanya bisa bertahan sampai bulan Juni sehingga sejumlah pengusaha akan membuka usaha hotel dan restoran meskipun animonya masih rendah.

"Ya kalau tidak buka lagi kita sudah tidak mampu membiayai biaya operasional hotel. meski hotel tutup namun gaji dan biaya lain tetap harus dikeluarkan setiap bulannya," ucapnya, Rabu (20/5).

2. Sekitar 20 hotel bintang dan non bintang yang siap beroperasi bulan Juni‎

Mulai Juni, Hotel-hotel di Yogyakarta Bakal Beroperasi TerbatasIlustrasi kamar hotel. Dok. Humas Universitas Negeri Gorontalo

Deddy mengaku belum menentukan tanggal berapa hotel dan restoran di Yogyakarta mulai beroperasi. Di sisi lain tak semuanya siap memulai operasional.

"Ya lihat situasi dan kondisi. Tapi kemungkinan baru 20-an hotel bintang dan non bintang yang siap beroperasi," ucapnya.

Ia mengatakan, sebagian hotel dan restoran belum siap beroperasi karena harus menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19.

"Jadi tidak hanya sekadar buka namun harus menjalankan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, jangan sampai buka justru menjadi klaster baru," katanya.

"Kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait untuk penerapan protokol kesehatan," tambahnya.

3. SDM hotel harus mengetahui tata cara pelaksanaan protokol kesehatan‎

Mulai Juni, Hotel-hotel di Yogyakarta Bakal Beroperasi Terbatasfreepik.com

Lebih jauh, Deddy mengatakan setiap hotel yang buka harus menyiapkan tempat cuci tangan di depan hotel, thermo gun, dan yang terpenting SDM-nya harus mengetahui tata cara pelaksanaan protokol COVID-19. Selain itu, tamu yang akan menginap juga harus membawa surat sehat.

"Ya harus bisa menunjukkan surat sehat dari dokter," ujarnya.

Baca Juga: Masyarakat di Sleman Bisa Belanja di 30 Pasar lewat Aplikasi Daring

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya