Comscore Tracker

Asyik, Ada 2 Maskapai Buka Rute Baru Di Bandara YIA Kulon Progo

Penumpang dari Jawa Tengah diperkirakan beralih ke YIA‎

Kulon Progo, IDN Times- Maskapai penerbangan Batik Air dan Air Asia akan membuka penerbangan perdana melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo pada pertengahan bulan Juli 2019 ini.

Batik Air yang merupakan maskapai Lion Group ini akan membuka rute penerbangan tujuan YIA-Denpasar, sedangkan Air Asia akan membuka penerbangan YIA-Lombok.

"Pekan depan ada dua maskapai yang membuka rute penerbangan baru perdana di bandara YIA yaitu Air Asia dan Batik Air," kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, Rabu (10/7).

Baca Juga: [FOTO] Asyiknya Piknik ke YIA, Bandara Baru Milik Yogyakarta

1. Dua rute baru akan menambah jumlah penumpang di Bandara YIA‎

Asyik, Ada 2 Maskapai Buka Rute Baru Di Bandara YIA Kulon ProgoANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Pandu mengatakan untuk saat ini jadwal penerbangan reguler di Bandara YIA dari maskapai Citilink rute Halim-YIA (PP), Batik Air melayani empat rute yaitu Cengkareng-YIA dua kali pulang pergi, YIA-Palangkaraya dan YIA-Samarinda pulang pergi.

"Dengan adanya penambahan dua rute penerbangan dari Air Asia dan Batik Air maka Bandara YIA akan lebih ramai. Dua rute tersebut sudah ada sebelumnya di Bandara Adisutjipto."

2. Penumpang dari Jawa Tengah bagian selatan diperkirakan melalui Bandara YIA‎

Asyik, Ada 2 Maskapai Buka Rute Baru Di Bandara YIA Kulon ProgoIDN Times/Holy Kartika

Lokasi Bandara YIA yang lebih dekat dengan wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan bagian tengah diperkirakan akan mendapatkan limpahan penumpang yang selama ini terbang melalui Bandara Adisutjipto.

"Tentu dengan jarak yang lebih dekat dan tentu tiket yang lebih murah akan jadi daya tarik sendiri bagi penumpang," uturnya.

3. Bagasi untuk penerbangan internasional bisa mencapai 200 ton‎

Asyik, Ada 2 Maskapai Buka Rute Baru Di Bandara YIA Kulon ProgoIDN Times/Holy Kartika

Pandu menambahkan pada bulan Oktober 2019 mendatang akan ada 65 penerbangan yang sebelumnya ada di Bandara Adisutjipto akan dialihkan semua ke Bandara YIA.

"Pada bulan Oktober mendatang Bandara YIA diperkirakan akan beroperasi penuh, jadi akan ada perpindahan beberapa jadwal penerbangan dari Adisucipto," pungkas Pandu. 

Baca Juga: Angkasa Pura I Siapkan 4 Moda Transportasi di Bandara YIA 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You