Comscore Tracker

Lelang Cabai Rawit Merah Ori di Bantul Tembus Rp80 Ribu

Petani mulai mengganti tanaman cabai dengan padi

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul memperkirakan harga cabai merah rawit masih bakal terus melejit. Hal ini seiring dengan masa panen yang telah selesai, di mana petani mulai mengganti tanaman cabai dengan tanaman padi.

Baca Juga: Harga Naik 3 Kali Lipat, Cabai Rawit di Yogyakarta Tetap Diburu  

1. Harga lelang cabai rawit merah jenis original capai Rp 80 ribu perkilogramnya‎

Lelang Cabai Rawit Merah Ori di Bantul Tembus Rp80 RibuKepala DPPKP Kabupaten Bantul, Joko Waluyo. (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala DPPKP Bantul, Joko Waluyo, mengatakan jumlah tanaman cabai rawit saat ini sangat terbatas. Jika pun masih ada, itu merupakan sisa-sisa tanaman beberapa waktu yang lalu dan masih dipertahankan oleh petani karena harga jual cabai merah sudah menembus Rp80 ribu per kilogram.

"Harga lelang kemarin untuk cabai merah rawit jenis original sudah mencapai Rp80 ribu per kilogramnya," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (14/12/2021).

2. Tanaman cabai hanya tersisa di lahan pasir ‎

Lelang Cabai Rawit Merah Ori di Bantul Tembus Rp80 RibuLahanan tanaman bibit cabai off season di lahan pasir Pantai Samas.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Joko, tanaman cabai yang masih tersisa sebagian besar berupa cabai merah besar. Sedangkan cabai merah rawit nyaris tak ada lagi.

"Musim hujan banyak tanaman cabai yang mati karena terlalu banyak air di sawah. Praktis hanya tanaman cabai yang berada di lahan pasir yang masih bertahan," ungkapnya.

Dia melanjutkan, tanaman cabai merah besar saat musim penghujan juga rawan diserang penyakit, mulai dari lalat buah hingga hama patek yang membuat tanaman layu dan buah cabai juga cepat membusuk.

"Kualitas cabai merah besar saat musim penghujan kurang bagus, tidak bisa tahan lama sehingga para pedagang cabai hanya berani mengirim cabai di sekitaran Jawa Tengah saja," ungkapnya.

3. Harga cabai rawit merah di pasar Imogiri tembus Rp65 ribu per kilogram‎

Lelang Cabai Rawit Merah Ori di Bantul Tembus Rp80 RibuIlustrasi penjual sayur. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Lurah Pasar Imogiri, Bantul, Suharsono, mengatakan harga cabai merah mencapai harga Rp65 ribu per kilogram dan cabai rawit hijau Rp55 ribu per kilogram. Harga tersebut naik Rp5 ribu dibandingkan pekan yang lalu.

"Pekan kemarin harga cabai rawit merah masih di kisaran Rp60 ribu per kilogram dan harga cabai rawit hijau Rp55 ribu per kilogramnya," ujarnya.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit di Sleman Meroket, Tembus Rp65 Ribu per Kg

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya